Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Kembangkan Kreator Video di Luar Jakarta, YouTube Hadirkan 4 Program

Data terbaru App Annie menyebutkan sebanyak 50 juta orang Indonesia aktif mengunjungi YouTube setiap bulan. Sementara pertumbuhan angka kreator dengan 1 juta subscribers meningkat 4X dalam setahun terakhir. Bayu Skak, YouTuber yang cukup populer dari Malang, Jawa Timur yang gemar membuat video komedi berbahasa Jawa, menjadi kreator pertama dari luar Jakarta yang meraih 1 juta subscriber.

Tony Keusgen, Managing Director Google Indonesia, mengatakan perkembangan situs video streaming populer ini di Indonesia yang semakin berkembang di luar Jakarta. “Kami melihat kreator dari kota-kota kecil di Jawa, Sulawesi, dan bahkan Papua membuat konten dan meraih sukses. Untuk itu kami ingin membawa kekuatan komunitas YouTube ini untuk mereka lewat inisiatif empat program yang kami umumkan yakni YouTube Pop-Up Space, NextUp, FanFest, dan YouTube Go,” ujar Tony di Art:1 New Museum, Jakarta (18/9/2017).

YouTube Pop-Up Space

Fasilitas YouTube Pop-Up Space di Jakarta kembali dihadirkan sebagai sarana pelatihan profesional bagi kreator di Indonesia untuk bisa saling berkolaborasi dan menciptakan konten berkualitas. Lewat dua Pop-Up Space yang telah dilakukan di Jakarta setahun terakhir, YouTube telah melatih lebih dari 1,000 kreator konten di Indonesia.

Layanan berbagi video milik Google tersebut menyediakan fasilitas studio canggih, rangkaian workshop, dan pelatihan mengenai cara meraih sukses sebagai YouTubers. Pop-Up Space yang ketiga ini difokuskan pada kreator yang beraliran musik, di mana kreator musik seperti Eclat Story, Eka Gustiwana dan Fathia Izzati  mendapat kesempatan untuk berkolaborasi dan berlatih untuk festival  YouTube FanFest Indonesia. Tim2one – Chandra Liow dan Sheryl Sheinafia misalnya, akan berkolaborasi untuk pertama kalinya di Pop-Up Space Jakarta.

YouTube NextUp

Yang baru di tahun ini adalah program YouTube NextUp. Akan ada 12 kreator hasil seleksi juri yang dikirim ke Pop-Up Space untuk diberi pelatihan intensif dari para pakar produksi. Mereka juga memiliki kesempatan untuk mengeksplorasi kemungkinan berkolaborasi dengan ‘the rising’ kreator lainnya dalam program ini.

Related Posts
1 daripada 268

Di program NextUp pertama untuk Indonesia ini, 75% kreator terpilih berasal dari luar Jakarta, seperti Koplak Story dari kota Purwokerto Jawa Tengah, AF2C dari kota Kisaran di Medan, dan MMXV dari Maluku. Program ini didesain khusus untuk membantu mereka mempelajari cara membuat video dengan lebih baik, mendapat lebih banyak subscriber, dan membuat channel menjadi lebih menarik.

YouTube FanFest

Sementara itu, ajang FanFest di tahun ini untuk pertama kalinya akan dilakukan tak hanya di Jakarta, tapi juga Yogyakarta (22-24 September), Surabaya (6-8 Oktober), dan Bandung (20-22 Oktober). Hal ini dilakukan untuk memberi kesempatan bagi kreator dari daerah luar Jakarta untuk mendapat pengalaman serupa dengan kreator di Jakarta, yakni unjuk talenta di atas panggung, berkolaborasi dengan top kreator, serta bertemu dengan penggemar secara langsung.

Fibriyani Elastria, Head of Consumer Marketing, Google Indonesia, mengatakan pihaknya terus dikejutkan dengan antusiasme audiens. Di FanFest yang pertama tahun 2015, 3,000 tiket langsung habis dalam kurun waktu lima menit. Tahun lalu, kami memperpanjang FanFest hingga tiga hari dan 18,000 orang datang untuk menonton aksi YouTubers favorit mereka. “Maka tahun ini kami ingin membawa keseruan yang sama bagi kreator dan penggemar di kota lainnya,” kata Fibriyani.

Rangkaian FanFest Indonesia 2017 akan ditutup di Jakarta pada tanggal 10-12 November yang akan dimeriahkan oleh kedatangan kreator YouTube internasional ternama seperti 1MILLION Dance Studio dan Ranz & Niana, juga kreator lokal yakni Gen Halilintar, Raditya Dika, dan dunia MANJI yang siap memberikan penampilan terbaik bagi para penggemar mereka.

YouTube Go

Setelah diumumkan pada bulan Agustus lalu, aplikasi nonton video yang lebih hemat kuota kini sudah dapat diunduh melalui Play Store. YouTube Go didesain khusus bagi pengguna dengan keterbatasan jaringan Internet dan WiFi, dilengkapi dengan fitur-fitur unik seperti mengontrol jumlah kuota dan kemampuan preview sebelum menonton video secara utuh.

“Indonesia terus menjadi fokus penting bagi Google. Kami berharap semua inisiatif yang kami luncurkan hari ini dapat membantu lebih banyak masyarakat Indonesia meraih sukses di YouTube, dan kami tak sabar melihat lebih banyak lagi konten khas Indonesia dinikmati oleh audiens global,” pungkas Tony.

This post is also available in: enEnglish (English)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.