alexa

GPU AMD Radeon PRO W6000X Rilis Untuk Mac Pro, Gunakan Arsitektur RDNA 2

California, Gizmologi – Berbeda dengan aksesori tambahan eksternal seperti keyboard dan mouse, perangkat keras internal yang dapat ditambahkan ke dalam sebuah perangkat desktop dirancang secara spesifik untuk tiap perangkat. Termasuk untuk Mac Pro yang tentunya memiliki ekosistem berbeda dari desktop PC. Untuk itu, AMD Radeon PRO W6000X series dirilis pekan lalu.

Ya, ini adalah kartu grafis terbaru dari AMD yang telah dibangun menggunakan arsitektur AMD RDNA 2 yang inovatif. Dengan tampilan visual yang makin kompleks saat ini, perangkat desktop membutuhkan tenaga lebih tinggi termasuk dalam pengolahan grafisnya. AMD Radeon PRO W6000X adalah solusi terbaru bagi para kreator dan profesional yang bekerja dalam ekosistem Apple.

Baca juga: AMD FidelityFX Mampu Tingkatkan Kualitas Grafis Game Xbox X|S

Dirilis dalam tiga seri berbeda, jajaran GPU AMD terbaru ini diklaim hadirkan performa dan ketajaman visual luar biasa dan bawa peningkatan jauh dari seri sebelumnya. Mampu mendukung berbagai macam aplikasi dan beban kerja profesional. Termasuk rendering 3D, video 8K dan banyak lainnya.

AMD Radeon PRO W6000X Series Dirancang Efisien & Powerful

AMD Radeon PRO W6000X

Dalam sebuah rilis yang diterima Gizmologi (5/8), Corporate VP & GM, Graphics Business Unit AMD, Scott Herkelman mengatakan, “kami mengembangkan kartu grafis AMD Radeon PRO W6000X series untuk melepaskan kreativitas profesional dan membantu mereka mewujudkan proyek yang lebih kompleks dan komputasi intensif, mulai dari menganimasikan aset film 3D ke komposisi adegan 8K, hingga pengembangan game.”

Scott menambahkan, GPU terbaru ini dikemas dengan efisiensi energi tinggi, unit komputasi yang ditingkatkan serta saluran visual baru. “Memungkinkan pengguna Mac Pro untuk melakukan lebih banyak waktu yang lebih singkat di berbagai aplikasi pro,” tambahnya.

AMD Radeon PRO W6000X

Ditawarkan beberapa kemampuan utama dari seri GPU AMD Radeon PRO W6000X terbaru ini. Sama seperti prosesor Ryzen terbaru, GPU yang dirancang khusus untuk Mac Pro ini juga telah menggunakan arsitektur AMD RDNA 2 yang sudah menangkan beragam penghargaan. Berkat proses fabrikasi 7nm yang efisien sembari tingkatkan olah grafis.

Varian memori yang digunakan juga sudah GDDR6 berkecepatan tinggi, mendukung aplikasi profesional dengan aliran data intensif. Plus dua teknologi lain seperti AMD Infinity Cache hingga 256MB yang terintegrasi untuk kurangi latensi, serta AMD Infinity Fabric yang sediakan bandwidth tinggi serta koneksi langsung antara kartu grafis dengan CPU.

Memungkinkan Setup Quad GPU Untuk Mac Pro

AMD Radeon PRO W6000X

Terdapat tiga varian AMD Radeon PRO W6000X yang ditawarkan. Varian paling standar adalah AMD Radeon PRO W6800X, yang bila dibandingkan dengan Radeon PRO W5700X, punya performa dua kali lebih tinggi hingga 32 Teraflops (vs 18,9 Teraflops). Juga setara dengan varian W6800 biasa, hanya saja punya clockspeed sedikit lebih rendah, menyesuaikan arsitektur Apple.

Varian kedua, AMD Radeon PRO W6900X jadi penawaran kelas menengah, dengan 80CU dan 5120 stream processors. Kapasitas memorinya masih sama di 32GB GDDR6, dengan Infinity Cache 128MB dan 256-bit wide bus. Lalu tier paling tinggi, AMD Radeon PRO W6800X Duo jadi penawaran yang paling kencang dalam seri terbaru kali ini.

Sesuai namanya, ini adalah GPU dengan dua seri W6800X yang digabung menjadi satu, membawa performa dua kali lipat lebih tinggi dengan memori 64GB GDDR6. Arsitektur Mac Pro sendiri memungkinkan penggunanya untuk gunakan dua modul GPU MPX. Sehingga secara teknis, bisa dimaksimalkan sampai Quad-GPU lewat AMD Radeon PRO W6000X varian tertinggi ini.

Untuk merancang sebuah Mac Pro dengan GPU ini, diperlukan biaya yang cukup mahal, mengingat performa yang benar-benar kencang. Opsi Radeon W6800X bakal menambah biaya hingga USD2,400 (Rp34 jutaan), sementara tier tertinggi, W6800X Duo bisa mencapai USD4,600 (Rp66 jutaan).

Tinggalkan komen