Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

5 Fakta Menarik OPPO A54, Smartphone Stylish Harga Rp2 Jutaan

0 2.734

OPPO kembali mendefinisikan wajah baru dari lini seri A melalui produk yang dirilisnya pekan ini di Indonesia. Produk tersebut adalah OPPO A54 yang hadir dengan desain trendi dan fashionable, sebagai perwujudan dari umpan balik pengguna muda Indonesia.

Sebagai wajah baru di tahun 2021, OPPO A54 membawa lini seri A ke tingkatan yang lebih tinggi. Ada berbagai inovasi dan teknologi yang sebelumnya hanya ada pada perangkat kelas menengah dan atas. Menyasar pengguna anak muda, OPPO berupaya menghadirkan pembaruan desain pada seri A54 disertai berbagai keunggulan dan teknologi perangkat kelas atas untuk hadir pertama kalinya melalui perangkat ini.

Ada sejumlah fakta menarik yang kami temukan pada perangkat ini. Apa saja itu? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Rilis Global Pertama di Indonesia

OPPO A54 desain Indonesia merupakan negara pertama yang mendapat kesempatan untuk peluncuran OPPO A54. Aryo Meidianto, PR Manager OPPO Indonesia, tidak merinci alasan kenapa perangkat ini pertama kali diluncurkan secara global di Indonesia. Meski disinyalir karena kontribusi seri A yang sangat besar bagi pendapatan OPPO.

“Smartphone ini punya desain modern dengan pilihan warna stylish dan fashionable. Sebuah
perangkat dengan berbagai pembaruan yang coba didefinisikan kembali untuk pengguna
muda Indonesia,” ujar Aryo Meidianto.

Desain 3D Delicate yang Unik

OPPO A54 warna Kesan pertama begitu menggoda. Terutama ketika melihat bodi bagian belakang OPPO A54 warna stary blue. Hal ini karena OPPO menggarap bingkai A54 memakai lapisan elektroplating berwarna perak dengan 3 lapisan penyemprotan. Sehingga menghasilkan gradasi bingkai halus yang memberikan wajah baru untuk perangkat seri A di tahun 2021. Terlihat anak muda banget.

Selain Stary Blue, pilihan warna yang lain adalah Stary Black. Warna ini cocok bagi yang suka tampil elegan. Warna hitam bagaimanapun juga tak pernah lekang oleh waktu.

Bagian belakang A54 dibuat dengan rangka tengah ditipiskan 0,2mm, menyatu dalam bodi 3 Dimensi. Sehingga menghasilkan perangkat premium dengan bodi yang ramping dan nyaman digengam dengan satu tangan. Optimlisasi struktur dilakukan OPPO dengan mengganti bahan penutup bagian depan dengan pelat logam tipis yang berpadu dengan bingkai alumunium.

Sertifikasi IPX4

OPPO A54 Indonesia Untuk pertama kalinya, OPPO membawa sertifikasi IP rating pada lini seri A. OPPO menambahkan lapisan penahan air, memberikan ketahanan yang cukup untuk penggunaan sehari- hari.

Sebagai pengujian, OPPO melakukan rain of pipe-swing test selama 10 menit. Setelah 72 jam tidak terjadi kegagalan fungsi yang terjadi, sehingga memenuhi persyaratan tahan air IPX4.

Ponsel ini dilengkapi dengan perlindungan 5 lapis. A54 telah lulus 6 tes utama termasuk drop test, tahan air, radiasi, iklim, slight drop, dan sinyal. Perangkat juga melewati 50+ kontrol proses produksi, 130+ uji keandalan yang ketat, dan 320+ uji eksperimental. OPPO memberi pengguna produk yang dapat diandalkan dengan kualitas luar biasa secara konsisten.

Teknologi Layar Adopsi dari Reno5 F

OPPO A54 layar OPPO A54 menawarkan layar perangkat smartphone kelas atas bertipe single punch-hole pada kelasnya, disaat kompetitor lain banyak menawarkan solusi layar waterdrop pada level yang setara. OPPO menyertakan efek lampu disekitar lubang kamera ketika dinyalakan.

Layar OPPO A54 hadir dilengkapi teknologi tinggi seperti Sunlight Screen, Moonlight Screen dan AI Smart Backlight. Teknologi tersebut sebelumnya telah diperkenalkan pada perangkat Reno5 F. Layar dibekalis kecerdasan buatan dapat mempelajari kebiasaan pengguna untuk menyesuaikan lampu latar secara manual dan merekam kecerahan yang disukai pengguna. Setelah itu, AI Smart Backlight dapat menyesuaikan secara otomatis kecerahan layar sesuai preferensi pengguna tepat pada waktunya.

Baca juga: Inilah Lima Perbedaan Utama OPPO Reno5 F vs Reno4 F

Untuk sunlight screen, saat berada di bawah sinar matahari, kecerahan layar meningkat 14,5% secara otomatis hingga 550 nits. Pengguna tidak perlu lagi menghalangi cahaya dengan tangan saat melihat layar. Sedangkan saat berada di lingkungan gelap atau pada malam hari, Moonlight Screen dapat dengan cerdas mengurangi kecerahan hingga 2 nits. Cahaya layar menjadi lembut dan tidak akan menyilaukan mata. Juga terdapat Eye Comfort untuk mengurangi cahaya biru layar untuk mencegah ketegangan mata. Pengguna dapat secara manual mengaktifkan fitur ini atau mengatur periode secara terjadwal.

Spesifikasi OPPO A54 yang Andal di Kelasnya

OPPO A54 spesifikasi dan harga OPPO A54 dilengkapi prosesor Mediatek Helio P35, dikombinasikan dengan 4GB RAM LPDDR 4X yang memiliki peningkatan peak performance 10% lebih tinggi dari teknologi sebelumnya dan penyimpanan internal 128GB yang masih dapat diperluas hingga 256GB

Smart memory scaling, OPPO A54 dilengkapi dengan teknologi Oswap yang terdiri dari Z-Ram dan LandSwap Speeding Technologies. Dengan melakukan kompresi RAM ke EMC, atau memanfaatkan kemampuan ROM, teknologi ini dapat memanfaatkan ruang penyimpanan yang tersedia  untuk meningkatkan kecepatan sistem. Dengan cara ini, RAM 4 GB dapat bekerja layaknya RAM 6 GB.

Selanjutnya di sektor kamera, terdapat AI Scene Enhancement otomatis akan diaktifkan dan mendukung pengenalan otomatis dari 23 suasana. Kemudian ada Ultra Night Mode dapat diaktifkan secara manual, fitur ini bekerja untuk kamera belakang. Saat memotret di lingkungan yang gelap dengan Ultra Night Mode dihidupkan, perangkat dapat menyesuaikan eksposur secara otomatis disesuaikan melalui sistem pengukuran berbasis kecerdasan buatan.

Fitur di atas biasanya berada pada perangkat Reno series. Sementara efek bokeh tak hanya di kamera belakang, tetapi juga dapat diterapkan pada kamera depan. Begitupun dengan AI Beautification 2.0, saat mengambil foto selfie grup, efek kecantikan dapat diatur secara cerdas sesuai dengan cahaya sekitar dan warna kulit yang berbeda.

Tertarik membeli smartphone OPPO stylish nan terjangkau satu ini?  OPPO A54 tersedia mulai tanggal 1 April 2021 ini di toko resmi dan rekanan ritel OPPO di seluruh Indonesia. Harga OPPO A54 adalah Rp2,7 juta.


Cek harga smartphone OPPO di

Tokopedia Lazada

Tinggalkan komen