Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

SoftBank Kembali Guyur Dana Rp20,9 Triliun ke Grab

Grab Berhasil Kumpulkan Lebih dari US$4,5 Miliar Pada Putaran Pendanaan Saat Ini

Pada putaran pendanaan Series H, Grab Holding (Grab) memperoleh kucuran dana dari Softbank Vision Fund (SVF) . Kali ini dana yang diinvestasikan SVF adalah sebesar US$1,46 miliar atau setara Rp20,9 triliun. Total pendanaan seri tersebut mencapai lebih dari US$4,5 miliar atau sekitar Rp64,4 triliun. Investornya mencakup Booking Holdings, Hyundai Motor Group, Microsoft Corporation, Oppenheimer Funds, Ping An Capital, Toyota Motor Corporation, dan Yamaha Motor.

SVF merupakan investor jangka panjang Grab yang memberikan dukungan berkelanjutan demi pertumbuhan Grab. Visi Grab adalah menjadi super app di Asia Tenggara, investasi tersebut akan digunakan untuk mengembangkan ekosistem teknologi di kawasan ini.

Grab memang ingin meningkatkan tarf kehidupan masyarakat di kawasan ini dengan menyediakan peluang untuk meningkatkan penghasilan mereka melalui platform Grab. Dan tentu saja untuk memberikan pilihan dan kenyamanan bagi penggunanya dengan lebih banyak layanan harian dan aksesibilitas lebih besar.

“Kami merasa terhormat bisa mendukung kemajuan evolusi teknologi berbasis pengguna. Investasi ini akan membantu Grab mengeksplorasi peluang baru yang menarik untuk memenuhi seluruh kebutuhan mobilitas. Kebutuhan tersebut mencakup layanan trasnportasi, layanan pengiriman dan layanan keuangan. Harapannya perusahaan bisa terus mengembangkan platform offline-to-online di seluruh Asia Tenggara,” ucap David Thevenon, Partner at SoftBank Investment Advisers.

Grab Business Update
Grab Business Update
Related Posts
1 daripada 5

Investasi Pada Softbank Vision Fund

Sebagian dana akan diinvestasikan di Indonesia untuk memperluas GrabFood dan GrabExpress, serta menjalankan layanan baru di Indonesia. Pangsa pasar Grab di Indonesia memang cukup besar untuk roda dua mencapai 60% dan roda empat mencapai 70%. Perkembangan Grab di Indonesia sangat pesat dengan pendapatan ganda di tahun 2018. Kini GrabFood sudah beroperasi di 178 kota, padahal di tahun sebelumnya masih 13 kota, sehingga pendapatan GrabFood meningkat 45 kali.

“Dukungan para pemegang saham pada putaran pendanaan kali ini sangat membantu kami. Kami terus menerima minat dari investor baru dan berharap dapat menyambut lebih banyak pemimpin industri global sebagai mitra kami,” ucap Ming Maa, President Grab.

Pertumbuhan ekosistem Grab pada tahun 2018 signifikan berkat kerja sama dengan industri global terdepan seperti Hyundai, Mastercard, Microsoft dan Toyota. Demikian juga kemitraan dengan industri nasional dan regional terdepan. Di Indonesia Grab bekerja sama dengan Ovo, Bank BTN dan Bank Mandiri. Sementara di beberapa negara lain mencakup:

  • Filipina: SM Investment Corporation
  • Malaysia: Maybank
  • Singapura: United Overseas Bank
  • Thailand: Central Group dan Kasinkornbank
  • Vietnam: Moca

Di Asia Tenggara, Grab Financial Group adalah satu-satunya platform dengan akses lisensi e-money di enam negara ekonomi pada tahun 2018. Pertumbuhan transaksi bulanan Grab Financial Group lima kali lipat mulai saat diluncurkan bulan Maret sampai Desember 2018. GrabExpress pun mengalami peningkatan volume instant delivery dan same-day delivey sebesar tiga kali lipat di tingkat regional pada tahun yang sama.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.