Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

3 Indonesia Klaim Gaming Lebih Lancar dengan Massive MIMO

0 1.038

Dengan ponsel pintar yang kini semakin mumpuni untuk menampilkan visual atau grafis kompleks, tak heran jika mobile gaming lebih digemari saat ini. Pengguna ponsel dapat memainkan game kesayangan mereka di mana pun dan kapan pun. Selain perangkat yang digunakan, koneksi internet juga berperan penting dalam memastikan kelancaran saat bermain.

Jika koneksi internet sering lag atau putus, akan susah bagi kita untuk bermain secara kompetitif. Sehingga diperlukan jaringan dengan jeda waktu atau latency yang seminimal mungkin. Untuk itu, Tri Indonesia sebagai salah satu operator jaringan internet menghadirkan teknologi baru untuk memperlancar konektivitas saat bermain game secara mobile.

Massive MIMO, Teknologi Jaringan Terkini

Salah satu teknologi jaringan yang baru saja digelar adalah Massive MIMO (Multiple-Input Multiple—Output). Teknologi ini menggunakan lebih banyak antena baik pada pemancar dan penerima. Sebagai perbandingan, jika teknologi SISO hanya menggunakan satu antena dan MIMO menggunakan dua atau empat antena, Massive MIMO bisa enam belas antena sampai lebih. Semakin banyak jumlah antena akan membuat jaringan semakin kapabel dalam menangani lalu lintas data, sehingga dapat menghasilkan koneksi internet lebih baik dan cepat.

Massive MIMO 32T32R adalah salah satu inovasi generasi terbaru, menggunakan 32 elemen antena pemancar dan 32 elemen antena penerima dalam satu Base Transceiver Station (BTS). Dengan total 64 elemen antena pemancar dan penerima, jeda atau latency bisa 50% lebih singkat pada jam sibuk, sementara kecepatan unggah maupun unduh bisa 8 kali lebih cepat (untuk rata-rata kecepatan maksimal), dengan kapasitas 3 kali lebih besar.

Tri Indonesia, Salah Satu Operator Yang Mendukung Massive MIMO

massive mimo tri

Dengan latency yang lebih singkat, mobile gamer bisa lebih responsif dan kompetitif ketika bermain game seperti CODM atau PUBG: Mobile, misalnya, memperlancar komunikasi antar tim dan aksi yang diambil tiap detiknya. Tri Indonesia menjadi salah satu operator telekomunikasi di Indonesia yang telah mengaplikasikan teknologi Massive MIMO 32T32R ini.

Baca juga: Koneksi Internet 3 Diklaim 8 Kali Lebih Cepat dan Siap 5G

“Menurut pengujian internal kami, teknologi Massive MIMO 32T32R meningkatkan kualitas jaringan kami hingga lebih cepat 8 kali, begitu juga untuk gaming experience, dengan latency 50% lebih cepat meski dalam jam sibuk,” kata Chief Technical Officer Tri Indonesia, Desmond Cheung lewat sebuah rilis.

“Peningkatan ini digemari oleh pemain mobile games karena membantu mereka untuk bermain dengan lebih kompetitif. Namun, tentunya peningkatan jaringan secara signifikan seperti ini akan bermanfaat pula bagi kegiatan lain seperti video call, streaming video dan masih banyak lagi,” imbuh Desmond.

Menurut Gizmo lovers, apa aja sih yang bisa dimanfaatkan dari kualitas jaringan cepat?