Apple AirTag Resmi Dijual di Indonesia, Pelacak Barang Harga Rp449 Ribu

Sepanjang tahun 2021, vendor elektronik asal Cupertino, Apple telah merilis beberapa perangkat terbarunya. Mulai dari yang berdimensi besar seperti iMac, hingga yang terkecil sekalipun. Sebuah aksesoris jenis baru dari Apple, yaitu Apple AirTag. Hadir sebagai tracker atau pelacak benda penting untuk konsumen.

Perangkat yang rumornya sudah ada sejak lama ini memang cukup dinantikan kehadirannya—terutama bagi mereka yang pelupa. Apple AirTag hadir untuk bersaing dengan tracker lainnya seperti milik Tile atau Samsung dengan SmartTag. Dimensi kurang lebih sama, begitu pula dengan cara kerja dan harganya. Memiliki fungsi dasar yang sama pula.

Baca juga: Apple AirTag, Perangkat Mungil Pelacak Benda Penting

Nah, bagi konsumen di Tanah Air yang telah menantikan kehadiran perangkat Apple terkecil, Apple AirTag kini sudah bisa dibeli secara resmi. Tentunya melalui salah satu retailer resmi di Indonesia. Salah satunya adalah iBox Indonesia, di mana mereka menjual Bluetooth tracker ini dalam beragam varian dan paket khusus, sesuai situs resmi Apple.

Apple AirTag Dijual dalam Jumlah Satuan & Paket

Apple AirTag

Saat ini, Apple AirTag sudah bisa ditemukan pada situs resmi iBox Indonesia. Dalam sebuah halaman khusus, produk tersebut dijual secara individu, termasuk dalam bentuk paket dengan empat unit sekaligus atau “4 Pack”. Namun ketika diakses hari ini (12/7), opsi kedua sudah tidak tersedia, alias stok habis.

Harganya? Apple AirTag dibanderol seharga resmi seharga Rp449 ribu, sesuai dengan harga peluncurannya yaitu USD29. Sementara untuk opsi 4 Pack, dijual di Rp1,499 juta. Ya, tentunya menjadi lebih murah setiap unitnya, menjadi sekitar Rp370 ribuan saja.

Selain unitnya sendiri, iBox juga menjual aksesoris resminya. Ada tiga jenis yang ditawarkan; AirTag Loop (Rp499 ribu), AirTag Leather Loop (Rp649 ribu) dan AirTag Leather Key Ring (Rp599 ribu). Perbedaan harga bergantung dari material yang digunakan, serta bentuknya sendiri, di mana Key Ring lebih mirip seperti gantungan kunci pada umumnya.

iBox Indonesia juga sedang mengadakan promo khusus, berlangsung sejak tanggal 10 hingga 31 Juli 2021. Untuk pembeli yang melakukan registrasi, diberikan promo gratis ongkos kirim. Sementara untuk pembelian AirTag, ada potongan Rp100 ribu untuk aksesoris tambahannya. Ya, harga aksesoris belum termasuk unit Apple AirTag ya.

Fitur Precision Finding Menjadi Unggulan Apple AirTag

Apple AirTag

Apple AirTag hadir dengan fitur yang serupa Bluetooth tracker lain. Namun dengan satu keunggulan yang menarik; dilengkapi dengan cip Ultra wide-band atau U1. Cip tersebut berfungsi mirip seperti sensor GPS, juga tersedia pada iPhone terbaru sejak iPhone 11 series. Apa fungsinya?

Digabungkan dengan aplikasi Find My, U1 memiliki teknologi Precision Finding. Teknologi tersebut gabungkan input dari kamera, ARkit, akselerometer hingga giroskop. Gunanya adalah untuk berikan petunjuk ke lokasi barang (AirTag) secara lebih presisi.

Apple AirTag

Nantinya, bila AirTag hilang di suatu lokasi, cip U1 bisa berkomunikasi satu sama lain. Dalam artian, bila lokasi perangkat hilang sejauh 10 kilometer sekalipun, bakal bisa tetap ditemukan apabila di area tersebut ada pengguna iPhone 11. Sambunganya terenkripsi, dan hanya pemilik Apple AirTag tersebut saja yang bisa menemukannya.

Sayangnya, saat ini cip U1 pada iPhone dan Apple AirTag belum bisa diaktifkan, akibat regulasi yang belum tersedia. Semoga dengan kehadiran resminya, nantinya bisa diaktifkan agar fitur pencarian bisa bekerja maksimal.

Tinggalkan komen