Brosur Digital Galaxy Z Flip 3 & Z Fold 3 Tersebar, Konfirmasi Kamera Under-Display

Jakarta, Gizmologi – Dua hari lagi! Ya, bagi Gizmo friends yang menanti-nanti kehadiran smartphone lipat alias foldable phone terbaru dari vendor kenamaan asal Korea Selatan, Samsung, peluncurannya bakal diadakan 11 Agustus mendatang. Bakal ada Galaxy Z Flip 3 & Z Fold 3, plus aksesori lainnya.

Memang sudah sangat umum dan terjadi setiap tahunnya, di mana flagship Samsung terbaru sudah ‘bocor’ lebih dulu, bahkan secara sangat lengkap beberapa hari selang perilisannya. Tak hanya sekadar desain sampai fitur kunci, namun spesifikasi yang mendetail pun bisa diketahui. Informasi tambahan terkait Galaxy Z Flip3 & Z Fold 3 baru saja diterbitkan oleh GizNext.

Baca juga: Samsung Indonesia Boyong Galaxy Note 20 Ultra 5G Versi RAM 12GB, Harga Sama

Situs tersebut mengklaim bila secara eksklusif telah berhasil mendapatkan sejumlah gambar yang dipercaya sebagai foto brosur penjualan Galaxy Z Fold 3 & Z Flip 3, menunjukkan beberapa foto produk dan tentu saja keunggulan utamanya. Spesifikasi kunci pun bisa diketahui lewat penjelasan teks yang melengkapinya.

Galaxy Z Flip 3 Dirancang Tahan Air

Galaxy Z Flip 3

Dari kedua smartphone lipat Samsung terbaru yang bakal dirilis, Galaxy Z Flip 3 menjadi perangkat yang punya perubahan desain paling menonjol. Hadir dalam opsi warna lebih banyak, bagian luarnya berdimensi 4,2 inci saja ketika dilipat. Sementara layar luarnya juga dibuat membesar, terletak di sebelah dua kamera 12MP wide & ultra-wide.

Galaxy Z Flip 3 dirancang lebih kuat luar dalam. Material kacanya terbuat dari Gorilla Glass Victus, hinge atau bagian lipatan dari aluminium, sementara layarnya gunakan layer tambahan yang diklaim 80% lebih kuat dari seri sebelumnya. Bakal tetap prima setelah 200 ribu kali buka-tutup.

Smartphone ini juga bakal jadi salah satu yang pertama sebagai foldable bersertifikasi IPX8, alias tahan air hingga 1,5 meter sampai 30 menit. Samsung sangat mengunggulkan layar luar 1,9 inci-nya yang kini punya banyak fungsi. Plus mode lipatnya membuat fleksibel untuk ambil foto serta lakukan panggilan video.

Nantinya, semua aplikasi bakal bisa manfaatkan Flex Mode, termasuk yang tidak sepenuhnya didukung oleh Samsung. Layar bagian dalam Galaxy Z Flip 3 berdimensi 6,7 inci, memiliki kamera punch-hole 10MP dan kedua layar sama-sama gunakan panel Super AMOLED.

Belum ada informasit terkait kapasitas baterainya, meski kabarnya bakal dibuat lebih besar. Hadir dalam opsi memori 128/256GB, varian termurah dari Galaxy Z Flip 3 diperkirakan dibanderol EUR1,099 atau Rp18 jutaan.

Galaxy Z Fold 3 Dipastikan Mendukung S Pen

Samsung Galaxy Z Fold3

Meski tampak luarnya tak jauh berbeda, ada peningkatan yang cukup futuristik pada bagian dalam Galaxy Z Fold 3. Materialnya sama seperti Galaxy Z Flip 3, dengan bingkai ‘armor aluminium’ yang dirancang 10% lebih kuat melindungi bagian interior mekanisme lipatnya.

Galaxy Z Fold 3 bakal hadir dalam tiga opsi warna (Phantom Black, Phantom Green, Phantom Silver) plus tiga kamera utama 12MP di bodi belakang, masing-masing berfungsi sebagai kamera wide, ultra-wide dan telefoto. Masih ada dua kamera tambahan lainnya.

Layar di bodi luar dilengkapi kamera punch-hole 10MP, sementara pada layar di dalam, kameranya bakal dibuat tak terlihat. Ya, akhirnya Samsung gunakan sensor kamera under-display, meski resolusinya 4MP.

Dalam beberapa foto brosurnya, Samsung juga seperti ingin beritahukan secara jujur kalau kamera tersebut tak sepenuhnya ‘hilang’ ketika menampilkan warna tertentu seperti putih dan hitam. Namun saat tampilkan ilustrasi menonton film, akses dokumen dan main gim, bisa tersembunyi demi pengalaman imersif.

Tak hanya itu, layar Galaxy Z Fold 3 juga bakal mendukung stylus S Pen. Dengan layar luas plus kemampuan untuk jalankan satu aplikasi yang direplikasi ke dua layar (demi akses dua dokumen berbeda di Microsoft Office, misalnya), smartphone ini bakal jadi perangkat produktivitas paling nyaman dan canggih.

Apakah faktor tersebut menjadi alasan absennya Galaxy Note baru di tahun 2021? Bisa jadi. Untuk harganya sendiri, varian termurah dari Galaxy Z Fold 3 bakal dijual sekitar EUR1,899, (Rp32 jutaan). Bakal jadi smartphone sultan bagi yang memang bisa membelinya, tampil futuristik namun pada saat yang sama juga cocok bagi mereka yang hobi multitasking.

Selain Galaxy Z Flip 3 & Z Fold 3, Samsung juga bakal perkenalkan smartwatch terbarunya serta opsi TWS yang lebih terjangkau, Galaxy Buds 2. Kita nantikan kehadiran semua perangkat baru Samsung ini tanggal 11 mendatang ya.

Tinggalkan komen