Nokia T20, Tablet Perdana HMD Global dengan Google Kids Space

Espoo (Finlandia), Gizmologi – Setelah beberapa tahun menggarap smartphone merek Nokia, kini HMD Global bermain di ranah tablet. Produsen smartphone asal Finlandia tersebut hari ini meluncurkan Nokia T20.

Ini adalah tablet perdana HMD Global, tapi bukan yang pertama bagi Nokia. Sebelum lisensi devices diserahkan ke ke HMD Global, Nokia sempat menjualnya ke Microsoft pada 2014. Pada waktu itu Microsoft melarang Nokia menjual smartphone dan feature phone hingga 10 tahun ke depan. Tetapi membolehkan perangkat lain, termasuk tablet.

Nah, pada waktu itu Nokia memang sedang mengembangkan tablet. Sehingga mereka pun bisa merilis Nokia N1 yang pertama kali di China, kemudian menyusul Eropa, tetapi tidak sampai Indonesia. Adam Ferguson, Global Head of Product Marketing HMD, dalam acara virtual pekan lalu, memberi alasan perusahaan akhirnya berminat untuk terjun ke segmen tablet.

Baca juga: Laptop Nokia Purebook S14 Jalankan Windows 11, Harga Rp11 Jutaan

Menurut Adam, perubahan tren pasar menjadi motivasi utama untuk ikut terjun ke segmen tablet. Untuk pertama kalinya sejak 2014, pertumbuhan di pasar tablet akhirnya mengalami kenaikan pada tahun kemarin. Hal ini pula yang membuat produsen lain gencar memasarkan tablet, seperti Huawei dan Xiaomi. Termasuk tentu saja Samsung yang menjadi market leader.

Fitur dan Spesifikasi Nokia T20

Nokia T20Nokia T20 menandakan hadirnya seri terbaru, yaitu seri-T. Perangkat ini dikemas dengan fitur-fitur inovatif dan mudah diakses. Tablet terbaru Nokia ini dirancang dengan filosofi desain Skandinavia, yaitu desain yang disederhanakan dan murni setiap detailnya. Struktur bodi dari logam padat dan frame 3D display yang halus memungkinkan layar yang besar besar berpadu dengan sempurna dalam rangka metal yang ramping, semuanya untuk penggunaan jangka panjang.

Baterai Nokia T20 berkapasitas 8200mAh3 yang kuat, yang dapat digunakan selama 15 jam untuk menjelajah web4, melakukan tujuh jam conference call, atau nonton film terbaru bersama keluarga selama 10 jam. Tablet ini juga hadir dengan fast charging 15W untuk pengisian daya cepat, meski pada paket penjualannya charger yang disediakan adalah 10W. Sebenarnya agak lambat jika dibanding pesaingnya yang sudah biasa menawarkan 25W, bahkan 65W.

Nokia T20 menawarkan visual yang detail untuk menonton film maupun bergamin game dengan layar 2K di Nokia T20. Tablet ini juga memiliki blue light certificate, sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama dan tetap nyaman di mata. Sementara di sektor audio, kualitas suara memukau berkat speaker Stereo dengan OZO Playback. Kamu dapat mendengarkan apapun dengan detil, juga merasakan pengalaman mendengarkan yang luar biasa. Selain itu, terdapat dua mikrofon built-in yang canggih dengan AI noise reduction.

Seperti halnya ponsel Nokia, keamanan dan software menjadi fokus utama. Peningkatan OS selama dua tahun untuk dua tingkat Android dan pembaruan keamanan bulanan selama tiga tahun untuk membantu melindungi perangkat dari ancaman terkini.

Dibekali Google Kids Space

Nokia T20 Google Kids SpaceTablet ini membantu menjaga agar anak-anak tetap aman sama pentingnya dengan memelihara kreativitas dan pembelajaran. Nokia T20 hadir dengan Google Kids Space sebagai fitur baru yang diperkenalkan Google pada perangkat Android. Google Kids Space dirancang untuk menumbuhkan rasa ingin tahu dan kreativitas anak, menginspirasi untuk menjelajahi minat mereka lewat aplikasi, buku, dan video yang direkomendasikan. Google Kids Space dirancang bagi anak-anak dan berfungsi menggunakan Akun Google anak  yang dapat dikelola oleh orang tua dengan kontrol orang tua Family Link.

Untuk menggunakan Google Kids Space membutuhkan akun Google anak. Sementara Parental controls membutuhkan aplikasi Family Link pada perangkat Android, Chromebook, atau iOS. Sementara konten video bergantung pada ketersediaan aplikasi You Tube Kids. Konten buku membutuhkan aplikasi Google Play Books. Ketersediaan aplikasi, buku dan video dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Sayangnya, konten buku dan video tidak tersedia di semua negara. Begitu pun Google Assistant tidak tersedia pada Google Kids Space.

Harga Nokia T20

Nokia T20 hadir dengan varian RAM 3 GB/4 GB dan 32 GB/64 GB, serta slot microSD yang mendukung kapasitas penyimpanan hingga 512GB. Tablet ini sudah mendukung jaringan 2G, 3G, 4G, namun belum 5G.

HMD Global belum memberi bocoran terkait berapa harga pasti tablet Nokia T20 ini di Indonesia. Berdasarkan informasi dari situs Nokiamob tablet untuk varian WiFi ini di Inggris, dibanderol dengan harga 185 poundsterling (Rp 3,7 juta), sementara varian 4G dijual 202 poundsterling (Rp 4,1 juta).

Untuk memasarkan perangkat ini, HMD Global menggandeng Spotify yang akan memberikan akses hingga 70 juta lagu dan 2,9 juta podcast bagi pemilik Nokia T20 saat membelinya. Selain it juga menawarkan pengendalian tambahan untuk privasi online dengan ExpressVPN yang akan tersedia pada Nokia T20 dengan uji coba gratis selama 30 hari.

 

 

 

Tinggalkan komen