Surface Laptop Studio Hadir dengan Opsi NVIDIA RTX 3050, Harga Mulai Rp22 Jutaan

Jakarta, Gizmologi – Dalam acara peluncuran produk terbaru yang diadakan oleh Microsoft, diperkenalkan delapan produk baru yang hadir untuk penuhi kebutuhan para konsumen yang berbeda-beda. Dari semuanya, Microsoft meluncurkan sebuah perangkat jenis baru, diberi nama Surface Laptop Studio. Sesuai namanya, perangkat ini punya peruntukan yang sangat multifungsi.

Dalam sebuah rilis pada situs resminya, disebutkan bila Surface Laptop Studio adalah perangkat paling powerful yang pernah Microsoft buah, hasil dari inovasi pada hinge, layar, prosesor dan lainnya dalam waktu pengembangan bertahun-tahun. Dirancang untuk terintegrasi dengan sistem operasi terbaru yaitu Windows 11, dengan mode penggunaan beragam.

Ada banyak sekali segmen pengguna yang disasar lewat laptop terbaik Microsoft satu ini. Mulai dari pengembang aplikasi, pekerja kreatif sampai pemain gim profesional. Dalam tayangan iklan singkat yang diputar saat peluncuran, Surface Laptop Studio memang terlihat hanya seperti laptop biasa. Situasi langsung berubah ketika layarnya bisa diputar ke depan dengan desain hinge yang tidak biasa.

Baca juga: Surface Pro 8 Tinggalkan USB-A Demi Thunderbolt 4, Punya Layar 120Hz

Layar Surface Laptop Studio Mendukung Tiga Mode Berbeda

Surface Laptop Studio

Tak seperti Surface Book yang layarnya bisa dilepas, seri terbaru ini memiliki hinge khusus “Dynamic Woven”, memungkinkan transisi yang seamless ke tiga mode penggunaan berbeda; Laptop mode, Stage mode (layar mendekat dan menutup keyboard), serta Studio mode dengan tampilan seperti tablet—cocok untuk penggunaan stylus.

Bawa teknologi layar PixelSense seperti pada Surface Pro 8, Surface Laptop Studio punya layar seluas 14,4 inci dengan resolusi 1600p dan refresh rate adaptif hingga 120Hz. Rasio 3:2 lebih cocok untuk multitasking, memiliki rasio kontras 1500:1 plus mendukung konten Dolby Vision.

Surface Laptop Studio

Perangkat ini juga tentunya kompatibel dengan stylus terbaru Microsoft Slim Pen 2, yang memiliki motor getar khusus untuk mereplikasi rasa menulis dengan pensil di atas kertas sesungguhnya. Ketika sedang tidak digunakan, stylus bisa tersimpan pada bagian bawah depan laptop, otomatis mengisi dayanya secara magnetik.

Surface Laptop Studio gunakan kombinasi material magnesium dan aluminum, dengan bobot di kisaran 1,8 kilogram plus ketebalan kurang dari 19mm. Disiapkan dua port Thunderbolt 4, jack audio serta port khusus untuk pengisian daya. Baterainya sendiri diklaim bisa sampai 19 jam, dapat diisi dengan charger 60W (atau 95W untuk varian i7).

Dilengkapi Empat Speaker dan Dua Mikrofon

Surface Laptop Studio

Ya, secara performa, konsumen diberikan dua opsi chipset dengan kartu grafis berbeda. Varian paling standar bakal jalankan prosesor Intel Core i5-11300H dengan GPU Intel Iris Xe. Sementara untuk varian Core i7-11370H, GPU-nya jauh lebih bertenaga, gunakan GeForce RTX 3050 Ti 4GB GDDR6 dari NVIDIA.

Diberikan opsi memori RAM sampai 32GB dan penyimpanan berjenis SSD (removable) sampai 2TB. Sementara untuk kebutuhan panggilan video, disiapkan kamera full HD, dua mikrofon yang punya kualitas setara studio rekaman, serta total empat speaker yang didukung oleh Dolby Atmos. Touchpad pada Surface Laptop Studio juga dilengkapi haptic motor khusus untuk penggunaan lebih natural dan presisi.

Membawa spesifikasi yang tinggi, maka wajar bila Surface Laptop Studio dibanderol cukup jauh lebih mahal. Varian termurahnya bakal dijual seharga USD1,599 (Rp22 jutaan), mulai tersedia pada awal Oktober 2021 mendatang.

Tinggalkan komen