Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Netflix Indonesia Kontribusi untuk Penggunaan Internet Aman bagi Anak

Netflix Indonesia, pemerintah dan pemangku kepentingan berbagi saran dan ide mengatasi  bahaya penggunaan internet bagi anak-anak. Dalam acara yang dihelat minggu ini tersebut semua pihak yang hadir berkomitmen ingin menjadikan internet ruang yang aman bagi anak.

Netflix Indonesia hadir bersama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika serta Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia lalu akademisi terkemuka dan pemangku kebijakan nasional.  Dengan mengusung tema “Create, Connect, Respect: Memberdayakan Orang Tua untuk Memandu Anak-anak yang Terkoneksi”, acara pada tanggal 12 Februari 2018 tersebut berisi presentasi dan diskusi mengenai informasi, sarana dan sumber daya yang tersedia di Indonesia untuk membantu mengarahkan anak-anak menggunakan internet yang lebih aman.

Sudah bukan hal baru bahwa internet dapat memberikan pengaruh yang buruk bagi anak jika tidak didampingi oleh orang tua atau orang yang lebih dewasa. Anak bisa secara mudah terkena paparan kekerasan, pornografi hingga konten negatif lainnya jika tidak ada penyaring.

Baca juga: Bisa Digunakan Tanpa Internet, Endless OS Siap Hadapi Kesenjangan Digital di Indonesia

Beberapa hal pun dapat dilakukan oleh orang tua untuk bisa mengajarkan kepada anak mengenai penggunaan internet untuk hal yang positif saja. Pertama, tentu saja orang tua harus mendampingi sang anak ketika ingin bermain gadget atau membuka internet. Berikan aturan atau panduan mengenai waktu pemakaian yang diperbolehkan. Ketika sudah melampaui batas jam maka secara tegas batasi mereka untuk bermain internet dengan memberikan penjelasan yang baik tanpa sikap otoriter.

Related Posts
1 daripada 2

Kemudian ketika menemani anak bermain internet jelaskan juga mengenai situs yang sedang mereka nikmati. Lalu ajarkan situs yang bermanfaat dan mana yang tidak agar mereka paham terlebih dahulu dampaknya sebelum membuka situs berkonten negatif.

Orang tua dapat mengunduh extension Parental Controls & Web Filter from Metacert untuk yang memakai browser Google Chrome. Ekstensi ini bermanfaat untuk memblokir situs terlarang dengan kandungan konten untuk orang dewasa. Di Mozilla Firefox pun juga terdapat extension sejenis.

Bagi pengguna sistem operasi Windows mau pun Mac ada pula fitur parental control, yang bisa diaktifkan untuk memproteksi anak dari hal negatif. Aplikasi dari pihak ketiga juga bisa dipakai untuk memblokir konten tertentu, seperti berbau kekerasan dan dewasa. Pemblokiran situs tertentu seperti ini penting sebab orang tua tidak setiap saat memonitor aktivitas anak mereka di dunia maya.

Nah begitulah beberapa tips dari kami. Selamat mencoba!

 

This post is also available in: enEnglish (English)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.