Gizmologi
The Bilingual Tech Media

Inilah 4 Inovasi Apple yang Akan Curi Perhatian Saat WWDC 2018

Ada yang spesial Senin minggu depan. Hajatan kumpul-kumpul developer Apple kembali digelar. Worldwide Developers Conference atau WWDC 2018 akan berlangsung antara 4 dan 6 Juni 2018 di California.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, WWDC 2018 ini diprediksi bakal memberikan petunjuk kira-kira upgrade dan inovasi apa yang akan dimasukkan oleh Apple Inc ke dalam produk-produknya. Ada pula peluang Apple akan melakukan demonstrasi di panggung untuk hardware bikinannya.

Nah, kira-kira akan ada inovasi apa yang akan dihadirkan oleh Apple. Sebagaimana disarikan dari phonearena.com, baca yuk empat hal yang kemungkinan dibahas di WWC 2018 besok!

1. iOS 12

Bisa jadi update iOS 12 akan jadi bintang WWDC 2018 nanti. Diperkirakan update besar-besaran akan dilakukan pada Siri, sang asisten Apple ini. Upgrade bisa dalam bentuk suara baru yang bisa mengenali kebutuhan pemakai lebih baik. Bisa pula Siri nantinya dapat mempunyai kesadaran konteks yang lebih akurat dan integrasi terhadap pihak ketiga lebih kuat lagi.

2. iPhone SE 2
Akankan rumor bentuk fisik iPhone SE 2 benar adanya? Foto oleh blog.awok.com

Meski kecil kemungkinan Apple merilis iPhone SE 2 dalam ajang WWDC 2018 nanti, setidaknya Apple memberi bocoran resmi atas produk yang sudah wara-wiri di banyak media ini. Generasi kedua iPhone ukuran lebih kecil ini telah menjadi gawai terpopuler pada segmennya dalam dua tahun terakhir.

3. Apple Watch & WatchOS 

Mengingat popularitas Apple Watch, tak mengherankan mungkin akan ada update tentang gadget ini nanti pas WWDC 2018 berlangsung. Bisa jadi Apple akan meluncurkan versi 5 yang akan menawarkan berbagai fitur baru. Saat ini, Apple Watch masih menggunakan versi 4.3.

Lalu ada pula prediksi pada watchOS yang memperkenalkan StreamKit, sebuah API yang memungkinkan aplikasi dan layanan dari pihak ketiga melakukan push notification ke jam pintar seluler pengguna tanpa perlu dipasangkan dengan iPhone.

Jika benar adanya, fitur ini akan membuat Apple Watch seluler jauh lebih independen dan bisa dipakai sebagai gadget secara terpisah.

Rumor lainnya menyebut Spotify bakal meluncurkan aplikasi Apple Watch miliknya sendiri di ajang ini. Menurut beberapa sumber, aplikasi Spotify akan menjadi beberapa contoh yang akan digunakan oleh Apple untuk memperagakan StreamKit di depan pengunjung.

Baca juga: Rumor: Apple Sedang Persiapkan Fingerprint Scanner Ultrasonik

4. HomePod Speaker yang Lebih Terjangkau

HomePod merupakan speaker cerdas Apple yang memang oke untuk mendengarkan musik. Tetapi tidak semua orang siap membayar hingga US$349 atau hampir Rp5 juta bagi produk yang juga sudah membekali diri dengan Siri.

Muncul rumor akan ada speaker pintar baru dengan merk Beats dengan harga yang lebih murah, yaitu US$199 atau sekitar Rp2,8 juta. Kemungkinan produk ini akan diperkenalkan pada WWDC 2018 ini. Dilihat dari harga tersebut kemungkinan speaker baru ini mempunyai kemampuan audio yang tidak secadas HomePod tetapi setidaknya sudah mempunyai Siri, si asisten pintar.

Dari empat prediksi tersebut, mana nih yang paling Gizmo lovers tunggu-tunggu?

 

%d blogger menyukai ini: