Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Startup Asal Indonesia Raih Penghargaan di MWC 2019

Habibi Garden Raih Best 5 Global Mobile Awards 2019

Semakin banyak karya anak bangsa yang berprestasi di kancah global. Kali ini pemenang The NextDev Telkomsel 2016, Habibi Garden mewakili Indonesia di Global Mobile (GLOMO) Awards 2019. Acara penghargaan internasional tersebut digelar di perhelatan Mobile World Congress (MWC) Barcelona 2019.

Habibi Garden meraih penghargaan Best 5 kategori ‘Social Good: Outstanding Mobile Contribution to UN SDGs’, menyingkirkan 1.080 peserta lainnya. Sebelumnya, startup yang bergerak di bidang pertaniian ini berhasil meraih dua penghargaan tingkat Asia Pasifik pada ajang Singtel Group Future Makers 2018 yang diadakan di Sydney, Australia pada November 2018 lalu. Penghargaan tesebut adalah kategori People Choice Award Asia Pasific Investment Summit 2018 dan Best of The Best Future Makers 2018.

Denny Abidin, GM External Corporate Communications Telkomsel, mengatakan pihaknya sangat bangga karena salah satu startup hasil karya anak bangsa yang dibangun bersama Telkomsel The NextDev mendapat penghargaan Best 5 di GLOMO 2019. “Harapannya semakin banyak yang terinspirasi untuk membantu dan membangun Indonesia dengan ide-ide mereka,” ujar Denny.
Baca juga: Dicari: Startup yang Memberi Dampak Sosial untuk Indonesia

Solusi Agrikultur Habibi Garden

Related Posts
1 daripada 25

Startup Habibi Garden di MWC 2019 Barcelona

CEO Habibi Garden, Dian Prayogo Susanto  (kanan) di MWC 2019 BarcelonaHabibi Garden adalah Startup Internet of Things (IoT) di bidang agrikultur yang bisa memberi data terkini melalui smartphone. Data tersebut mencakup kondisi tanah dan nutrisi dalam tanaman, sehingga bisa mengurangi biaya, meningkatkan produktivitas dan mencegah gagal panen.

Startup ini menggabungkan model implementasi Sensor Agrikultur Presisi Habibi Garden dan teknologi Narrow Band Internet of Things (NB-IoT) Telkomsel. Ada 600 sensor yang tersebar di Jawa dan Sumatera. Pengumpulan data pertanian, penerapan system irigasi otonomis dan pemakaian dashboard diperkuat dengan kecerdasan buatan (AI) dan pembelajaran mesin.

Sudah 1.300 petani di Indonesia memakai Habibie Garden yang terbantu memahami tanaman lebih baik. Mereka pun jadi bisa mengambil keputusan berdasarkan fakta lapangan, tak lagi mengandalkan intuisi dan kebiasaan. Dalam kurun waktu kurang dari 10 bulan, Habibi Garden telah berhasil meningkatkan nilai panen keseluruhan sampai Rp8 miliar.

Solusi kolaboratis tersebut dipandang GLOMO Awards 2019 membantu petani secara teknis dan juga social. Transformasi pertanian dari tradisional ke modern memanfaatkan teknologi digital dan tepat guna selaras dengan panduan pengembangan sosial dari Persatuan Bangsa-Bangsa. GLOMO Awards pun menganugerahkan gelar Best 5 of Outstanding Mobile Contribution to UN SDGs kepada Habibi Garden. Sementara posisi Best of The Best diraih oleh World Food Programme for SCOPE CODA.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More