Acer ConceptD 7 SpatialLabs Edition Rilis Untuk Kreator Konten Tiga Dimensi

Jakarta, Gizmologi – Acer baru saja mengadakan sebuah acara konferensi pers global bertajuk “[email protected] 2021”, perkenalkan portfolio perangkat terbaru baik untuk komputer terbaiknya, serta proyeknya yang lebih ramah lingkungan lewat lini Vero. Untuk yang pertama, diperkenalkan seri Acer ConceptD 7 SpatialLabs Edition, implementasi teknologi futuristik pada produk final.

Seri ConceptD 7 sendiri sudah diresmikan sejak tahun lalu, di mana lini laptop premium ini hadir penuhi kebutuhan para kreator konten, bawa kombinasi performa paling tinggi di pasaran. Sementara SpatialLabs sendiri adalah sebuah teknologi yang baru diperkenalkan Acer tahun 2021, kombinasikan fitur hardware dan software.

Diperkenalkan dalam bentuk purwarupa, pengguna laptop atau komputer Acer bakal dapat berinteraksi langsung dengan objek yang dibuatnya lewat aplikasi digital seperti desain CAD maupun 3D lainnya, tanpa gunakan aksesori tambahan yang merepotkan. Nah, Acer ConceptD 7 SpatialLabs Edition menjadi produk pertama yang bakal mengusung teknologi tersebut, beri diferensiasi yang sangat menarik.

Baca juga: Review Acer Swift 3 Infinity 4: Ultrabook Intel Evo Terjangkau

Punya Sensor Lengkap yang Disematkan di Atas Layar

Acer ConceptD 7 SpatialLabs Edition

Tampil dengan bodi yang didominasi warna putih, dimensi Acer ConceptD 7 SpatialLabs Edition memang tergolong besar. Selain dimensi layarnya yang memang ekspansif, Acer perlu menyematkan deretan sensor tambahan untuk berikan kemampuan yang lebih jauh dari seri sebelumnya. Opsi layarnya sendiri hanya satu varian, gunakan panel 15,6 inci dengan resolusi 3840 x 2160 piksel dalam mode dua dimensi.

Layar tersebut mendukung standar warna Adobe RGB 100%, terkalibrasi oleh Pantone, serta memiliki akurasi warna DeltaE<2, poin-poin penting untuk kreator yang memiliki pekerjaan visual. Namun yang lebih penting adalah jajaran sensor dan kamera yang disematkan pada bagian atas bezel layarnya, untuk bawa fitur SpatialLabs.

Acer ConceptD 7 SpatialLabs Edition

Ada dua kamera stereo khusus yang difungsikan untuk mendeteksi gerakan mata dan wajah penggunanya, serta sebuah lensa optik yang sesuaikan dua pandangan sedikit berbeda. Plus, software render yang mengatur tampilan konten tiga dimensi dari layar Acer ConceptD 7 SpatialLabs Edition secara langsung, berubah mengikuti gerakan kepala.

Jumlah use case fitur ini mungkin masih belum jelas atau terbatas. Namun Acer sudah berikan beberapa tools khusus untuk maksimalkan kemampuan Acer ConceptD 7 SpatialLabs Edition. Sebut saja SpatialLabs Model Viewer, yang bisa impor file 3D dari aplikasi populer seperti Autodesk Fusion 360, Rhinoceros dan ZBrush. Sembari terus bekerja sama dengan pihak ketiga lainnya.

Harga Acer ConceptD 7 SpatialLabs Edition Mulai Rp59 Jutaan

Acer ConceptD 7 SpatialLabs Edition

Selain itu, aplikasi SpatialLabs Go juga hadir dengan peningkatan AI, memungkinkan pengguna lakukan konversi konten 2D seperti video maupun gambar menjadi stereoskopik tiga dimensi. Untuk jalankan semua fungsi tersebut, Acer percayakan chipset Intel Core i7-1180H plus GPU NVIDIA RTX 3080.

Kapasitas RAM 32GB DDR4 pada Acer ConceptD 7 SpatialLabs Edition bisa ditingkatkan hingga 64GB, sementara penyimpanannya yang berbasis NVMe SSD berkapasitas 2TB. Harganya? Tentu saja tidak murah, mengingat kemampuannya yang bisa render 3D secara langsung tanpa perlu alat bantu.

Bakal hadir pertama kali untuk pasar Eropa, Timur Tengah dan Afrika di bulan Desember mendatang, Acer ConceptD 7 SpatialLabs Edition bakal dibanderol mulai dari EUR3,599, alias Rp59 jutaan ke atas.

Tinggalkan komen