Samsung Galaxy Z Flip3 5G Punya Layar Lebih Besar, Harga Lebih Murah

Seoul, Gizmologi – Dalam acara peluncuran Galaxy Unpacked yang diadakan sepenuhnya secara daring, Samsung memperkenalkan dua produk smartphone layar lipat terbarunya secara bersamaan. Hadir sebagai opsi yang lebih kompak, Samsung Galaxy Z Flip3 5G melewati angka dua berkat banyaknya peningkatan yang dibawa.

Dirancang lebih ikonik, Galaxy Z Flip3 5G adalah smartphone lipat terbaru Samsung yang dirancang lebih personal, langsung terlihat dari tampilan luarnya yang dirancang lebih sleek, compact dan pocketable alias mudah masuk ke kantong pengguna. Harganya pun lebih ramah kantong, tak lagi melebihi Rp20 juta seperti seri pertamanya.

Baca juga: Samsung Galaxy Z Fold3 5G Diresmikan, Harga Mulai Rp24 Jutaan 

Seberapa kecil dimensi dari Galaxy Z Flip3 5G? Ketika dilipat, dimensinya hanya 72,2 x 86,4mm saja, dengan ketebalan sekitar 16mm. Saat dibuka, ketebalannya menjadi hanya 6,9mm, dengan bobot yang masih sama persis di 183 gram.

Galaxy Z Flip3 5G Lebih Kokoh & Warna-Warni

Galaxy Z Flip3 5G

Padahal, daya tahannya jauh meningkat dari seri sebelumnya. Sama seperti Galaxy Z Fold3 5G, bodi luarnya terbuat dari kaca berlapis Gorilla Glass Victus, dengan bingkai atau frame Armor Aluminum. Dan tentunya, tahan air dengan standar sertifikasi IP68. Hadir dalam total 7 warna; Cream, Green, Lavender, Phantom Black, Gray, White dan Pink.

Dari tampilan luarnya, terlihat fitur unggulan yang dibawa pada smartphone lipat terbaru Samsung satu ini. Dirancang dua warna, bagian warna hitamnya membawa dua sensor kamera utama, serta layar luar atau Cover Screen yang dirancang empat kali lebih besar. Dimensinya kini mencapai 1,9 inci, gunakan panel Super AMOLED dengan kerapatan 302ppi.

Dengan layar besar, pengguna bisa berinteraksi dengan notifikasi yang masuk, menggunakannya sebagai viewfinder kamera tanpa harus buka lipatan layar utama, maupun personalisasi tampilannya. Pilihan jam dibuat sama seperti Galaxy Watch4 series, agar bisa lebih serasi. Plus aksesoris yang sangat kaya pilihan warna.

Bawa Dua Kamera dengan Gorilla Glass DX

Galaxy Z Flip3 5G

Untuk layar bagian dalamnya sendiri, kurang lebih masih sama seperti generasi sebelumnya. dengan bentang 6,7 inci, resolusinya full HD+, dan kini sudah mendukung refresh rate 120Hz. Kamera depannya sendiri masih berjenis punch-hole, dengan resolusi 10MP f/2.4.

Sementara di bagian belakang atau cover, terdapat dua sensor kamera tanpa sensor telefoto. Sama-sama beresolusi 12MP, sensor utama mendukung Dual Pixel AF dan OIS, sementara sensor ultra wide-angle punya diafragma f/2.2. Keduanya gunakan material kaca Gorilla Glass DX untuk penangkapan cahaya lebih optimal.

Bagian baterainya pun belum mengalami peningkatan, punya kapasitas 3,300 mAh dan mendukung hanya 15W fast charging, ketika smartphone flagship mainstream lainnya sudah mendukung 20 – 65W. Mungkin karena dimensi serta teknologi baterai ganda yang diusungnya. Setidaknya, performa termasuk bagian yang diperbarui.

Galaxy Z Flip3 5G Lebih Bertenaga

Galaxy Z Flip3 5G

Gunakan chipset Snapdragon 888, Galaxy Z Flip3 5G harusnya lebih kencang sekaligus hemat daya. Kapasitas RAM-nya mencapai 8GB, dengan opsi penyimpanan 128.256GB berjenis UFS 3.1. Mendukung jaringan 5G mmWave dan Sub6.

Flex Mode pada Galaxy Z Flip3 5G juga ditingkatkan, mendukung lebih banyak aplikasi untuk memanfaatkan dua bagian layarnya ketika terbuka 90 derajat atau sudut lainnya. Merekam video tak perlu menggunakan alat bantu berkat mekanisme layar lipatnya yang fleksibel.

Speaker-nya kini juga dibuat stereo, didukung dengan Dolby Atmos. Dan semua peningkatan yang dibawa, hadir dengan banderol harga jauh lebih murah dari generasi sebelumnya.

Sebagai pengingat, Galaxy Z Flip pertama kali hadir di Indonesia pada Maret 2020 lalu, dengan harga Rp21 jutaan. Lalu berapa harga Galaxy Z Flip3 5G? Di Indonesia, bakal dijual seharga Rp14,999 juta & Rp15,999 juta, untuk masing-masing opsi memori 128GB & 256GB.

Harganya kini tak lagi melebihi seri termahal Galaxy S maupun Galaxy Note, sehingga bakal lebih banyak konsumen yang bisa merasakan pengalaman smartphone layar lipat. Pre-ordernya sudah bisa dilakukan bersamaan dengan peluncurannya, lewat situs Galaxy Launch Pack.

Tinggalkan komen