alexa

YouTube Premium Lite Hadir Khusus Hilangkan Iklan, Harga Lebih Murah

Eropa, Gizmologi – Bagi kamu yang memang doyan banget menghabiskan keseharian dengan akses konten YouTube, tetapi merasa cukup terganggu dengan iklan yang ada, bakal ada solusi yang lebih praktis. Bukan, bukan dengan akses lewat aplikasi illegal bebas iklan, ya. Namun lewat YouTube Premium Lite, paket berlangganan terbaru.

Hadir sebagai alternatif baru, YouTube Premium Lite saat ini baru digulirkan di beberapa wilayah saja, sembari menguji apakah paket tersebut efektif atau tidak untuk dihadirkan kepada para konsumennya. Seperti yang kita tahu, YouTube sendiri punya beberapa paket berbayar untuk para pengaksesnya; YouTube Premium, Premium Family Plan serta YouTube Music.

Baca juga: 3 Tips Penting Menjadi Kreator Konten Ala YouTuber Edho Zell

Bila berlangganan yang terakhir, kamu bakal bisa menikmati musik layaknya menggunakan platform streaming seperti Spotify, JOOX dan Resso, namun video masih beriklan. Sementara berlangganan YouTube Premium sudah termasuk Music, tidak berlaku sebaliknya dan tentu punya banderol harga lebih mahal. Meski bagi sebagian orang layak, sebagian lainnya bakal merasa tak perlu.

Baru Tersedia Untuk Regional Eropa

YouTube Premium Lite

Untuk mereka yang benar-benar hanya ingin meniadakan iklannya saja, dihadirkan paket baru dari YouTube satu ini. Sesuai namanya, tentu YouTube Premium Lite bakal hadir dengan biaya yang lebih murah, serta benefit lebih sedikit. Pihak resmi YouTube mengatakan bila paket ini sedang diuji coba di beberapa negara Eropa seperti Belgia, Denmark, Finlandia & Swedia.

YouTube Premium Lite

Dikutip dari The Verge, YouTube mengatakan bila mereka ingin menguji penawaran baru demi berikan pilihan lebih lengkap bagi penggunanya. Di Eropa, YouTube Premium Lite dibanderol 6,99 Euro (Rp119 ribu) per bulannya. Sementara Premium biasa mencapai 11,99 Euro (Rp204 ribu). Artinya, lebih murah sekitar 50%.

Sementara di Indonesia, biaya berlangganan Premium untuk individu dibanderol Rp59 ribu. Tentu bakal menarik kalau misalnya paket YouTube Premium Lite hadir dengan kisaran harga Rp20 ribuan. Cukup terjangkau demi kemewahan menikmati segala konten yang ada secara leluasa tanpa iklan.

YouTube Premium Lite Tak Berikan Opsi Background Play

YouTube Premium Lite

Yang perlu diingat, karena lebih murah, paket ini benar-benar hanya berikan kebebasan dari iklan saja. Selain tak berikan akses ke YouTube Music, YouTube Premium Lite juga tidak termasuk fitur lainnya. Seperti mengunduh video untuk ditonton di waktu lain, atau background playback.

Fitur terakhir cukup berguna ketika ingin mendengarkan sebuah podcast sambil akses aplikasi lainnya, supaya suara bisa tetap berjalan atau bahkan dengan videonya, lewat metode Picture-in-Picture. Namun dipastikan bila konten bebas iklan bisa dinikmati di seluruh jenis perangkat.

Mulai dari peramban (browser), smartphone Android, iOS, smart TV sampai YouTube Kids bisa merasakan manfaat berlangganan YouTube Premium Lite. Pihak YouTube bakal terus melakukan evaluasi dalam tahap eksperimen kali ini, dan menambahkan jenis paket lainnya bila memang diperlukan berdasarkan masukan penggunanya.

Tinggalkan komen