Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Panasonic Lumix S5, Full-frame Mirrorless Terbaru yang Lebih Kompak

0 3.981

Panasonic telah merilis beberapa seri kamera full frame sebelumnya. Memiliki banderol harga premium, tiga kamera Lumix S yang telah tersedia utamanya ditujukan untuk para kaum profesional. Namun pekan lalu, perusahaan yang berdiri sejak tahun 1918 tersebut merilis seri baru, Lumix S5 yang hadir lebih terjangkau.

Jika dibandingkan dengan Lumix S1/S1H, Panasonic Lumix S5 hadir lebih ringan, lebih kecil dan tentunya lebih murah, namun juga cukup versatile. Dengan sensor yang sama seperti dua seri lainnya, Panasonic mentargetkan kamera ini sebagai kamera hybrid, cocok bagi mereka yang senang membuat konten foto maupun video praktis lewat satu perangkat.

Secara dimensi, Lumix S5 bahkan juga lebih kecil dari seri Micro Four Third, GH5. Meski begitu, bodinya tetap terbuat dari magnesium alloy, dan dibuat tahan dari kondisi berbagai cuaca. Di dalamnya, kamera ini menggunakan sensor full frame 24 Megapiksel layaknya Lumix S1, menggunakan sistem fokus yang juga serupa dengan contrast AF.

Baca juga: Saingi Sony ZV-1, Panasonic Lumix G100 Dibuat Khusus untuk Vlogger

Keunggulan Panasonic Lumix S5

Panasonic Lumix S5

Panasonic mengklaim jika bodi Lumix S5 dapat bekerja hingga 480fps jika dipasangkan dengan lensa Lumix S, untuk mencapai kecepatan fokus tinggi, sesingkatnya han ya 0,08 detik saja. Lewat seri ini, Panasonic memperkenalkan teknologi deep learning yang memungkinkan kamera memiliki fitur real time detection untuk beberapa tipe subyek.

Secara responsif, Lumix S5 akan dapat mengenali jenis dan bagian dari manusia seperti mata, wajah, kepala hingga badan, yang kemudian dapat men-track fokus walaupun subyek bergerak cepat, berbalik badan atau menjauh dari frame. Untuk sistem stabilisasi, sudah in-body dan mendukung OIS berbasis lensa, yang jika dikombinasikan mampu mereduksi getaran hingga 6,5 kali.

Butuh menghasilkan foto beresolusi tinggi? Terdapat sebuah sistem yang bisa dimanfaatkan untuk ambil foto hingga 96 Megapiksel lewat mode High Resolution. Panasonic Lumix S5 akan dapat menggabungkan 8 foto yang diambil serentak, mengambil data dari hasil foto format JPEG dan RAW sekaligus.

Juga ada mode khusus, Live Composite untuk mengambil foto seperti pentas kembang api atau foto kondisi malam lainnya, dimana kamera akan ambil foto long exposure namun tanpa membuat latar foto terlalu terang. Baterai 2,200 mAh di dalamnya mampu digunakan untuk ambil 470 foto (atau 1,500 lewat mode hemat daya), dan dapat diisi secara mudah melalui port USB-C.

Lalu bagaimana untuk kemampuan perekaman videonya? Lumix S5 juga miliki kemampuan yang impresif, mampu menangkap video format 4K 60p/50p 4:2:0 dalam format 10-bit secara internal. Juga ada opsi lain yaitu 4K 30p/35p 4:2:2 dan 4K 30p 4:2:8 8-bit—untuk yang kedua, kamera ini mampu rekam tanpa limit video, berkat teknologi penyebar panas yang optimal.

Lumix S5 juga mengusung teknologi Dual ISO, yang mampu mengontrol tingkatan noise ketika digunakan dalam ISO yang tinggi, maksimal hingga 51,200. Dengan pembaruan firmware yang hadir di akhir tahun, kamera ini akan miliki peningkatan fitur seperti perekaman C4K serta format Anamorphic 3.5K 50p.

Harga Panasonic Lumix S5

Lumix S5

Kamer ini bakal dijual secara global mulai pertengahan September 2020 ini. Harganya? USD1,999 (Rp29 jutaan) untuk body only dan USD2,299 (Rp33 jutaan) dengan lensa kit Lumix S 20-60mm f/3.5-5.6.

Kurang lebih, Panasonic Lumix S5 hadir kisaran Rp7 juta lebih murah dari seri Lumix S1. Namun tetap hadir dengan fitur foto dan video yang mumpuni, ditambah dengan bodinya yang lebih ringan dan kompak. Membuat kamera ini cocok untuk lebih banyak kreator konten baik foto maupun video.