Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Canon EOS R6, Kamera Mirrorles Full-Frame Harga Mulai Rp47 Jutaan

0 507

Sekarang eranya memang kamera mirrorless. Bahkan produsen yang besar dari DSLR seperti Canon pun makin produktif merilis seri mirroless. Dua minggu yang lalu, Canon merilis produk terburunya seri EOS R6 di pasar global. Tak butuh waktu lama, Canon EOS R6 kini sudah tersedia di pasar Indonesia, bersamaan dengan seri EOS R5.

Datascrip yang merupakan distributor tunggal Canon menghadirkan kamera mirrorless full-frame terbarunya tersebut yang berada di jajaran EOS R. Merry Harun, Canon Business Unit Director, pt. Datascrip, mengatakan pihaknya percaya bahwa kehadiran Canon EOS R6 ini akan membuka ruang kreativitas baru bagi para pencinta fotografi dan videografi di tanah air.

Kamera superior ini dirancang khusus untuk menghadirkan pengalaman luar biasa bagi para fotografer dan videografer dengan performa dan gambar berkualitas tinggi. Dilengkapi dengan prosesor gambar DIGIC X, sistem AF terbaru, kecepatan continuous shooting hingga 20 fps, teknologi 5-axis In-Body IS, slot kartu memori ganda, serta bodi magnesium alloy, kedua kamera ini menjadi unggulan baru di kelasnya.

Baca juga: Canon C500 Mark II, Kamera Sinema Profesional Harga Rp295 Juta

Fitur Canon EOS R6

Canon EOS R6Canon EOS R6 dilengkapi prosesor gambar generasi terbaru DIGIC X yang sebelumnya disematkan pada kamera DSLR flagship Canon EOS-1DX Mark III. Electronic Shutter di EOS R6 mampu memotret pada mode continuous shooting hingga 20 fps pada resolusi penuh. Bahkan dalam kondisi fitur pelacakan AutoFocus (AF) dan Auto Exposure(AE) yang tetap aktif. Fitur ini sangat membantu untuk fotografer aksi cepat, seperti fotografi olahraga atau satwa liar. Teknologi ini menempatkan Canon EOS R6 sebagai kamera mirrorless full-frame tercepat di kelasnya.

Prosesor DIGIC X juga mampu mengurangi noise dengan lebih baik. Canon EOS R6 dibekali sensor CMOS full-frame 20 megapiksel yang dapat memotret hingga ISO 102.300 dan dapat ditingkatkan hingga 204.800.

Teknologi Dual Pixel CMOS AF berkecepatan tinggi dan presisi tinggi telah menjadi teknologi andalan dari kamera digital Canon. Pada EOS R6 teknologi ini semakin disempurnakan dan diberi nama Dual Pixel CMOS AF II sehingga dengan paduan kecepatan prosesor DIGIC X kecepatan autofocus kedua kamera ini meningkat signifikan.

Kamera dilengkapi dengan teknologi Face Detection dan Eye Detection AF yang sebelumnya sudah tersedia di EOS R dan EOS RP. Dengan paduan teknologi Dual Pixel CMOS AF II pada EOS R6, pengguna dapat menggunakan mode AF Priority untuk memilih prioritas fokus pada manusia atau hewan. Autofocus  tidak hanya mampu mengenali tubuh, tetapi juga kepala dan mata subjek. Sehingga sangat bermanfaat bagi fotografer olahraga atau satwa liar yang membutuhkan kecepatan dan fokus yang maksimal.

Untuk pertama kalinya dalam jajaran EOS, area jangkauan AF diperluas hingga mencakup seluruh permukaan sensor (100% vertikal dan 100% horizontal). Ini berarti titik fokus tersedia pada bagian mana pun di layar, menjadikan pencarian fokus pada subjek semakin cepat dan mudah. Momen penting pun tidak akan luput dari fokus meski di kondisi gelap karena kemampuan deteksi AF pada EOS R6 hingga EV -6.5, bahkan saat mata manusia pun sulit untuk melihat.

Canon EOS R6 hadir dengan teknologi 5-axis In-Body Image Stabilizer (In-Body IS). Dengan menggunakan algoritma baru, DIGIC X membaca data sinyal gyro dengan cepat untuk menghasilkan efek stabilisasi gambar yang lebih tinggi. Saat dipasang lensa berteknologi Optical Image Stabilizer (Optical IS) kinerja stabilisasi gambar bisa mengompensasi kecepatan rana hingga 8-stop.

Meskipun memiliki bentuk yang ringkas, EOS R5 dan EOS R6 tetap hadir dengan dua slot kartu memori, Canon EOS R5 menyediakan slot untuk kartu CFexpress dan kartu SD. Kartu CFexpress mendukung transfer data berkecepatan tinggi sehingga kamera mampu melakukan pemotretan gambar 45 megapiksel terus menerus dengan kecepatan 20 fps dan perekaman internal video 8K ​​RAW (tanpa perangkat perekam tambahan). Sedangkan EOS R6 memiliki dua slot untuk kartu memori SD.

Canon EOS EOS R6 mendukung koneksi wireless LAN 2.4GHz tanpa perlu aksesori tambahan. Dengan konektivitas ini, fotografer dapat dengan mudah mentransfer data gambar dari kamera ke perangkat pintar, PC atau bahkan ke server FTP/FTPS. Jika pengguna membutuhkan kecepatan lebih cepat atau SFTP dengan LAN yang aman, tinggal pasang WFT-R10 (opsional).

Meskipun memiliki bodi yang ringan, kamera dilapisi dengan rangka magnesium alloy dan didesain tahan terhadap debu serta cipratan air. EOS R6 memiliki daya tahan hingga 300.000 cycles shutter. Selain itu, tirai rana dapat dikonfigurasikan untuk tetap terbuka atau menutup untuk mencegah debu memasuki ruang sensor saat mengganti lensa.

Kamera ini dilengkapi layar LCD sentuh Vari-angle EVF dengan 3,69 juta titik. Pada EOS R6 dilengkapi Mode Dial. Multi-controller dan Quick Control Dial yang populer dan tersedia pada seri EOS 5D, dapat ditemukan pada kamera ini untuk memudahkan pemilihan titik AF dan pengubahan pengaturan yang lebih cepat.

Baterai LP-E6NH dengan kapasitas 15% lebih tinggi dari LP-E6N yang dipakai pada kamera ini memungkinkan pengguna mengambil gambar dan video lebih lama. Dan, kedua kamera ini tetap kompatibel dengan baterai LP-E6N dan LP-E6.

Harga Canon EOS R6 di Indonesia

Datascrip selaku distributor tunggal produk pencitraan digital Canon di Indonesia memasarkan kamera full-frame terbarunya ini dengan harga sebagai berikut:

  • Canon EOS R6 Body Only dengan harga Rp 47.883.000
  • Canon EOS R6 with lens 24-105mm L IS USM dengan harga Rp 67.036.000
  • Canon EOS R6 with lens 24-105mm IS STM dengan harga Rp 54.353.000

Cek harga produk Canon di 

Lazada.co.id Shopee.co.id Tokopedia.com