Gizmologi
The Bilingual Tech Media

Perusahaan Swiss Kembangkan Aplikasi Drone untuk Inspeksi Menara

Menara telekomunikasi yang tinggi dan jauh terkadang membuat pengelolanya membutuhkan biaya yang besar untuk memeriksa kondisinya. Belum lagi resiko kecelakaan jika masih menggunakan tenaga manusia. Baru-baru ini sebuah perusahaan di Swiss telah mengembangkan aplikasi drone inspeksi menara telekomunikasi agar mengetahui kondisi bangunan bisa jauh lebih hemat dan pastinya aman.

Aplikasi drone inspeksi menara ini dibuat oleh Drone Harmony di Luzern, Swiss. Nama aplikasi drone inspeksi menara ini adalah Cell Tower Scan, sebuah aplikasi penangkap gambar otomatis berbasis Android. Aplikasi ini menggunakan kerangka kerja perencanaan UAV perusahaan tersebut yang memungkinkannya melengkapi pemeriksaan menara telekomunikasi antara 5 dan 10 menit via drone berbentuk helikopter bersegi empat.

Kerangka kerja tersebut meliputi alur kerja yang terfokus pada tempat yang akan diamati, lingkungan perencanaan berbentuk tiga dimensi penuh dan cara menghindari adanya gangguan saat beroperasi, tulis dronelife.com.

Contoh lain drone untuk mengecek menara. Foto oleh insideunmannedsystems.com

Kepala Ahli Drone Harmony David Adjiashvili mengatakan,”Singkatnya, kami memungkinkan pilot memperoleh data bermutu yang diperlukan untuk melakukan tugasnya. Rencana terbang dalam Drone Harmony dilakukan secara otomatis dan disesuaikan dengan model 3D secara garis besar untuk menara yang akan diiinspeksi.”

Menurutnya, model bisa secara gampang dibuat dengan menggunakan aplikasi melalui fitur yang sederhana. Gangguan juga bisa dimasukkan ke dalam model agar hambatan tersebut tidak muncul saat operasi, katanya.

“Setiap langkah dari perumusan prosedur yang sederhana ini divisualisasikan dalam 3D, sehingga kecil adanya ketidakpastian, atau ruang kesalahan tercipta. Pada akhirnya, aplikasi ini yang menjalankan drone ini secara otomatis,” tambah David.

Penyedia geospasial iGlobe Group tengah mengetes aplikasi drone inspeksi menara ini dan berhasil mengurangi waktu inspeksi mulai dari 19 hingga delapan jam.

“Dengan sebuah drone, kita bisa mungkin menangkap gambar pada menara dengan resolusi ultra tinggi dari semua sudut,” kata David. Ia menambahkan data ini nantinya bisa dimasukkan ke dalam perangkat lunak fotogrametri untuk menghasilkan model digital menara telekomunikasi yang bisa menjadi dasar untuk inspeksi berikutnya yang jauh lebih lengkap dan mendalam.

Drone Harmony bekerja dengan beberapa mitra bisnis dalam hal otomatisasi cara kerja drone untuk memecahkan kasus sektor industri, termasuk tim Modeling Realitas Bentley System, SiteSee (AUS), iGoble Group (RSA) dan VertSpec (AS).

Baca juga: Dragon Drone Bisa Berubah Bentuk Tergantung Ruang Navigasi

“Dengan 5G sebagai standar berikutnya di industri yang memicu tingginya jumlah lokasi menara telekomunikasi, penggunaan aplikasi ini akan meningkat, jadi waktu penggarapan aplikasi drone inspeksi menara ini sangat tepat,” katanya.

 

%d blogger menyukai ini: