alexa

Review Acer Swift 3 Infinity 4: Ultrabook Intel Evo Terjangkau

Situasi yang tak menentu seperti sekarang membuat Gizmo friends lebih sering gunakan perangkat seperti laptop. Baik untuk bekerja, menempuh edukasi, atau supaya tetap terhubung dengan orang lain. Tak heran bila vendor rilis lebih banyak seri semasa pandemi, seperti Acer dengan lini barunya, Acer Swift 3 Infinity 4.

Ya, untuk rilisan 2021 saja, lini seri yang dirilis oleh vendor asal Taiwan ini cukup banyak—jangankan berbeda lini, untuk Swift 3 saja ada beberapa varian yang tersedia. Mulai dari Swift 3 yang jalankan cip AMD Ryzen, sampai Swift 3X dengan GPU lebih bertenaga.

Acer Swit 3 Infinity 4 adalah sebuah ultrabook modern yang, menurut saya, hadir dengan kombinasi fitur menarik. Lebih mengunggulkan performa, tapi juga tak mengesampingkan desain sepenuhnya. Mungkin kurang menarik bagi mereka yang sekadar melihat tampilan luarnya saja, sampai melihat disematkannya logo Intel Evo di dalamnya.

Apakah laptop ini cocok untuk Gizmo friends? Berikut ulasan lengkap dari Acer Swift 3 Infinity 4 SF314-511 setelah lebih dari satu bulan pemakaian.

Desain

Desain Acer Swift 3 Infinity 4

Kalau kamu mencari ultrabook yang tampil sesuai dengan banderol harganya, maka Acer Swift 3 Infinity 4 bukanlah pilihan terbaik. Jelek? Jauh dari itu. Masih oke kok, terutama bobot dan ketebalannya juga sudah tergolong ringan dan tipis, masing-masing di 1,2 kilogram dan kurang dari 16mm.

Tapi selama menggunakannya, saya nggak bisa berhenti membandingkannya dengan Swift 3 lain yang sudah pernah saya ulas. Meski lebih murah, desainnya sedikit dibuat lebih cantik dengan lekukan pada samping bodinya, berbeda dengan Swift 3 Infinity 4 yang hanya berupa garis tegas saja.

Hinge Acer Swift 3 Infinity 4

Sasis dari Acer Swift 3 Infinity 4 sendiri sudah terbuat dari metal, sehingga terasa kokoh saat dipegang maupun ketika diangkat salah satu sudutnya saja. Kecuali kamu mencari laptop yang understated, tidak mencolok, “membaur dengan lainnya”, tentu bakal oke-oke saja dengan bagian ini.

Paling-paling, yang membuatnya terlihat cukup premium adalah desain elevated hinge-nya yang membuat bagian keyboard sedikit naik saat layar dibuka. Sedikit membahas detail: setelah lebih dari satu bulan penggunaan, karet bagian hinge yang menopang akan sedikit berubah warna.

Layar

Layar Acer Swift 3 Infinity 4

Kalau dari desain masih kurang unggul, kamu bakal temukan kualitas yang cukup tinggi sesaat ketika sudah menyalakan perangkat. Layar Acer Swift 3 Infinity 4 sudah punya bezel yang tergolong tipis, capai rasio 85,73%. Belum gunakan rasio 16:10, tapi sama sekali bukan masalah bagi saya.

Dimensinya 14 inci, beresolusi full HD 60Hz, dan tentunya sudah pakai panel IPS untuk sudut pandang lebar. Yang saya suka adalah reproduksi warnanya; saturasinya pas dan akurat, dengan cakupan warna 100% sRGB.

Tentunya bagian layar Acer Swift 3 Infinity 4 bisa dibuka dengan mulus menggunakan satu tangan, hanya memang tak bisa dibuka sampai flat atau mendekati 180 derajat. Tingkat kecerahan 300 nits sudah cukup untuk penggunaan semi-outdoor, dan nyaman di mata berkat teknologi Acer ComfyView.

Port & Konektivitas

Konektivitas Acer Swift 3 Infinity 4

Sama persis dengan Swift 3 yang saya ulas kemarin, mulai dari jumlah port sampai peletakannya. Di bagian kiri, terdapat lubang DC-in (untuk charger bawaan yang masih belum USB-C), satu port USB-C Thunderbolt 4 (sudah mendukung power delivery), HDMI dan USB-A 3.2.

Sementara pada bagian kanan, ada Kensington lock, satu USB-A 3.2 dan audio combo jack. Tidak ada slot kartu SD atau microSD sekalipun. Jumlah USB-Cnya pun hanya satu. Cukup disayangkan, mengingat secara dimensi seharusnya muat-muat saja.

Keyboard Acer Swift 3 Infinity 4

Keyboard yang berada di antara kedua sisi port tersebut relatif nyaman digunakan, membutuhkan waktu minim untuk membiasakannya. Tingkat pencahayaan backlit hanya ada satu, sementara tombol power menyatu di sudut atas kanan. Tak perlu khawatir, karena butuh ditekan agak lama untuk mematikan laptop ini.

Bidang touchpad-nya cukup besar dan sudah mendukung Windows Precision Driver. Kualitasnya sendiri bukan yang paling akurat ketika dinavigasikan, tapi tak membuat saya sampai ingin menggunakan tetikus (mouse), seperti pada Infinix INBook.

Performa

Performa Acer Swift 3 Infinity 4

Yang membuat laptop ini sangat layak beli, salah satunya adalah bila kamu mencari performa terbaik. Acer Swift 3 Infinity 4 sudah gunakan prosesor Intel generasi terbaru dengan kelas terbaik: Core i7-1165G7 (4 core, hingga 4,7GHz). Tak hanya itu, juga sudah masuk ke dalam platform Intel Evo.

PCMark Acer Swift 3 Infinity 4

Ketika sebuah laptop berhasil masuk ke platform tersebut, dipastikan bila performanya setara dengan laptop flagship masa kini. Tak hanya kencang, namun juga tidak berisik, punya baterai tahan lama dan responsif—kecepatan menyala laptop ini dari mati total maupun kondisi sleep sangat singkat.

Dipadukan dengan RAM 16GB LPDDR4x dan penyimpanan 512GB berjenis PCIe NVMe Gen 4, multitasking tak jadi masalah di laptop ini. Kecuali bila kamu inginkan laptop dengan dukungan visual tinggi, bakal tidak cocok karena hanya ada kartu grafis bawaan Intel Iris Xe. Gim seperti Forza maupun The Sims 4 masih bisa, selama grafisnya bukan rata kanan.

Fitur Lain

Acer Swift 3 Infinity 4

Sering berada dalam rapat atau kelas virtual? Kamera 720p milik Acer Swift 3 Infinity 4 bisa diandalkan dengan sudut yang luas dan cocok di berbagai kondisi pencahayaan. Disematkan pula dua mikrofon dengan Acer Purified Voice, agar tak perlu melulu gunakan earphone tambahan.

Dua speaker di bagian bawah ditingkatkan oleh DTS Audio. Detailnya cukup bagus, bukan yang paling kencang, tapi sudah bisa sama kencangnya dengan Infinix yang punya empat speaker.

Bloatware bawaan Acer juga tak banyak, dan informasi penting mulai dari spesifikasi hingga pembaruan software bisa diakses lewat satu aplikasi ringkas, Acer Care Centre. Sensor sidik jarinya juga sangat reliabel meski secara tampilan terlihat cukup mungil.

Baterai

Baterai Acer Swift 3 Infinity 4

Salah satu benefit dari platform Intel Evo adalah masa pakai yang, seminimalnya bertahan sampai 10 jam. Acer sendiri berikan baterai 4 cell untuk Acer Swift 3 Infinity 4, dengan klaim hingga 16 jam pemakaian.

Sehari-hari saya gunakan laptop ini untuk browsing, akses aplikasi Microsoft Office dengan kecerahan layar rata-rata 75%. Sesekali juga lakukan panggilan virtual lewat Zoom dan aplikasi sejenis. Kurang lebih tahan hingga 9 – 10 jam, sudah oke dan setara dengan laptop yang punya klaim setara.

Tentunya bisa lebih hemat ketika brightness lebih redup, mematikan Bluetooth atau turunkan performa CPU. Untuk pengisian dayanya sendiri, sudah mendukung hingga 65W. Acer berikan charger konvensional yang memanfaatkan DC-in.

Sedikit kurang modern? Iya. Tapi juga ada benefitnya, karena dengan begitu, port USB-C bisa dimanfaatkan untuk keperluan lainnya sembari isi daya laptop.

Kesimpulan

Acer Swift 3 Infinity 4

Acer Swift 3 Infinity 4 bukanlah sebuah ultrabook yang terlihat membanggakan ketika ditenteng—tampilannya biasa saja. Namun ketika digunakan, kombinasi fitur yang dibawa bisa berikan value lebih tinggi dari ultrabook lain pada segmen harga yang sama.

Standar Intel Evo, kualitas layar tinggi, baterai irit sampai kombinasi kamera dan mikrofon yang bisa diandalkan. Bobotnya juga ringan, sehingga tak membebani ransel ketika harus dibawa. Juga sudah termasuk lisensi Microsoft Office Home & Student 2019 & masa garansi hingga 3 tahun.


Spesifikasi Acer Swift 3 Infinity 4 SF314-511

Acer Swift 3 Infinity 4
Klik pada gambar untuk spesifikasi lebih lanjut

General

Device Type Laptop
Model / Series Acer Swift 3 Infinity 4 SF314-511
Released 20 April, 2021
Status Available
Price Rp15.999.000 (i7), Rp12.999.000 (i5)

Platform

Processor Intel® Core™ i7-1165G7/i5-1135G7 processor
VGA (Graphic Card) Intel Iris Xe
RAM (Memory) 16GB LPDDR4x
Storage 512GB NVMe PCIe SSD
Operating System Windows 10 Home

Body

Dimensions 320 (W) x 217 (D) x 15.95 (H) mm
Display 14" IPS Full HD 1920 x 1080, Wide viewing angle up to 170 degrees, 300 nits, 100% sRGB, Acer ComfyView
Battery Upt o 14 hours
65W AC adapter
Support USB-C charging

Connectivity

Webcam 720 HD webcam
Bluetooth 5.1
Wi-fi 802.11 ac
NFC
I/O Interface Audio Jack Combo 3.5mmUSB Type-C / Thunderbolt™ 4 port
2x USB 3.2 Gen 1 port with power-off charging
HDMI 2.0 ® port
DC-in
Kensington Lock

Other

Audio Stereo speakers, DTS Audio
Features Backlight Keyboard (Single-Color, White)
Fingerprint reader
81%
Awesome

Review Acer Swift 3 Infinity 4

Sasar pengguna muda yang membutuhkan laptop powerful nan portable, Acer Swift 3 Infinity 4 hadir sebagai pilihan yang cukup terjangkau, dilengkapi fitur standar Intel Evo berkualitas.

  • Design
  • Display
  • Performanc
  • Battery
  • Features
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.