Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Barometer Mobile Internet Indonesia: Melihat Kinerja Operator Seluler dalam Menggelar 4G LTE

Siapa yang dalam sehari saja tidak mengakses internet? Khususnya bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan, baik itu kota besar maupun kecil, internet sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Karena sebagian besar aktivitas kita bisa terbantu dengan adanya internet. Nah, seperti apa sebenarnya barometer koneksi mobile internet Indonesia?

Tak jarang ketika sedang asyik bermain mobile game, menonton video streaming di YouTube atau upload foto di Instagram, tiba-tiba lama banget.  Di lini masa pun sering kita temui rekan-rekan yang mengumpat karena kesal dengan lambatnya akses internet. Sementara itu kalau cepat, biasanya lupa untuk berbagi status seperti itu. Karena memang sudah seharusnya akses internet itu cepat dan lancar, terlebih dengan gembar-gembor dari operator seluler.

Sebenarnya, jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, penetrasi mobile internet 4G LTE di Indonesia tergolong pesat. Belum lama ini Kementerian Komunikasi dan Informatika mengungkapkan layanan 4G LTE yang terus meningkat sejak dikomersialkan 2014 lalu. Kini layanan seluler generasi keempat itu telah menjangkau 45.811 desa atau kelurahan, 4.088 kecamatan, dan 331 kabupaten atau kota.

“Saya bisa bilang penetrasi 4G LTE lumayan kencang di Indonesia. Bayangkan setelah mulai digenjot tiga tahun lalu, ada sekitar 62.291 eNode B (BTS 4G LTE) dibangun semua operator. Ini luar biasa!” kata Menteri Kominfo Rudiantara ketika menjadi pembicara di ajang Indonesia LTE Conference di Jakarta (14/03/2018).

Menteri yang akrab dipanggil Chief RA ini mengapresiasi kerja operator yang cepat dalam membangun jaringan 4G LTE, dimana untuk tingkat desa atau kelurahan presensi sudah 55,05%, di kecamatan 56,98%, dan kabupaten 64,6% dengan rata-rata 80 BTS dibangun tiap hari.  Kendati demikian, ia juga mengakui adanya daerah yang belum terjangkau akses 4G LTE karena mahalnya backbone dan transmisi.

Kita pun penasaran sebenarnya seperti apa sih kualitas akses mobile internet di Indonesia? Kami mendapatkan data terbaru dari nPerf, perusahaan yang menyediakan platform pengukur kualitas internet. Kamu bisa menguji kualitas internet menggunakan aplikasi Android, iOs maupun dari web browser. nPerf membuat laporan Barometer Koneksi Mobile Internet Indonesia berdasarkan data yang diperoleh dari pengujian yang dilakukan oleh pengguna.

Sepanjang 1 Januari 2017 sampai 31 Desember 2017, nPerf menghitung sebanyak 686.157 speed test dilakukan di Indonesia. Untuk memastikan penggunaan bandwidth maksimum setiap saat, nPerf bergantung pada jaringan server yang didedikasikan untuk tugas ini.

Servernya berlokasi dengan host di Indonesia dan luar negeri. nPerf juga telah menginstal dedicated
server langsung di provider Indonesia yaitu diletakkan di Smartfren and Bolt! untuk memaksimalkan reliabilitas pengukuran. Total bandwidth yang tersedia untuk Indonesia lebih besar dari 6 Gb / s.

Related Posts
1 daripada 228

Pengujian dilakukan dengan beberapa langkah, termasuk mengunjungi lima situs yang paling sering dikunjungi di Indonesia dan mengakses video YouTube. Agar tidak terjadi bias pada terminal, hanya perangkat 4G LTE yang dihitung dalam riset ini.

Baca juga: Riset: Indonesia Memerlukan Laboratorium Internet of Things (IoT)

Dari laporan Barometer Koneksi Mobile Internet Indonesia tersebut, setidaknya ada dua operator yang kinerjanya paling mentereng, yaitu Telkomsel dan Bolt!

Telkomsel paling unggul dari 6 provider 4G LTE yang diuji dan mendapatkan nilai terbaik untuk rata-rata kecepatan download dan upload sekaligus kinerja paling bagus sepanjang tahun 2017. Sementara itu Bolt! menghasilkan kinerja terbaik dalam hal rata-rata latency, kinerja video streaming dan koneksi 4G LTE.

Agar tidak penasaran, silahkan lihat pada slide selengkapnya di bawah ini.

 Barometer Koneksi Mobile Internet Indonesia 2017

 

Catatan:
Kamu juga bisa melakukan uji kualitas koneksi internet di Gizmologi, langsung di peramban web dengan mengunjungi laman Speed Test ini.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More