Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Oppo Reno 10x Zoom, Pamer Kamera 48 MP dengan Telefoto

 

Resmi diumumkan pada 10 April 2019, Oppo Reno memamerkan layar yang maksimal dan kamera pivot rising. Oppo Reno merupakan perangkat yang seimbang, baik dari segi desin, teknologi, kamera dan lain-lain. Seri terkini Oppo ini hadir dalam dua varian, yaitu Oppo Reno dan Oppo Reno 10x Zoom. Sesuai dengan namanya, keunggulan dari Oppo Reno 10x Zoom terletak pada kamera yang memadukan tiga lensa sekaligus.

Kedua varian sudah menggunakan sistem operasi Android 9.0 Pie yang dikemas dengan antarmuka ColorOS 6. Fitur-fiturnya mencakup NFC, Android Beam, Hi-Res Audio, Dolby Atmos, USB Type-C, sensor sidik jari pada layar, dan Face unlock. Dolby Atmos membuat pengalaman menonton video lebih seru karena bisa merasakan suara 360 derajat, berkat konfigurasi dua speaker pada smartphone.

Pivot Rising Camera Oppo Reno
Pivot Rising Camera Oppo Reno

Kamera depan Reno disebut sebagai Pivot Rising Camera karena bersumbu pada satu sisi yang akan melakukan mekanisme angkat. Kecepatan angkat kamera tersebut adalah 0,8 detik dengan sudut pivot besarnya 11 derajat. Sama seperti dengan yang dilakukan pada F11 pengujian kamera ini dilakukan 20 ribu kali. Jadi ketika melakukan swafoto sebanyak 100 kali per hari, maka ketahanannya mampu sampai 5 tahun. Berikut ini adalah spesifikasi dari masing-masing varian.

Oppo Reno

Chipset yang menjadi otak smartphone ini adalah Snapdragon 710. Memori yang mendukung kinerja prosesor tersebut terdiri dari tiga pilihan konfigurasi. Konfigurasi pertama dan kedua menggunakan RAM 6 GB, dengan media penyimpanan masing-masing 128 GB dan 256 GB. Sementara konfigurasi ketiga menggunakan RAM 8 GB dengan dukungan media penyimpanan 256 GB.

Layar smartphone menggunakan teknologi OLED dengan ukuran 6,4 inci, rasio screen-to-body smartphone ini adalah 93,1%. Ukuran layar tersebut maksimal berkat desain kamera depan yang menggunakan metode pivot rising, sehingga tak memakan tempat di panel depan. Kamera swafoto tersebut memiliki resolusi 16 MP.

Related Posts
1 daripada 4

Beralih ke kamera belakang, terdapat dua lensa, yaitu kamera utama yang memiliki resolusi 48 MP. Kamera utama tersebut menggunakan sensor Sony IMX586 dengan bukaan lensa F/1,7. Sementara untuk memberi efek kedalaman gambar, digunakan kamera kedua dengan resolusi 5MP.

Oppo Reno 10X Zoom

Chipset yang digunakan pada Oppo Reno 10X Zoom adalah Snapdragon 855. Kinerja prosesor tersebut didukung oleh RAM 8 GB dan media penyimpanan berkapasitas 256 GB.

Layar pada varian ini juga menggunakan OLED, tetapi lebih lapang, yaitu 6,6 inci dengan panoramic screen. Rasio screen-to-body varian ini pun 93,1%, dengan batas frame dari kanan-kiri sisinya 1,63 mm. Ukuran layar tersebut merupakan yang terbesar kedua setelah Oppo Find X dengan rasio screen-to-body sekitar 94%. Aspek rasio layar dari Reno adalah 21:9.

Sama seperti varian sebelumnya, smartphone ini menggunakan kamera pivot rising dengan resolusi 16 MP untuk swafoto. Nah, keunggulan ada pada konfigurasi triple camera di bagian belakang. Kamera utama memiliki resolusi 48 MP dengan sensor Sony IMX 586 dan diafragma f/1,7. Fitur-fitur yang melengkapinya mencakup optical image stabilization (OIS), electronic image stabilization (EIS), hybrid image stabilization (HIS), phase detection autofocus (PDAF), dan laser autofocus. Kamera kedua memiliki resolusi 8 MP dengan sudut lebar untuk memotret 120 derajat.

Kamera Oppo Reno 10x Zoom
Kamera Oppo Reno 10x Zoom

Tambahan kamera ketiga dengan resolusi 13 MP berfungsi sebagai telefoto. Lensa telefoto umumnya memiliki diafragma besar, tetapi Oppo bisa meningkatkan 20% menjadi f/3.0. Jika disetarakan dengan lensa, maka lensanya 16 – 160 mm. Reno menggunakan struktur periskop pada kamera ketiga untuk memperoleh zoom yang besar demi menghemat tempat, jadi bodinya tetap tipis. Perekaman video pada kamera belakang ini bisa menggunakan resolusi 4K @60fps, dan dilengkapi fitur OIS, EIS dan HIS.

Demi keamanan, Reno dilengkapi dengan perlindungan kaca Corning Gorilla Glass kelas 6 pada bagian depan dan belakang.

Harga yang dibandrol pada Oppo Reno 10x Zoom adalah CNY 5000 atau sekitar Rp10,5 juta. Sementara Oppo Reno dibandrol dengan harga lebih murah, yaitu CNY3.500 atau sekitar Rp7,4 juta.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.