Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Versi Terbaru Aplikasi YouTube Kids Lebih Ketat Awasi Konten Video

Paparan konten negatif tak jarang bisa menjangkau anak-anak saat mereka mengakses YouTube. Pendampingan orang tua tak selamanya bisa terus dilakukan untuk mencegah anak menonton video yang tidak pantas. YouTube pun dikabarkan akan meluncurkan versi terbaru aplikasi YouTube Kids yang kini lebih ketat mengawasi inventarisasi videonya.

Aplikasi YouTube Kids memang sudah lama ada tetapi YouTube memutuskan akan memperbaharuinya kembali. Dalam versi terbaru aplikasi YouTube Kids ini, pihak YouTube akan menggunakan algoritma untuk menyeleksi video. Semua chips bagi konten YouTube Kids harus dikurasi oleh manusia. Tujuannya biar semua tak ada lagi yang bisa lolos dari memanfaatkan algoritma seolah-olah videonya ramah terhadap anak padahal tetap saja mengandung gambar tidak senonoh.

Seperti ditulis dari phonearena.com, bulan lalu Google, si empunya YouTube, sempat menghapus sejumlah video “konspirasi” dari YouTube for Kids, termasuk yang mengklaim Bumi itu datar dan dikendalikan oleh makhluk yang setengah reptil dan setengahnya lagi manusia. Tetap saja orang tua yang mengambil keputusan akhir tentang video apa yang akan ditonton oleh anak mereka.

Versi terbaru aplikasi YouTube Kids akan jadi salah satu solusi biar anak aman nonton video. 

Google dikabarkan akan menawarkan versi terbaru YouTube Kids ini dengan varian lainnya dan menyerahkan kepada orang tua anak untuk memilih mana yang bagus ditonton bagi buah hati mereka.

Kedua varian YouTube Kids ini berarti ada yang menggunakan algoritma, ada pula yang memakai video yang dipilih langsung oleh manusia.

Related Posts
1 daripada 233

Walaupun algoritma yang dipakai dalam aplikasi disetel sebagai “ramah bagi anak”, seorang YouTuber mengatakan bahwa “Terkadang kita melewati batas tersebut.” Versi terbaru YouTube Kids ini dikabarkan akan segera diluncurkan dalam beberapa pekan mendatang.

Baca juga: Kembangkan Kreator Video di Luar Jakarta, YouTube Hadirkan 4 Program

Di Indonesia sendiri, aplikasi YouTube menjadi aplikasi media yang paling digemari oleh masyarakat, menggeser Facebook. Seperti dikutip dari CNNIndonesia.com, lebih dari sepertiga pemakai internet di tanah air gandrung mengakses situs berbagi video secara gratis ini.

Data dari Google menyebut ada 50 juta pengguna aktif YouTube nasional tiap bulannya dari keseluruhan 146 juta orang yang terhubung ke internet di Indonesia. Dalam sheari orang Indonesia rata-rata melihat YouTube 42,4 menit. Durasi tersebut melompat 155% dari pertumbuhan durasi orang menonton video di YouTube sepanjang setahun sebelumnya. Data lain menyebut 75% dari total traffic pengakses YouTube berasal dari smartphone mereka.

Tak heran populernya YouTube serta begitu mudahnya ia diakses oleh siapa pun menimbulkan kecemasan di kalangan orang tua akan paparan konten yang kurang sesuai bagi seumuran anak mereka. Termasuk di antaranya adalah konten berbau pornografi, kekerasan verbal dan fisik, yang rentan mempengaruhi tumbuh kembang anak di kemudian hari.

Himbauan mulai dari agar orang tua mendampingi anak saat mengakses YouTube pun selalu didengungkan biar anak “selamat” dari bahaya yang mengintai dari dunia internet.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More