Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Microsoft Viva, Platform untuk Mempermudah Kerja Jarak Jauh

0 80

Selama pandemi, mobilitas pekerjaan menjadi terhambat karena adanya pembatasan sosial. Sesuai anjuran, sebagian besar perusahaan menerapkan sistem kerja jarak jauh atau WFH (work from home). Microsoft melihat sejumlah kendala yang dihadapi banyak pekerja saat WFH. Sehingga mereka merilis Microsoft Viva.
Baca juga: 7 Alasan Samsung Galaxy Tab S7 Tablet Sempurna untuk Bekerja di Rumah

Walau kelihatannya lebih mudah dilakukan, membagi waktu antara keluarga dengan pekerjaan sekaligus dari rumah butuh perjuangan yang ekstra. Karyawan membutuhkan aplikasi yang dapat meringankan pekerjaan. Di sinilah Microsoft Viva berupaya untuk menjadi solusi.

Satya Nadella, CEO Microsoft, sebagaimana dilansir dari The Verge mengatakan hampir 11 bulan pandemi yang telah mengubah cara orang bekerja, belajar, dan hidup. Oleh karena itu Microsoft melakukan eksperimen kerja jarak jauh terbesar dan berskala yang pernah ada untuk menemukan Microsoft Viva. “Saat dunia pulih, tidak ada jalan untuk kembali. Fleksibilitas dalam keadaan kapan pun, di mana pun, dan bagaimanapun kita bekerja akan menjadi kuncinya,” ungkap Satya.

Platform Microsoft Viva

Ilustrasi menggunakan perangkat Windows Microsoft VivaMicrosoft Viva adalah terobosan terbaru untuk membantu bisnis dengan mendukung sistem pekerjaan secara jarak jauh. Platform ini dirancang untuk bertindak sebagai penghubung antara karyawan dan bisnis yang dapat menavigasi kompleksitas bekerja dari rumah.

Microsoft Viva bukanlah aplikasi atau bahkan layanan, tetapi melainkan platform untuk meningkatkan pekerjaan jarak jauh dan membantu bisnis.  Dengan kehadiran Viva,  Microsoft berharap akan membantu di era digital baru ini dan dapat menghemat biaya pengeluaran setiap tahun untuk kesejahteraan karyawan,

Jared Spataro, kepala Microsoft 365, mengungkapkan telah memprediksi secara cepat sejak awal pandemi, akan ada perubahan cara bekerja dan belajar untuk selamanya. Microsoft Viva jelas merupakan hasil dari tren yang telah disaksikan Microsoft. “Kita harus berhenti berpendapat pekerjaan sebagai tempat, dan mulai memikirkan tentang cara mempertahankan budaya, menghubungkan karyawan, dan memanfaatkan kecerdasan manusia dalam dunia hybrid,” ujar Spataro.

Didesain untuk era kerja baru yang fleksibel dan digital. Viva akan  terhubung ke dalam Microsoft Teams seperti bekerja seperti intranet yang akan  mengumpulkan bagian-bagian penting dari bisnis ke dalam satu lokasi pusat. Microsoft membagi Viva menjadi empat modul khusus seperti Connections, Insights, Topics dan Learning.

Modul Khusus Microsoft Viva

Viva min

Viva Connections dibuat atas teknologi Microsoft SharePoint, dan itu akan mencakup hal-hal seperti berita perusahaan, balai kota, atau bahkan grup dan komunitas sumber daya karyawan. Ini akan menjadi dasbor yang dapat terhubung dengan kolega dari jarak jauh.

Sementara itu, Viva Insights mengembangkan wawasan yang berfokus pada privasi untuk manajer dan karyawan. Manager perusahaan dapat menelusuri data tentang setiap karyawan melalui metadata yang dikumpulkan dari perangkat lunak dan layanannya.

Microsoft mengatakan Viva Insights akan menyertakan data manajer dan pemimpin untuk memantau pola dan tren kerja, tetapi privasi itu akan dilindungi. “Ini berarti wawasan pribadi hanya dapat dilihat oleh karyawan, sementara wawasan untuk manajer serta pemimpin, dikumpulkan dan dihapuskan identitasnya secara default untuk melindungi privasi individu,” kata Spataro.

Seperti namanya Viva Learning akan berkaitan tentang pembelajaran dan pengembangan karyawan. Di sinilah perusahaan akan memberikan karyawan tempat untuk melakukan pendidikan  dalam materi pelatihan, kursus, dan konten lainnya. Ini akan mencakup konten dari LinkedIn Learning, Microsoft Learn, dan bahkan konten bisnis sendiri, di samping materi pelatihan dari penyedia pihak ketiga.

Modul terakhir adalah Viva Topics yang berguna mengatur konten, menampilkan kartu topik dengan dokumen, video, dan orang terkait. Viva akan menghasilkan kartu topik dari aplikasi seperti Office, Teams, dan SharePoint. Viva Topics akan menghasilkan beberapa kartu topik dari aplikasi seperti Office, Teams, dan SharePoint.