Smartphone for Snapdragon Insiders, Flagship Rp20 Jutaan Bikinan Qualcomm & ASUS

Siapa sangka, akhirnya sang produsen chipset terbesar untuk smartphone kelas entri hingga seri terbaik ikutan merilis perangkat versinya sendiri? Ya, hadir untuk kalangan terbatas, Qualcomm baru saja meresmikan smartphone komersial pertamanya, Smartphone for Snapdragon Insiders dengan spesifikasi flagship dan harga yang sangat fantastis.

Memang, namanya terasa cukup panjang. Sebelum-sebelumnya, Qualcomm memang selalu membuat smartphone versinya sendiri, namun hanya untuk keperluan pengujian ketika pihaknya rilis cip baru. Smartphone for Snapdragon Insiders hadir berbeda, karena bakalan dijual untuk umum. Apakah akan bersaing dengan Mi 11 Ultra, Galaxy S21 Ultra ataupun iPhone 12 Pro Max? Tidak juga.

Sesuai namanya, perangkat ini hadir khusus untuk Snapdragon Insiders, sebuah julukan bagi para penggemar teknologi yang dikembangkan oleh Qualcomm. Baru mendengar istilah tersebut? Kabarnya, jumlah Snapdragon Insiders kini sudah mencapai lebih dari 1,6 juta orang. Maka tak heran bila Qualcomm berani mencoba untuk rilis sebuah smartphone khusus pengikutnya.

Baca juga: Qualcomm Rilis Snapdragon 888 Plus, Perluas Cakupan 5G mmWave Sepanjang 2021

Snapdragon Insiders Gabungkan Teknologi Baru dengan Desain Konvensional

Smartphone for Snapdragon Insiders - 001Apakah seutuhnya dirancang sendiri? Jawabannya tidak—dalam hal ini, Qualcomm menggandeng ASUS untuk hadirkan Smartphone for Snapdragon Insiders. Secara desain, terlihat seperti gabungan antara bagian depan dari ROG Phone 5 dengan modul kamera belakang mirip Zenfone 8 Flip (tentunya tanpa mekanisme putar, ya).

Desainnya sendiri terlihat standar dan besar. Diberikan aksen merah pada tonjolan kameranya, sementara bodi belakangnya disematkan logo Snapdragon yang bisa pancarkan cahaya. Di atasnya, ada 3D Sonic Sensor generasi kedua yang sayangnya tidak disematkan pada layar sebagai in-display fingerprint sensor.

Masuk ke dalam kelas flagship, tentunya spesifikasi dari Smartphone for Snapdragon Insiders ini cukup garang. Layar depannya memiliki luas 6,78 inci dengan panel AMOLED full HD+, refresh rate 144Hz dan perlindungan Gorilla Glass Victus. Punya akurasi Delta-E < 1 serta kecerahan maksimum 1200 nits.

Gunakan Setup Kamera Zenfone 8 Flip

Resolusi kamera depannya 24MP, sementara di belakang terdapat tiga sensor kamera yang bisa bekerja masing-masing maupun bersamaan dengan ISP tercanggih. Sensor utamanya Sony IMX686 64MP, ditemani sensor 12MP ultra-wide IMX363 dengan dual-pixel autofocus, serta 8MP telefoto 3x optical zoom.

Ya, setup yang sama persis dengan Zenfone 8 Flip, sangat wajar karena memang bekerja sama dengan ASUS. Kameranya dilengkapi fitur AI object tracking serta auto zoom, mampu olah data sebesar 2,7 Gigapiksel tiap detik dan mendukung perekaman video resolusi 8K.

RAM 16GB LPDDR5 serta penyimpanan 512GB UFS 3.1 adalah yang terbaik dan terluas. Sayangnya, cipnya bukan yang benar-benar terbaru alias seri Plus, melainkan ‘hanya’ Snapdragon 888. Dengan Snapdragon Elite Gaming, fitur seperti variable rate shading (VRS) dan Qualcomm Game Quick Touch mampu tingkatkan pengalaman gaming.

Kapasitas baterainya 4,000 mAh, tergolong kecil untuk sebuah smartphone dengan bobot 210 gram. Lewat dukungan Quick Charge 5.0 65W, mengisi hingga 70% dan 100% masing-masing hanya membutukan waktu 30 & 50 menit saja. Sayangnya, tanpa dukungan wireless charging.

Setiap Pembelian Disertai dengan TWS Premium

Smartphone for Snapdragon Insiders - 001

Lantas apa yang membuat Smartphone for Snapdragon Insiders ini dijual seharga USD1,500, atau sekitar Rp21 jutaan? Karena ingin berikan yang terbaik bagi penggemarnya, kelengkapan perangkat ini dibuat cukup ekstra.

Pembeli bakal mendapatkan rubber bumper sebagai pelindung ekstra, kabel dengan material braided (type-C to C serta type-C to A), charger dengan dukungan Quick Charge 5.0 65 watt serta sebuah earphone TWS.

Mendukung teknologi Snapdragon Sound, earphone tersebut adalah seri MWO8SI rancangan Master and Dynamic. Dengan warna dan logo senada, aksesori yang punya fitur ANC ini dijual di kisaran USD300 atau Rp4,3 jutaan. Sehingga wajar bila harga perangkatnya terpaut mahal, melebihi Galaxy Z Flip sekalipun.

Tinggalkan komen