Catat, Smartphone ini Tak Bisa Lagi Pakai WhatsApp per 1 November

Jakarta, Gizmologi – WhatsApp akan segera menghentikan dukungannya untuk smartphone dengan sistem operasi (OS) lawas, pada 1 November 2021 besok. Setidaknya ada 52 model smartphone baik Android dan iPhone yang tak bisa lagi memakai aplikasi WhatsApp.

Melalui situs resminya, WhatsApp menyebut hanya mengizinkan perangkat ponsel dengan sistem operasi minimal Android 4.0.4 atau pada iPhone dengan iOS 9 untuk bisa mengakses aplikasi tersebut. WhatsApp mengimbau pengguna yang masih mengandalkan perangkat tersebut untuk memperbarui OS ke versi lebih baru atau segera mengganti perangkat.

“Perangkat tersebut tidak akan lagi mendukung aplikasi WhatsApp dan tidak akan lagi kompatibel mulai 1 November. Silakan berganti ke perangkat yang didukung atau simpan riwayat chat Anda sebelum tanggal tersebut,” tulis Whatsapp dalam keterangan tertulisnya.

Adapun syarat minimal yang ditentukan WhatsApp agar tetap bisa menggunakan layanannya adalah perangkat Android yang menjalankan sistem operasi Android 4.1 atau lebih baru, dan iOS 10 atau versi di atasnya. WhatsApp mengklaim penghentian dukungan untuk model lama dapat membantu menjaga aplikasi tetap aman dan terlindungi.

“Secara umum, ini terkait ponsel Android 4.0.3 atau lebih rendah dan Apple iPhone iOS 9 atau yang lebih lama.”

Berikut smartphone yang tak akan bisa lagi menggunakan WhatsApp mulai 1 November 2021 mendatang:

* Samsung: Galaxy Trend Lite, Galaxy Trend II, Galaxy SII, Galaxy S3 mini, Galaxy Xcover 2, Galaxy Core and Galaxy Ace;
* LG: Lucid 2, Optimus F7, Optimus F5, Optimus L3 II Dual, Optimus F5, Optimus L5, Optimus L5 II, Optimus L5 Dual, Optimus L3 II, Optimus L7, Optimus L7 II Dual, Optimus L7 II, Optimus F6, Enact , Optimus L4 II Dual, Optimus F3, Optimus L4 II, Optimus L2 II, Optimus Nitro HD and 4X HD, and Optimus F3Q;
* ZTE :Grand S Flex, ZTE V956, Grand X Quad V987 and Grand Memo;
* Huawei :Ascend G740, Ascend Mate, Ascend D Quad XL, Ascend D1 Quad XL, Ascend P1 S, and Ascend D2;
* Sony :Xperia Miro, Sony Xperia Neo L, Xperia Arc S;
* Alcatel :One Touch Evo 7;
* Archos 53 Platinum;
* HTC Desire 500;
* Caterpillar Cat B15;
* Wiko :Wiko Cink Five, Wiko Darknight;
* Lenovo A820;
* UMi X2;
* Faea F1;
* THL W8;
* iPhone : iPhone SE, iPhone 6S, iPhone 6S Plus.

Backup Chat WhatsApp

Backup WhatsApp

Jika masih menggunakan salah satu dari perangkat di atas, ada baiknya untuk segera mengecek versi OS yang digunakan saat ini. Apabila pembaruan perangkat lunak baru masih tersedia, segera lakukan update.

Namun sebelum melakukan update atau memutuskan untuk membeli perangkat baru. Ada baiknya pengguna mencadangkan kontak dan percakapan WhatsApp, kalian bisa melakukan langkah berikut:

Buka aplikasi WhatsApp, lalu klik menu tiga titik di kanan atas. Kemudian pilih menu Settings dan tekan Chats, nantinya pesan dan percakapan akan tersimpan secara otomatis di akun WhatsApp. Kalian bisa mengunduh data-data tersebut ke perangkat baru.

Tinggalkan komen