Cara Memutar Musik di YouTube dengan Layar Hitam Tanpa Akun Premium

Jangan salah, Gizmo friends, karena tidak semua orang mendengarkan lagu lewat platform streaming musik seperti Apple Music dan Spotify. Walaupun Spotify bisa diakses secara gratis, tak sedikit pengguna smartphone yang lebih memilih untuk mendengarkan lagu favoritnya lewat platform streaming video populer. Ya, yaitu lewat YouTube.

Ada banyak sekali lagu yang bisa ditemukan di sana. Mulai dari channel penyanyi resminya, versi cover dari banyak sekali penyanyi indie, sampai tentunya pengunggah video berdurasi panjang yang isinya langsung satu album (bahkan lebih), sesuai genre atau dari satu penyanyi. Ada yang legal, ada pula yang tidak legal—di mana biasanya video bakal hilang dalam waktu dekat.

Baca juga: Enam Fitur yang Bikin OPPO Reno6 Cocok Buat Main Game!

Alasan lain adalah supaya tak perlu lagi membuat akun baru di platform lain seperti Spotify, mengingat ketika kita menggunakan smartphone Android, mengakses YouTube bisa gunakan akun yang sama atau tanpa akun sama sekali. Dan dengan aplikasi yang ada, tentunya tidak membebani penyimpanan internal yang mungkin cekak.

Perlu Cara Khusus Untuk Akun YouTube Gratisan

YouTube Premium Murah

Meski mudah diakses dan punya daftar lagu sangat lengkap, ada beberapa catatan alias batasan ketika kita mendengarkan musik lewat YouTube. Dengan akun gratisan alias tanpa berlangganan YouTube Premium, tentu kamu tak bisa mengakses YouTube Music. Sehingga musik berasal dari video-video yang diunggah secara resmi maupun non-resmi.

Permasalahan berikutnya, ketika sedang memutar lagu dari video, posisinya harus tetap pada tampilan tersebut. Gizmo friends tidak bisa berpindah aplikasi, atau mengunci layar smartphone, karena dua opsi tersebut bakal menghentikan musik yang sedang diputar. Kemampuan untuk memutar audio di latar belakang menjadi salah satu nilai jual YouTube Premium.

Nah, bagi Gizmo friends pengguna smartphone OPPO, hal tersebut tidak menjadi masalah. Sejak ColorOS7, OPPO perkenalkan sebuah fitur sederhana namun sangat bermanfaat untuk mensiasati cara memutar lagu di YouTube sembari menghemat baterai, tanpa akun YouTube Premium.

Cara Mengaktifkan Black Screen Mode di Smartphone OPPO

OPPO Black Screen Mode
Pintasan untuk aktifkan Black Screen Mode dapat ditemukan pada bar notifikasi.

Fitur tersebut bernama “Black Screen Mode”, tersimpan pada pintasan notifikasi yang biasa kamu akses dengan menggeser layar dari ujung layar atas ke bawah. Sudah tersedia sejak lama, Black Screen Mode terus dibawa ke seri OPPO terbaru. Sebut saja OPPO Reno6 Pro 5G sampai OPPO A16, di mana keduanya sama-sama menjalankan ColorOS 11 berbasis Android 11.

Bila kamu tidak menemukan pintasan tersebut, bisa jadi masih tersembunyi dengan pintasan lainnya. Mudah saja, cukup tekan tombol edit, cari Black Screen Mode, dan pindahkan menjadi tombol yang bisa diakses ketika membuka bar notifikasi. Bila sudah, tinggal digunakan saat sedang memutar lagu.

Cari musik atau lagu yang ingin kamu dengarkan sambil bekerja, belajar atau sekadar menemani keseharian. Saat lagu sedang diputar, tekan tombol Black Screen Mode, maka layar smartphone OPPO kamu bakal berubah menjadi hitam, dengan penunjuk jam dan posisi layar terkunci. Biarkan saja dalam posisi seperti ini.

OPPO Black Screen Mode
Dengan tampilan layar gelap, kamu bisa menghemat baterai sembari tetap mendengarkan musik favorit.

Dengan begitu, kamu tak perlu mengunci layar untuk menghemat baterai, karena warna hitam yang ditampilkan bakal lebih hemat daya. Kamu pun bebas memasukkan smartphone ke dalam kantong, karena mekanisme kunci layarnya cukup sulit untuk tidak tersengaja terbuka.

Sebuah metode yang sangat simpel namun sangat bermanfaat, terutama untuk kamu yang banyak menghabiskan waktu mendengarkan musik lewat aplikasi YouTube. Selamat mencoba!

Tinggalkan komen