Gizmologi
The Bilingual Tech Media

BlackBerry KEY2 Melesat dengan Pertahankan Fitur Klasiknya

Tidak ada poin tentang “poni” tiap kali berbicara tentang BlackBerry, termasuk seri terbarunya, BlackBerry KEY2. Fitur klasik, seperti keyboard fisik yang jadi ikonnya dan aspek layar 3:2, masih menjadi “jualannya” kali ini.

BlackBerry KEY2 telah dirilis kemarin di New York, AS. Berhubung bocorannya sudah banyak yang wara-wiri di media sebelumnya maka dalam acara perkenalan resmi tersebut, hanya sedikit spesifikasi yang diungkapkan ke publik.

BlackBerry KEY2 banyak menggunakan kembali aspek yang sebelumnya digunakan pada KeyOne, yang dirilis pada Februari 2017 lalu. Sebagai contoh, keyboard fisik QWERTY dan aspek layar sebagaimana yang disebutkan di atas tetap menjadi andalannya. Ada tambahan kamera ganda pada sisi belakang BlackBerry KEY2 yang merupakan kali pertama ada di ponsel BlackBerry, tulis gsmarena.com.

Ukuran keyboard telah ditambah hingga 20% yang menurut pihak BlackBerry akan meningkatkan kenyamanan dan ketepatan dalam mengetik.

Huruf pada papan keyboard diberi balutan akhir warna matte terbaru dan telah disusun sedemikian rupa menjadi pola yang pas guna mengoptimalkan ruang spasi. Ada penindai sidik jari yang disematkan ke dalam kunci spasinya.

Ada pula Speed Key yang memungkinkan adanya “jalan pintas” yang bisa membawa pengguna ke aplikasi apa pun kapan saja, menelepon kontak favorit hingga mengakses fungsi pada ponsel pintar ini.

Selain itu, konsumen bisa memanfaatkan fitur pengetikan cepat, yang dapat menyarankan kata atau kalimat berdasarkan pengetikan yang selama ini sering dilakukan.

Si papan tuts ikonik BlackBerry. Foto oleh crackberry.com

Kamera ganda pada BlackBerry KEY2 ini mempunyai kekuatan reguler f/1.8, 1.28 um dengan telefoto f/2.6, 1.28 um yang digunakan untuk melakukan zooming optik sekaligus menjepret foto ukuran portrait dengan latar yang keluar dari fokusnya.

Display pada BlackBerry KEY2 ini berukuran 4,5 inci 1080 x 1620pc IPS LCD sementara chipset yang digunakan adalah Snapdragon 660 bikinan Qualcomm. Lalu ponsel ini berpasangan dengan 6GB RAM.

Desain BlackBerry KEY2 mempunyai kerangka alumunium Seri 7 (dalam varian hitam atau perak) plus sentuhan halus pada bagian belakang dengan sentuhan akhir berpola berlian.

Pihak BlackBerry menjanjikan update sekuritas bagi ponsel barunya ini ditambah setidaknya satu upgrade OS utama, yang berarti KEY2 akan diperbaharui hingga setidaknya Android P.

Baca juga: BlackBerry Aurora

BlackBerry KEY2 akan mulai dijual secara global dengan harga sekitar Rp9jutaan. Dengan maraknya smartphone dengan adopsi tren desain dan AI seperti sekarang dan harga lebih terjangkau, akankah BlackBerry KEY2 bisa berbicara banyak di pasaran? Atau setidaknya bisa sesukses KeyOne?

 

%d blogger menyukai ini: