Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Lebaran 1440H, Trafik Layanan Data Telkomsel Naik 12,3%

Musim lebaran 1440H menjadi ajang panen bagi operator seluler. Salah satunya Telkomsel yang mencatat kenaikan trafik layanan data cukup tinggi.

Berdasarkan laporan yang kami terima, kenailan tertinggi pada H-1 Lebaran tahun ini menjadi 19,30 Petabyte atau meningkat 12.3% jika dibandingkan dengan trafik layanan data pada hari normal.

Jika dibandingkan dengan periode Lebaran tahun lalu, trafik layanan ini mengalami kenaikan sekitar 49,8%. Rata-rata lonjakan tertinggi terjadi di antara pukul 00:00 hingga 06:00, atau pada saat sahur.

Wilayah dengan kenaikan trafik layanan data tertinggi adalah Jawa Tengah dengan peningkatan 44,0% dibandingkan hari normal, diikuti wilayah Jawa Barat (sebesar 31,2%) dan Jawa Timur (sebesar 26,9%).

Penggunaan layanan data pada di momen Lebaran tercatat mengalami peningkatan yang signifikan di beberapa lokasi yang menjadi titik berkumpulnya pemudik, seperti rest area, exit tol, restoran, POM bensin dan bandar udara. Lonjakan serupa juga terjadi di lokasi-lokasi wisata yang dipadati pengunjung di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Kontribusi tertinggi penggunaan layanan data secara umum berasal dari pelanggan yang beraktivitas di media sosial mencapai 30,4 %. Pelanggan juga memanfaatkan layanan data untuk menyaksikan film atau video secara streaming dengan kontribusi sebesar 28,7%. Sementara itu, komunikasi berbasis teks, serta panggilan suara dan panggilan video melalui aplikasi pesan instan memberikan andil sekitar 15,7 % terhadap penggunaan layanan data.

Pada layanan video streaming, salah satu kontributor meningkatnya konsumsi kuota data adalah aktivitas pelanggan yang menyaksikan streaming melalui aplikasi Youtube. Khusus layanan media sosial kontributor meningkatnya konsumsi kuota data didominasi aktivitas pelanggan pada aplikasi Facebook dan Instagram.

Sementara itu, beberapa ragam aplikasi lain yang menjadi favorit pelanggan selama periode Lebaran tahun ini adalah Google Service yang memiliki andil terhadap penggunaan layanan data Telkomsel sebesar 7,7%, diikuti Mobile Legend dan TikTok masing-masing sebesar 1,1%.

Denny Abidin, Vice President Corporate Communications Telkomsel,  mengatakan pihaknya bersyukur dapat melayani pelanggan dan masyarakat dengan baik mulai dari awal Ramadan hingga puncak Lebaran.

Related Posts
1 daripada 28

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, kami menyadari tingginya minat pelanggan untuk memanfaatkan jaringan Telkomsel sehingga kualitas, kapasitas, dan jangkauan jaringan tetap kami optimalkan hingga berakhirnya masa libur Lebaran dan seterusnya sehingga pelanggan bisa selalu berkomunikasi dengan nyaman,” ujarnya.

Denny menambahkan, untuk memberikan pengalaman pelanggan dalam menggunakan layanan data yang lebih cepat dan stabil, Telkomsel juga telah memperluas layanan 4G LTE ke lebih 500 Ibu Kota/Kabupaten di mana 97% telah menjangkau Ibu Kota Kecamatan, sehingga 93% populasi di Indonesia telah terlayani 4G Telkomsel.

Untuk layanan suara dan SMS, dibandingkan dengan trafik pada hari normal, trafik layanan suara mengalami penurunan sebesar -14,9% menjadi 1.05 miliar menit, hal yang sama juga terjadi dalam trafik layanan SMS yang mengalami penurunan sebesar -3,7% menjadi 531 juta SMS.

Dari sisi kualitas layanan, tingkat keberhasilan koneksi data, pengiriman SMS, dan panggilan suara masing-masing mencapai  99,69%, 99,70%, dan 98,52% yang berarti secara umum pelanggan dapat menikmati layanan komunikasi dengan lancar.

Sementara itu, wilayah-wilayah yang paling banyak menerima kedatangan pelanggan dari wilayah lainnya pada periode mudik Lebaran tahun ini adalah Jawa Tengah dengan 2,80 juta pelanggan, Jawa Barat (1,57 juta pelanggan), dan Jawa Timur  (1,28 juta pelanggan).

Untuk mengantisipasi tingginya peggunaan layanan komunikasi pada periode Ramadan dan Idul Fitri 2019, sejak jauh-jauh hari Telkomsel menggelar berbagai persiapan dari sisi infrastruktur maupun produk dan layanan. Telkomsel telah melakukan perluasan cakupan, penambahan kapasitas, dan peningkatan kualitas jaringan, terutama di 557 titik strategis di jalur mudik dan lokasi wisata utama (point of interest), yang meliputi Bandar Udara, Terminal Bus, Stasiun Kereta, Dermaga, Rumah Sakit, Area Padat Populasi, Pasar Tradisional, dan Mal.

Beberapa aktivitas kesiapan infrastruktur yang dilakukan Telkomsel antara lain membangun 10.000 BTS multiband LTE, mengoperasikan 70 mobile BTS, menambah kapasitas gateway internet 15% dari kapasitas existing menjadi 4.700 Gbps, menambah kapasitas sistem IT untuk layanan, dan menambah kapasitas layanan isi ulang pulsa.

Berikut data performansi layanan Telkomsel pada Periode Ramadhan dan Idul Fitri 2019:

Trafik Layanan

Layanan Trafik Puncak

Lebaran 2019

Perbandingan dengan Trafik Puncak Lebaran 2018 Perbandingan dengan Trafik Hari Normal 2019
Data 19,30 petabyte Naik 49,8 Persen Naik 12,3 Persen
SMS 531 Juta SMS Turun -10,6 Persen Turun -3,7 Persen
Suara 1,05 Miliar Menit Turun -19,2 Persen Turun -14,9 Persen