alexa

Enam Fitur yang Bikin OPPO Reno6 Cocok Buat Main Game!

Ketika smartphone flagship semakin mahal dan seri mid-range semakin baik, kini sudah bukan masanya kamu harus membeli smartphone gaming khusus dengan harga belasan juta agar bisa menikmati pengalaman main gim yang optimal. Smartphone yang punya tongkrongan stylish seperti OPPO Reno6 juga bisa banget kok.

Smartphone baru OPPO yang diresmikan sejak Juli 2021 lalu ini memang secara garis besar unggulkan desainnya yang stylish, serta fitur kamera canggih seperti Bokeh Flare Portrait. Namun seperti yang saya sampaikan di atas, tak lantas membuatnya kurang cocok buat main gim. Bahkan disematkan beberapa fitur berbasis hardware maupun software khusus sebagai pendukung.

Tentu fakta tersebut membuat OPPO Reno6 menjadi sebuah paket menarik yang bisa berikan Gizmo friends hasil pencitraan terbaik, plus dapat diandalkan ketika sedang ingin menghibur diri dengan akses gim favorit sehari-hari. Berikut adalah enam alasan utama yang menjadikan smartphone ini layak untuk dipilih.

Baca juga: Review OPPO Reno6: Lebih Menawan, Bawa Fitur Video Unggulan

Chipset Optimal dengan Sistem Pendingin

OPPO Reno6 Quick Startup PUBG Mobile

Oke, kalau Gizmo friends mencari smartphone dengan skor benchmark tertinggi pada kelas harganya, tentu OPPO Reno6 bukan jadi pemenangnya. Namun perlu diingat, ada banyak sekali faktor lain yang membuat sebuah smartphone cocok untuk dipakai bermain gim.

Beberapa di antaranya adalah pemilihan chipset yang tepat, serta pengoptimalannya dengan hardware pendukung. OPPO sendiri memilih untuk pergunakan cip Snapdragon 720G, yang juga digunakan pada generasi-generasi sebelumnya. Benefitnya? OPPO punya cukup waktu untuk optimalkan cip ini agar beri performa terbaik.

Secara umum, chipset rancangan Qualcomm lebih banyak mendukung pengaturan grafis tinggi dari beberapa gim populer dengan visual yang kaya. Ditambah dengan dukungan Snapdragon Elite Gaming, gim yang dijalankan bakal lebih lancar di OPPO Reno6. Lalu bagaimana dengan ketahanan performanya saat digunakan berlama-lama?

Tenang, untuk bagian ini, OPPO juga menyematkan teknologi Multi-Cooling System yang terdiri dari beberapa lapisan grafit. Diletakkan di atas mainboard dan komponen penting lainnya dalam bingkai aluminium, hawa panas dapat dibuang dengan tingkat 21,9% lebih baik dari generasi sebelumnya. Efeknya? Selain tangan tidak merasakan panas ketika sedang bermain gim, performa juga bisa tetap stabil dengan suhu internal lebih terjaga.

Fitur RAM Expansion untuk Multitasking

RAM Expansion OPPO Reno6

Baru dihadirkan di OPPO Reno6, kapasitas RAM 8GB LPDDR4x bawaan yang sejatinya sudah cukup luas di kelasnya, masih bisa diekspansi alias ditambah lewat menu Pengaturan. Caranya? Melalui fitur RAM Expansion, memanfaatkan penyimpanan internalnya yang kencang dan luas.

OPPO Reno6 memiliki memori internal 128GB yang masih bisa ditambahkan dengan kartu microSD. Bila Gizmo friends benar-benar mengutamakan proses multitasking lebih lancar, RAM Expansion bisa mengambil kapasitas memori yang tak digunakan sampai 5GB. Artinya, bisa maksimalkan ukuran RAM sampai 13GB.

Benefit dari RAM yang besar adalah smartphone tak harus menutup banyak aplikasi yang berjalan pada latar. Selain proses perpindahan gim bisa lebih lancar, prosesor juga bekerja lebih ringan, karena tak harus load ulang aplikasi dan gim dari awal—juga ada kaitannya terhadap fitur gaming OPPO Reno6 berikutnya.

Software Pendukung Main Gim Bebas Hambatan

OPPO Reno6 - Quick Startup

Selain hardware-nya, software atau perangkat lunak pendukung juga penting untuk berikan kemampuan bermain gim yang optimal. Tentu bakal kurang asik dong, kalau Gizmo friends harus terganggu dengan notifikasi-notifikasi aplikasi saat sedang bermain, harus tutup satu-satu supaya pandangan tidak terbatas atau menghambat kemenangan tim.

Nggak perlu khawatir, karena OPPO Reno6 punya fitur Game Focus Mode yang otomatis mematikan semua notifikasi mengganggu. Mulai dari panggilan masuk, chat sampai alarm. Kamu juga bisa bikin tampilan notifikasi jadi minimal lewat Bullet notification mode, supaya bisa tetap tahu siapa pengirimnya sembari bermain gim.

OPPO juga sematkan dua fitur yang menurut saya cukup canggih, yaitu Quick Startup serta Quick Return Bubble. Secara pintar, smartphone bakal mempelajari dan mencatat kapan biasanya pengguna mengakses gim, dan membiarkannya tetap berjalan di belakang (cocok dipasangkan bersama fitur RAM Expansion).

Tujuannya? Ketika Gizmo friends hendak memulai main gim, loading atau waktu tunggu di awal bakal dipotong, sehingga bisa langsung mulai bermain secara instan. Sementara Quick Return Bubble mungkinkan pengguna untuk akses aplikasi lain sembari menunggu permainan dimulai, dengan memberitahukan waktu tunggu secara presisi.

Layar AMOLED 180Hz

Layar OPPO Reno6

Sekadar besar dan punya refresh rate tinggi saja tak bisa menjamin layar smartphone responsif nan pas untuk bermain. Ada beberapa faktor lain yang juga perlu diperhatikan, seperti jenis panel yang digunakan serta touch sampling rate alias bagaimana layar merespon terhadap sentuhan sepersekian detiknya.

Selain sudah mendukung refresh rate 90Hz, OPPO Reno6 memiliki layar yang responsif terhadap sentuhan, dengan touch sampling rate maksimum 180Hz. Dengan begitu, setiap gerakan jari bakal terukur secara presisi, memastikan kamu melakukan proses aim dan pergerakan sesuai keinginan.

Layar OPPO Reno6 juga sudah gunakan panel AMOLED, yang berikan benefit tak hanya untuk penikmat konten hiburan, namun juga pemain gim. Hal tersebut berkat kontras dan saturasi warna yang lebih tinggi dari panel IPS, plus dukungan in-display fingerprint sensor. Ketika ingin mengecek notifikasi baru, cukup sentuhkan jari ke layar saat smartphone diletakkan di meja.

Mau main gim berlama-lama? Tak perlu khawatir mata akan mudah lelah. Pasalnya, layar ini juga sudah tersertifikasi dengan SGS Eye Care Display, sehingga emisi cahaya biru yang dipancarkan lebih minim.

Pengisian Daya 50W Flash Charge

50W Flash Charge

Walaupun kapasitas baterainya ‘hanya’ 4,310 mAh, OPPO Reno6 sanggup digunakan hingga seharian penuh berkat chipset-nya yang sudah dibuat sangat optimal.  Tentu kamu juga bisa bermain gim sampai durasi berjam-jam dalam sekali charge. Baterai hampir habis? Tenang dulu.

Kamu bakal menikmati benefit yang dihadirkan oleh teknologi 50W Flash Charge milik OPPO Reno6. Isi daya smartphone ini cukup kencang, membutuhkan kisaran waktu 45 menit saja, alias tak sampai satu jam. Charge sambal main gim? Silakan, karena teknologi pengisian dayanya berjalan cukup dingin, sementara suhu panas dialihkan ke adaptor atau balok charger.

Punya kebiasaan main gim sebelum tidur sampai baterai hampir habis? Nggak perlu takut smartphone akan mati di pagi hari, karena fitur Super Nighttime Standby otomatis menghemat konsumsi daya di jam tidur. Mau isi daya semalaman? Boleh, tinggal aktifkan fitur Optimized Night Charging dan baterai baru akan penuh saat jam bangun tidur.

Desain Tipis & Ringan

OPPO Reno6

Apa kaitannya gaming dengan desain? Justru sangat tinggi, mengingat Gizmo friends akan menggenggam smartphone ini berlama-lama ketika sedang bermain gim. Tentu bakal mudah lelah kalau perangkatnya berat dan tebal, belum lagi bila ingin dipasangkan dengan aksesori tambahan.

Di sinilah benefit desain ramping dan tipis OPPO Reno6. Gunakan permukaan menarik dengan finishing pewarnaan OPPO Reno Glow, bobotnya hanya 173 gram, dengan ketebalan hanya 7,8mm. Selain mudah masuk ke kantong, nggak bakal bikin tangan mudah lelah baik saat main gim satu tangan sampai dua tangan.

Juga tak perlu takut bodi akan mudah kotor, karena permukaan matte di bodi belakang OPPO Reno6 dirancang bebas sidik jari. Telapak tangan mudah berkeringat? Cukup pasangkan soft case yang sudah termasuk dalam paket penjualan, dan smartphone bakal tetap terlihat tipis.

Setelah memahami enam poin di atas, kini Gizmo friends sudah lebih tahu kalau memilih smartphone yang asyik untuk bermain gim tak hanya sekadar melihat performa maupun spesifikasi di atas kertas. Ada banyak faktor lain serta fitur ekstra yang membuat pengalaman bermain makin seru.

Baru membeli OPPO Reno6? Silakan eksplorasi fitur-fitur yang ada di atas, dan beritahu kami mana yang jadi favorit kamu lewat kolom komentar di bawah ya!

Tinggalkan komen