Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Belajar Lebih Maksimal Menggunakan Fitur Focus Mode

0 380

Selama masa pembelajaran jarak jauh (PJJ) masih berlangsung, mungkin kegiatan belajar secara daring bagi anak bakal terasa kurang maksimal. Karena situasinya yang berbeda—kalau berada di kelas dalam sekolah, mungkin bakal lebih fokus memerhatikan guru dan materi. Sementara kalau di rumah, bakal ada lebih banyak distraksi di sekitarnya.

Tak hanya distraksi sekitar, yang terbesar juga ada dari perangkat yang digunakan oleh anak atau pelajar sehari-hari. Yup, yaitu smartphone. Lagi ikut kelas daring, muncul notifikasi dari Instagram, Twitter atau WhatsApp. Dikit-dikit jadi ngecek, yang mengakibatkan proses PJJ jadi kurang maksimal. Nah, bagi mereka yang gunakan smartphone Samsung terbaru, ada solusinya kok.

Samsung menyediakan sebuah fitur khusus di dalam menu Digital Wellbeing, yaitu Focus Mode. Digital Wellbeing sendiri merupakan bagian fitur dari antarmuka One UI 2.0. Tak hanya di seri flagship, juga bisa diakses dari smartphone terjangkau termasuk Samsung Galaxy A series. Penasaran dengan manfaat dari fitur satu ini?

Bedanya Fitur Focus Mode dan Do Not Disturb

Samsung Galaxy A01 edukasiSebelum kita bahas lebih dalam, yang perlu Gizmo friends ketahui adalah fungsi utama dari Focus Mode itu sendiri. Dari namanya, mungkin kamu akan merasa fitur ini serupa Do Not Disturb yang hadir sejak lama. Namun keduanya berbeda—Do Not Disturb berfungsi untuk mematikan semua notifikasi. Bisa bantu proses belajar, tapi kalau ada notifikasi penting seperti telepon, pengguna tidak bakal mengetahuinya.

Nah, dengan Focus Mode, hal tersebut nggak bakal terjadi. Ditujukan supaya kita bisa lebih fokus bekerja maupun sekolah, fitur ini memungkinkan penggunanya untuk mengatur aplikasi apa saja yang bisa diakses selama diaktifkan. Aplikasi lainnya bakal tertampil abu-abu atau greyed out, dan kita tidak bisa mengaksesnya selama fitur Focus Mode sedang berjalan.

Cara Mengakses dan Aktifkan Focus Mode

focus mode samsung galaxy
Aplikasi dan game tidak bisa diakses selama fitur Focus Mode Samsung diaktifkan.

Ada dua pintasan utama yang bisa kita pilih untuk mengakses Focus Mode. Cara paring mudah adalah melalui pintasan cepat yang ada di bar notifikasi (notification bar) atas. Secara default, seharusnya opsi untuk akses Focus Mode bakal muncul di deretan pintasan. Kalau belum ada, tentu tinggal ditambahkan saja. Kalau sudah ada, tinggal tap, langsung aktif.

Cara kedua adalah dengan mengakses menu Settings, lalu scroll ke bawah sampai menemukan menu Digital Wellbeing. Di dalamnya, Focus Mode bakal tersedia dengan beberapa profil yang bisa kita pilih. Pilih salah satunya untuk mengaktifkan sesuai dengan kondisi. Untuk mematikan fitur Focus Mode, bisa kembali ke Digital Wellbeing, atau tinggal geser bar notifikasi di atas, dan tap notifikasi Focus Mode.

Ubah Profil Sesuai dengan Kebutuhan

Samsung Semangat Tetap SekolahDi dalam menu Digital Wellbeing, fitur Focus Mode umumnya bakal ditampilkan dengan dua profil awal; Work time dan Me time, lalu disisakan satu profil tambahan yang bisa kita buat. Nah, untuk pelajar, mereka bisa sesuaikan tiga pilihan ini dengan keperluan sehari-hari, dengan pilihan aplikasi berbeda-beda.

Misalnya, Work time bisa diubah namanya ke School time. Lalu untuk daftar aplikasinya, bisa di-edit atau ditambah dengan aplikasi yang perlu diakses. Sebut saja, aplikasi WhatsApp untuk notifikasi grup kelas, Google Chrome dan Microsoft Office untuk akses materi, Google Drive dan lainnya. Aplikasi media sosial dibiarkan tidak terpilih supaya tidak muncul sebagai distraksi.

Dua profil lain bisa diatur seperti “Homework time” atau “Me time”. Homework dimanfaatkan untuk waktu membuat tugas, dengan aplikasi seperti Spotify atau YouTube Music untuk temani anak mengerjakan tugasnya didampingi musik. Kalau Me time, bisa diberikan akses untuk game maupun aplikasi platform video streaming, supaya tidak terganggu notifikasi dari aplikasi lainnya.

Fitur ini juga bisa digabungkan dengan fitur lain yang ada di Digital Wellbeing, seperti app timers yang bisa beri batasan waktu aplikasi di smartphone. Focus Mode bisa diakses di jajaran smartphone yang paling murah dari Samsung sekalipun, seperti Samsung Galaxy A01 Core, Galaxy A01 dan Galaxy A11. Untuk orang tua maupun anak dan pelajar, bisa langsung memanfaatkan Focus Mode agar proses PJJ berjalan lebih efektif.


Disclaimer: artikel ini merupakan kerja sama dengan Samsung Indonesia