alexa

Samsung Odyssey Neo G9, Monitor Gaming Premium dengan Panel Quantum Mini LED

Korea Selatan, Gizmologi – Tidak hanya fokus pada perangkat jenis smartphone saja, Samsung tak ingin melewatkan kesempatan untuk berikan perangkat terbaik bagi para gamer. Setelah sebelumnya hadirkan monitor gaming dengan layar lengkung premium, kini seri tersebut telah disempurnakan, lewat hadirnya Samsung Odyssey Neo G9.

Secara tampilan, memang masih terlihat identik dengan generasi sebelumnya alias Odyssey G9. Hal tersebut memang benar, karena Samsung berikan banyak peningkatan pada komponen internalnya. Yang bisa berikan tampilan jauh lebih mengesankan dari sebelumnya, Mulai dari reproduksi warna sampai tingkat kecerahannya.

Baca juga: Samsung Indonesia Boyong Galaxy Note 20 Ultra 5G Versi RAM 12GB, Harga Sama

Hyesung Ha, Senior VP of Visual Display Business, Samsung Electronics mengatakan bila pihaknya ingin menjawab tuntutan dan harapan para gamer yang paling tinggi sekalipun, dengan meluncurkan portofolio monitor gaming Odyssey yang inovatif tahun lalu. ”Dengan diperkenalkannya Samsung Odyssey Neo G9 dengan layar Quantum Mini LED, kami sangat antusias untuk menawarkan pengalaman gaming yang canggih kepada pelanggan kami, dan menunjukkan kepemimpinan berkelanjutan kami di pasar.”

Fitur Unggulan Monitor Samsung Odyssey Neo G9

Samsung Odyssey Neo G9

Tampil futuristik, Samsung Odyssey Neo G9 miliki lengkungan hingga kurvatur 1000R, gunakan bodi belakang berwarna putih dan dilengkapi efek lampu khusus. Dengan sistem Infinity Core Lightning+, ada 52 warna yang bisa dipilih, dengan 5 efek pencahayaan berbeda, bisa diatur lewat fitur CoreSync yang baru pada seri ini.

Dimensi layarnya sendiri mencapai 49 inci dengan rasio 32:9. Mudahnya, seperti dua layar 16:9 yang digabung menjadi satu, memiliki resolusi mencapai 5K, refresh rate 240Hz dan response time sangat minim di 1ms. Dan tentu saja, yang tingkatkan visual jauh lebih baik adalah penggunaan mini LED.

Samsung Odyssey Neo G9

Dibandingkan dengan LED reguler pada generasi sebelumnya, mini LED punya dimensi fisik 1/40 lebih kecil. Sehingga dari 10 dimming zones, kini Samsung Odyssey Neo G9 punya 2,048 dimming zones, bisa secara presisi berikan cahaya pada bagian layar yang memang dibutuhkan. Membuat rasio kontrasnya meningkat sampai 1.000.000:1.

Mendukung format 12-bit, layar Samsung Odyssey Neo G9 juga sudah mengantongi sertifikasi dari VDE (Verband Deutscher Elektrotechniker), berkat kecerahan layarnya yang bisa capai nilai maksimum 2,000 nits, lewat Quantum HDR 2000. Juga dari TUV Rheinland untuk jamin kesehatan mata dalam penggunaan waktu lama.

Harga Samsung Odyssey Neo G9 Capai Rp30 Jutaan

Samsung Odyssey Neo G9

Secara konektivitas, Samsung juga tingkatkan dukungan output lewat HDMI 2.1 VRR (variable refresh rate), selain DisplayPort 1.4 dan dukungan lain yang sudah ada sejak sebelumnya, sebut saja NVIDIA G-Sync dan AMD FreeSync Premium Pro. Dipastikan gim yang sedang berjalan, ditampilkan secara dinamis dan seamless dari layar monitor gaming Samsung terbaru ini.

Gunakan desain VESA 100×100, layar Samsung Odyssey Neo G9 bisa dinaik turunkan dan dimiringkan sesuai selera pandangan. Samsung juga sertakan fitur berbasis software untuk tingkatkan visual gim seperti Black Equalizer, Low Input Lag Mode, Refresh Rate Optimizer serta Super Arena Gaming UX.

Mengingat ini adalah monitor gaming pertama dari Samsung yang turunkan fitur Quantum LED dari TV Neo QLED mereka, maka harganya tentu premium. Konsumen bisa mendapatkannya dengan bujet USD2,500, alias sekitar Rp36 jutaan.

Monitor ini telah dijual lewat jalur pre-order di 17 negara pertama, sementara penjualan di Amerika Serikat baru dimulai pada 9 Agustus. Belum ada informasi terkait tanggal kehadirannya di Indonesia.

Tinggalkan komen