alexa

Samsung Galaxy Z Flip3 5G dengan IPX8, Bisa Basah-basahan Sambil Streaming!

Jakarta, Gizmologi — Ketika Samsung merilis dua smartphone layar lipat terbarunya pada awal Agustus lalu, Samsung Galaxy Z Flip3 5G hadir sebagai smartphone lipat paling stylish mereka dengan dimensi paling kompak. Perangkat yang satu ini dengan cepat menarik banyak perhatian, berkat tampilannya yang memang atraktif.

Baik dari banyak opsi varian warna yang ditawarkan, hingga pilihan aksesori warna-warni yang dapat disesuaikan dengan mood atau selera personal penggunanya. Seolah menunjukkan bila perangkat foldable tak harus tampil kaku, namun juga bisa dikustomisasi agar lebih terlihat muda dan stylish.

Namun kehadiran Galaxy Z Flip3 5G mungkin diikuti dengan pertanyaan terkait daya tahannya secara keseluruhan. Tak perlu takut rentan, smartphone ini jadi salah satu perangkat foldable yang pertama di dunia (selain saudaranya sendiri, Galaxy Z Fold3 5G) dengan sertifikasi tahan air IPX8!

Dengan begitu, kamu bebas membuat konten seperti live streaming ataupun video conference dengan teman-teman di berbagai suasana. Misalnya dengan meletakkan Galaxy Z Flip3 5G dalam Flex Mode selama di pinggiran kolam renang, tanpa khawatir perangkat bakal rusak saat sesekali terkena cipratan air. Penasaran dengan bagaimana Samsung bisa berikan perlindungan ekstra? Berikut penjelasannya.

Perlindungan Khusus di Bagian Luar

Galaxy Z Flip3 5G

Secara khusus, Samsung merilis sebuah video penjelasan terkait bagaimana Galaxy Z Flip3 5G dirancang lebih kokoh serta tahan air. Kang Jongmin, Product Mechanical R&D Group, Samsung Electronics mengatakan bila sertifikasi IPX8 membuatnya tahan air hingga kedalaman 1,5 meter dalam waktu 30 menit.

Bila smartphone konvensional hanya terdiri dari satu bagian, foldable memiliki dua bagian utama, yaitu bodi atas dan bawah. Masing-masing harus dibuat tahan air, sehingga Samsung berikan proteksi mulai dari celah lubang terluar, seperti mikrofon, port USB-C, speaker serta sensor sidik jari yang ada di sebelah kanan bodi.

Dengan bodi yang tipis, Samsung harus sediakan ruang untuk modul khusus, berikan perlindungan agar air yang masuk dari celah sensor tersebut tak masuk ke bagian dalam. Yang lebih kompleks, tentu saja ada pada bagian hinge atau engsel yang menyambungkan kedua bagian bodi smartphone layar lipat satu ini.

Gunakan Pelumas Khusus di Bagian Engsel

Galaxy Z Flip3 5G

Untuk proteksi yang lebih kokoh, material pada bingkai (frame) serta engsel terluar dirancang menggunakan Armor Aluminum, telah diuji dan lebih kuat dari aluminum seri 7000 standar. Namun tentu saja, ada celah di mana air bisa masuk ke bagian dalam.

Menjawab kemungkinan yang dapat terjadi, solusi yang dihadirkan Samsung adalah dengan melapisi komponen-komponen hingga yang terkecil pada bagian ini dengan pelumas khusus, melindunginya dari air yang masuk. Samsung bahkan telah mengujinya dengan minuman bersoda, walaupun sertifikasi IPX8 tidak termasuk cairan tersebut—hanya sebagai keperluan pengujian saja.

Lantas bagaimana dengan perlindungan kabel yang menghubungkan antara kedua bagian bodi? Circuit board pada perangkat ini dirancang fleksibel, sehingga Samsung harus gunakan solusi esktra aman. Digunakanlah jenis gasket khusus, CIPG (cured-in-place gaskets). Gasket jenis ini cukup unik, berbentuk cairan, namun bakal menjadi solid ketika terkena udara.

Selain air, mekanisme engsel pada Galaxy Z Flip3 5G juga bakal terlindung dari debu, berkat sebuah set yang terdiri dari sikat nilon, memiliki lebar kurang dari 1mm. Dan tentunya, material aluminum yang digunakan juga telah dirancang bebas korosi. Jadi aman meski terpapar air selama penggunaan jangka panjang.

Perekat Dua Sisi Khusus Bagian Layar

Galaxy Z Flip3 5G

Selain komponen internal yang dirancang fleksibel, bagian layar di dalam juga dibuat sama agar bisa terlipat dan terbuka. Bagian layar juga perlu terlindung dari cipratan air secara aman, mengingat ketika tertutup, masih ada gap (jarak) pada bagian layar internalnya.

Tak bisa gunakan perekat biasa, Samsung menggunakan pressure-sensitive adhesive. Jenis ini memungkinkan air untuk terus mengalir dari dua bagian layar ke bagian tengah atau hinge, yang juga sudah diberikan proteksi khusus.

Sementara pada bagian dalam bodi juga ada beberapa lubang yang harus ditutup oleh perekat, sebelum tersambung dengan layar. Inovasi Samsung berikutnya adalah dengan menyematkan perekat dua sisi yang lebih tebal, memungkinkan layar bisa bergeser sedikit saat dibuka atau ditutup.

Solusi yang kompleks dan menyeluruh dihadirkan oleh Samsung demi membuat Galaxy Z Flip3 5G tahan air, supaya konsumen bisa menciptakan konten dengan lebih leluasa pada kondisi yang beragam.

Selain proteksi Armor Aluminum & IPX8, beragam peningkatan lainnya juga turut hadir pada smartphone lipat terbaru Samsung satu ini. Mulai dari Cover Screen yang kini 4x lebih besar di 1,9 inci, layar Dynamic AMOLED 2X yang mendukung refresh rate 120Hz, speaker stereo serta penggunaan chipset Qualcomm Snapdragon 888.

Sudah mendukung 5G, Galaxy Z Flip3 5G sudah bisa dipesan melalui sistem pre-order, dengan harga Rp14,999 juta & Rp15,999 juta untuk masing-masing dengan kapasitas penyimpanan 128GB & 256GB.

Lewat situs www.galaxylaunchpack.com, Gizmo friends bisa mendapatkan ragam penawaran menarik. Seperti gratis 1 tahun perlindungan Samsung Care+ senilai Rp2,739 juta, e-voucher Rp1 juta yang bisa digunakan untuk pembelian aksesori Samsung lainnya, serta cashback Rp1 juta dari bank tertentu.


Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama dengan Samsung Electronics Indonesia

Tinggalkan komen