alexa
Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

AMD FidelityFX Mampu Tingkatkan Kualitas Grafis Game Xbox X|S

Microsoft akhirnya akan segera menggunakan teknologi grafis AMD FidelityFX pada konsol Xbox X|S milik mereka. Teknologi grafis milik AMD tersebut akan menjadi jawaban pada kebutuhan grafis resolusi tinggi yang dicari para gamer. Sementara untuk developer, keberadaan fitur teknologi tersebut dapat membantu mereka mempersiapkan opsi dalam resolusi dalam game yang dibuat.

Penerapan teknologi FidelityFX pada konsol dapat memberi keuntungan pada Microsoft. Teknologi ini merekayasa kualitas grafis menjadi lebih baik tanpa perlu mendorong kinerja mesin konsol habis-habisan. Atau dengan kata lain dikenal sebagai teknologi resolusi upscaling. Dimana peningkatan performa pada game dapat mencapai resolusi tertinggi, misalnya pada tingkat resolusi 4K, 3840×2160 piksel bahkan lebih.

Dikutip dari IGN, juru bicara Microsoft antusias mengaplikasikan AMD FidelityFX pada perangkat mereka. “Di Xbox, kami sangat senang dengan potensi teknologi resolusi super pada AMD FidelityFX sebagai cara lain untuk meningkatkan framerates dan resolusi,” ujarnya. Microsoft sendiri belum memberi kepastian tentang implementasinya dan masih akan memberi banyak informasi baru terkait hal ini.

Teknologi grafis milik AMD ini nantinya akan jadi bagian dari development kits yang diberikan oleh Microsoft kepada para developer game di Xbox X|S. Sehingga memungkinkan developer untuk memanfaatkan optimisasi AMD FidelityFX berbasis platform. Yang akhirnya mampu menghadirkan dukungan pada fitur resolusi super di dalamnya.

Baca juga: PUBG LABS Sajikan Mode Racing Bergaya Death Race!

AMD FidelityFX Tawarkan Empat Mode di PC

amd fidelityfx
Gambaran kualitas grafis saat teknologi FidelityFX diaplikasikan dalam game.

Dukungan AMD terhadap perangkat konsol Xbox X|S wajar dilakukan. Mengingat Microsoft memanfaatkan hardware AMD sebagai bagian dari konsol mereka. Dan kenyataan bahwa konfigurasi konsol tidak dapat dimodifikasi seperti halnya PC maupun laptop. Maka peningkatan lewat jalan pengembangan game jadi lebih masuk akal.

Sementara untuk kelas PC yang memang bersifat terbuka. Teknologi ini mampu menyajikan hingga empat mode grafis, yakni: ultra-quality, quality, balanced, dan performance. AMD memberi klaim bahwa meski digunakan pada mode ultra-quality, kemampuan render frame-nya tetap mampu mencapai angka native saat ini (umumnya pada resolusi 4K). Dan mampu meningkatkan performa hingga 60%. Meski dalam kasus performa gaming, akan sangat bergantung pada engine yang digunakan para developer.

Saat ini, teknologi grafis tersebut sudah dapat dinikmati oleh gamer PC. Meski untuk penikmat konsol Xbox belum diketahui kapan tepatnya pengaplikasian teknologi grafis ini dilakukan. Sementara itu Playstation 5 sebagai pesaing Xbox X|S, sebenarnya memiliki basis hardware AMD yang sama. Dengan kata lain mampu mendukung berjalannya teknologi ini pada perangkat tersebut. Tentu akan menarik melihat persaingan dua konsol dalam aspek kualitas visual ini.

Tinggalkan komen