Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

IDC: Pengiriman Smartphone di Kuartal 1 2018 Melemah, Ini Alasannya

Maraknya rilis smartphone kelas menengah dan premium tiga bulan pertama tahun ini ternyata tidak berbanding lurus dengan minat konsumen. Pengiriman smartphone selama kuartal pertama 2018 di seluruh dunia turun tipis 2,9%.

Data awal dari Worldwide Quarterly Mobile Phone Tracker International Data Corporation/IDC sebagaimana ditulis dalam website mereka menyebutkan vendor smartphone mengirimkan total 334,3 juta unit selama periode Januari-Maret 2018. Pengiriman smartphone tersebut menurun 2,9% dari 344,4 juta unit yang dikapalkan selama kuartal yang sama 2017.

Penyebab turunnya pengiriman smartphone ini dikarenakan turunnya pengiriman ponsel pintar di pasar Tiongkok dimana volume pengapalan smartphone Tiongkok turun di bawah 100 juta unit, yang baru kali pertama terjadi sejak kuartal ketiga 2013 lalu.

“Secara global, seperti halnya di Tiongkok, konsumen smartphone mengarah ke perangkat yang lebih premium, tetapi karena tidak banyak (ponsel pintar) yang beralih ke premium maka pengapalan smartphone pun turun,” kata Melissa Chau, direktur riset sejawat pada Worldwide Mobile Device Trackers IDC.

“Jika kita melihat dari perspektif dolar, pasar smartphone masih terus menanjak dan akan terus tumbuh dalam beberapa tahun mendatang sebab konsumen masih terus bergantung pada perangkat ini untuk kebutuhan komputasi mereka,” kata Melissa.

Dari segi brand, Samsung masih merajai pengiriman smartphone selama periode tersebut. Samsung meraih pangsa pasar 23,4% meski pengapalan smartphone miliknya turun 2,4% dibandingkan selama kuartal pertama 2017. Samsung Galaxy S9 dan S9+ menjadi produk yang paling diminati konsumen dari brand ini. Sementara itu untuk pasar di negara berkembang dan maju, seri A dan seri J jadi yang paling disukai.

Pengiriman smartphone milik Apple yang ditandai oleh produk andalannya, iPhone, mencapai 52,2 juta unit, bertambah 2,8% dari 50,8 juta unit yang dikapalkan selama kuartal pertama 2017. Apple menyebut iPhone X menjadi model ponsel pintar yang paling populer setiap pekan selama Maret, yang seolah menepis kabar iPhone X mencatat penjualan yang lesu. Selama kuartal pertama 2018, pengiriman Apple menjadikannya meraih pangsa pasar 15,6%.

Pengiriman smartphone Huawei selama periode kuartal pertama 2018 membuat vendor ini berada di posisi ke-3 dengan pangsa pasar 11,8%. Sembari mempertahankan diri sebagai brand dengan posisi kuat di pasar Tiongkok, Huawei juga perlahan menaikkan level di jajaran brand internasional.

Related Posts
1 daripada 280

Xiaomi menyodok di posisi ke-4 dengan pengiriman smartphone mencapai 28,0 juta unit. Pangsa pasar Xiaomi pun mencapai 8,4% selama kuartal pertama 2018. Khusus untuk Xiaomi, IDC mencatat vendor ini tumbuh 87,8% selama kuartal pertama 2018 dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Kuatnya performa Xiaomi di pasar di luar Tiongkok jadi salah satu faktor yang membuat vendor ini terus menambah pangsa pasarnya di pasar smartphone dunia.

OPPO F7

Brand asal Tiongkok lainnya, OPPO, ada di posisi ke-5 dengan pengiriman smartphone mencapai 239 juta unit atau meraih pangsa pasar 7,1%.

Baca juga: Trio Smartphone Meizu Terbaru Hadir Tanpa “Poni”

Anthony Scarsella, manajer riset pada divisi yang sama, mengatakan konsumen banyak yang terlihat enggan menghabiskan banyak uang untuk perangat tergres dan terbaik di pasaran.

“Banyaknya flagship yang termutakhir dengan harga mahal yang dirilis dalam 12-18 bulan terakhir kemungkinan besar telah menyebabkan siklus upgrade (ponsel pintar) terhenti dalam jangka waktu yang tak lama lagi,” katanya.

Ia menyarankan agar vendor smartphone menawarkan ponsel premium dengan harga yang lebih terjangkau demi mendorong pengiriman smartphone kembali ke arah yang positif di pertengahan tahun ini nantinya.

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.