Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Instagram Siapkan Fitur Anti Nyinyir dan Bully

Siap berantas aksi jahat netizen yang maha benar.

Di dunia maya, netizen memang dianggap maha benar. Dengan dalih kebebasan berekspresi, mereka bisa saja memberi komentar apa saja yang sarat dengan unsur penghinaan.

Itulah sebabnya Instagram, sebagai salah satu platform media sosial yang banyak dihuni populasi tukang nyinyir dan tukang bully mulai fokus pada permasalahan ini. Tidak tanggung-tanggung, dua fitur dihadirkan untuk meredam aksi cyber bullying para netizen.

Hal ini seperti diumumkan lewat keterangan resminya, Senin (8/7/2019), Instagram ingin menciptakan kenyamanan bagi seluruh penggunanya dalam berekspresi.

“Kami tahu intimidasi tantangan yang dihadapi banyak orang, terutama anak muda. Kami berkomitmen untuk memimpin industri dalam memerangi cyber bullying dan memikirkan kembali seluruh pengalaman Instagram untuk memenuhi komitmen itu,” demikian ujar Adam Mosseri, Head of Instagram lewat keterangan resminya.

Instagram mengakui, cyber bullying adalah masalah yang kompleks. Saat ini pihaknya mengklaim telah menggunakan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) untuk mendeteksi intimidasi dan jenis konten berbahaya lainnya dalam komentar, foto, dan video.

Baca: Tips Agar Anak Tidak Kecanduan Gadget

Instagram bully

Related Posts
1 daripada 299

Dengan memanfaatkan teknologi AI, Instagram bisa menyaring komentar yang dianggap ofensif sebelum diposting. Intervensi seperti ini memberikan kesempatan bagi pengguna untuk memikirkan kembali atau membatalkan komentar mereka dan mencegah penerima menerima notifikasi komentar yang berbahaya.

Dari pengujian awal fitur tersebut, Instagram telah menemukan bahwa hal itu mendorong orang untuk membatalkan komentarnya dan membagikan sesuatu yang tidak begitu menyakitkan ketika berkesempatan untuk berkomentar.

Dengan begitu, kita bisa membatasi komentar orang lain, di mana komentar itu hanya dilihat oleh orang tersebut. Namun, kita juga bisa tetap memilih opsi untuk membiarkan komentarnya terlihat.

Selain itu, kita diberikan kekuasaan untuk membatasi pengguna tertentu supaya tidak tahu bahwa kita sedang aktif di Instagram. Bahkan pengguna tersebut tidak tahu ketika DM (Direct Message) yang dia kirim telah kita baca.

Instagram bully

Hanya saja, saat ini kita belum bisa menggunakan fitur tersebut karena masih dalam tahap uji coba. Jadi, kita tunggu saja kapan nanti akan dirilis secara resmi.

Menurut kamu, apakah fitur ini berguna, Gizmolovers?