Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Dragon Drone Bisa Berubah Bentuk Tergantung Ruang Navigasi

Biasanya kita hanya mengenal bentuk drone yang itu-itu saja, hanya beda ukuran. Kali ini ilmuwan pada Lab JSK Universitas Tokyo berhasil mengembangkan dragon drone yang bisa berubah bentuk tergantung jenis ruang yang diperlukan bagi drone ini untuk bernavigasi.

Sebagaimana dilaporkan oleh The Verge dari sumber aslinya, IEEE, dragon drone ini terdiri dari beberapa drone kecil yang bisa bertransformasi saat di udara, seperti menjadi bentuk garis lengkungan atau bentuk kotak.

Kata “dragon” sendiri sebenarnya singkatan dari “Dual-rotor embedded multilink Robot with the Ability of multi-deGree-of-freedom aerial transformatiON” yang dalam bahasa Indonesia diterjemahkan menjadi “Baling-baling ganda yang mengandung Robot multilink dengan kemampuan transformasi udara bebas multi derajat”. Desain dragon drone ini tampak seperti layang-layang bentuk ular naga dimana ekornya terdiri dari serangkaian layang-layang ukuran lebih kecil dan terkait satu sama lain.

Drone kecil ditenagai oleh sepasang ventilasi kipas yang bisa disesuaikan menjadi daya dorong vektor pada hampir seluruh arah kemana pun diperlukan. Kesemuanya ini ditenagai oleh peralatan Intel Euclid dan berkat paket baterai yang ada di badan drone yang memungkinkannya bisa terbang hingga tiga menit.

Drone ini memang tampak seperti ular naga. Foto oleh Lab JSK, Universitas Tokyo
Related Posts
1 daripada 14

Para kreator dragon drone melihat fungsi yang lebih besar dari buatannya ini dari sekadar bisa melakukan navigasi untuk ruang ukuran kecil. Menurut pihak Lab JSK ini, dragon drone bisa mempunyai hingga 12 modul dan dapat beroperasi seperti tangan terbang – berinteraksi, bergerak dan memanipulasi obyek hingga bahkan bisa mengambil benda memakai dua buntut drone tersebut,seperti penjepit.

Baca juga: AT&T dan Verizon Siapkan Drone Penyedia Sinyal Darurat untuk Daerah Terkena Bencana Alam

Untuk saat ini, penggunaan sesungguhnya dragon drone masih belum ada tetapi teknologi di baliknya sangat mengagumkan. Dragon drone bisa dipakai pada industri navigasi atau untuk membantu dalam skenario pencarian dan penyelamatan.

Moju Zhao, asisten profesor University Tokyo, berkata pada Digital Trends, bahwa upaya laboratorium tersebut masih belum rampung. “Kami akan berlanjut merancang model “banyak kaki” dengan modul mendasar kami agar robot nantinya tak hanya bisa terbang tetapi juga berjalan di atas tanah. Hal ini akan membantu mengefisiensikan energi,” katanya.

“Mimpi utama kami adalah bisa membuat benda berbentuk manusia yang bisa terbang (humanoid), seperti Iron Man tak berawak,” kata Moju.