Huawei MateBook 14s Usung Layar 90Hz, Perbaiki Posisi Kamera

Jakarta, Gizmologi – Terus perbarui ekosistem perangkatnya, setiap tahunnya Huawei merilis berbagai seri smartphone dan laptop terbarunya. Yang terbaru di awal Oktober 2021 adalah Huawei MateBook 14s, rilis bersamaan dengan varian lebih kecil yaitu 13s. Banyak peningkatan yang dibawa, mulai dari spesifikasi chipset sampai layarnya.

Secara umum, Huawei memberikan tiga opsi laptop dalam segmen yang berbeda. Seri MateBook D series jadi yang paling terjangkau, sementara MateBook Pro menjadi varian flagship. Di antara keduanya, dihadirkan seri MateBook 14s yang kini sudah mengusung platform Intel Evo, tampil tak kalah stylish bila dibandingkan dengan seri termahalnya.

Baca juga: Huawei MateBook 16, Laptop Pertama dengan Sertifikasi Akurasi Layar TUV Rheinland

Tampil dalam dua opsi warna, Huawei MateBook 14s diperkenalkan dengan warna cerah baru yaitu Spruce Green. Dirancang tipis dengan ketebalan maksimum 16,7mm, laptop tipis Huawei satu ini memiliki bobot 1,43 kilogram. Gunakan material aluminum kokoh, dimensinya kompak berkat bezel layarnya yang tipis di keempat sisi.

Layar Huawei MateBook 14s Jadi Daya Tarik Utama

Huawei MateBook 14s

Cocok untuk produktivitas, laptop Huawei satu ini gunakan aspek rasio 3:2. Dengan dimensi layar 14,2 inci, sekilas spesifikasinya mirip seperti realme Book, termasuk resolusi layar tingginya yang mencapai 2,5K. Aman untuk penggunaan luar ruangan berkat kecerahan maksimum 400 nits, plus cakupan warna 100% sRGB dan rasio kontras mencapai 1,500:1.

Namun Huawei MateBook 14s lebih unggul berkat refresh rate-nya yang mencapai 90Hz, menyerupai layar smartphone masa kini. Dalam satu kombinasi tombol Function Key, pengguna bisa beralih pada mode 90Hz untuk pergerakan konten lebih halus, atau 60Hz yang lebih hemat daya. Tak harus gunakan touchpad alias mendukung input layar sentuh sampai 10 jari sekaligus.

Yang menariknya lagi, kini konsumen tak perlu khawatir akan angle kamera yang tidak pas saat melakukan panggilan video. Meski keempat bezel dibuat sangat tipis, kini Huawei memutuskan untuk meletakkan kamera HD 720p di bagian atas layar Huawei MateBook 14s. Juga bisa berfungsi sebagai face unlock, meski tombol power juga berfungsi ganda sebagai sensor sidik jari. Beri dua opsi pengaman berbeda.

Bagian konektivitas juga diunggulkan. Umumnya sebuah laptop tipis hanya memiliki dua port USB-C saja. Namun pada Huawei MateBook 14s, port tersebut masih ditemani dengan satu buah USB-A 3.2 Gen 1, audio combo jack, bahkan port HDMI full size yang sudah sangat jarang ditemui.

Huawei MateBook 14s Punya Sistem Pendingin Baru

Huawei MateBook 14s

Untuk mengakomodir kamera, disematkan empat speaker lengkap dengan empat mikrofon di sekeliling bodi Huawei MateBook 14s, punya fitur noise reduction dan bisa menangkap suara bahkan hingga kejauhan 5 meter sekaligus. Sementara untuk mentenagai semua fitur yang ada, diberi dua opsi prosesor Intel Core i5-11300H atau i7-11370H 4-core 8-thread generasi ke-11.

Opsi RAM-nya sendiri hingga 16GB dual-channel LPDDR4x, sementara untuk kapasitas penyimpanan maksimumnya hingga 1TB berjenis NVMe. Huawei sematkan dua kipas dengan dua pipa pencegah panas serta lubang angin yang disempurnakan, diklaim mampu bekerja 25% lebih efektif dibandingkan generasi sebelumnya.

Dan agar nyaman digunakan, keyboard pada Huawei MateBook 14s punya travel key 1,5mm, plus tiga tingkatan kecerahan. Kapasitas baterainya sendiri cukup besar di 60Wh, diklaim mampu bertahan sampai 13 jam. Ketika habis, lewat fast charger 90W, mengisi dalam waktu 15 menit saja sudah bisa digunakan selama 3 jam. Charger tersebut dibuat kompatibel dengan smartphone dan tablet Huawei.

Saat ini, Huawei MateBook 14s sudah dapat dipesan di negara asalnya. Harga varian dasar dengan Core i5 dan penyimpanan 512GB dijual seharga CNY6,999, atau sekitar Rp15 jutaan. Harga yang sepadan untuk spesifikasi yang diusungnya, bisa menjadi alternatif MacBook Air M1 versi Windows.

Tinggalkan komen