Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Lima Fitur Canggih Baterai OPPO A54, Smartphone Stylish Harga Rp2,7 Jutaan

Bulan Ramadan adalah waktu yang lumrah bagi masyarakat (dan tentu Gizmo friends) untuk melakukan tradisi ganti smartphone. Ya, mumpung lagi banyak rezeki atau baru saja mendapat THR, sah-sah aja. Cari smartphone murah yang awet baterai? OPPO A54 bisa jadi alternatif terbaik.

OPPO A54 sendiri merupakan salah satu smartphone terbaru dari OPPO Indonesia, rilis sebagai penerus dari seri OPPO A31. Menurut saya pribadi, yang menjadi keunggulan smartphone ini, utamanya ada dua; desainnya yang sangat stylish, dan juga daya tahan baterai OPPO A54 yang memang awet. Nilai jual yang cukup menyenangkan.

Dijual dengan harga mulai dari Rp2,7 juta, OPPO A54 juga tawarkan fitur menarik lainnya, lewat kombinasi hardware serta tampilan antarmuka ColorOS. Namun di sini, kami ingin meng-highlight fitur baterai OPPO A54 yang mungkin belum Gizmo friends ketahui. Dan berikut adalah 5 fitur utama yang cukup menarik untuk diketahui.

Baca juga: Review OPPO A54: Unggulkan Desain Stylish & Baterai Prima

Baterai OPPO A54 Dukung Pengisian 18W

Kelengkapan OPPO A54

Tidak perlu membeli smartphone flagship, baterai OPPO A54 juga telah didukung dengan teknologi fast charging. Dengan arus hingga 18 watt, proses pengisiannya tak perlu membutuhkan waktu lama. Kombinasi yang sangat pas bila digabungkan dengan baterai 5,000 mAh.

Dengan begitu, Gizmo friends dapat fokus untuk menggunakan smartphone agar bisa menciptakan konten kreatif, terus tersambung dengan teman, sampai melakukan panggilan video lewat platform seperti Zoom hingga berjam-jam tanpa khawatir baterai akan habis.

Interface-nya pun juga sudah menggunakan port USB-C, sehingga lebih modern dan sama dengan perangkat seri lebih mahal dari OPPO. Artinya, tak perlu membawa jenis kabel berbeda, cukup satu kabel yang sama. Berikan kepraktisan tinggi.

Super Power Saving Mode

baterai OPPO A54

Fitur ini sangat bermanfaat dalam situasi darurat, ketika baterai OPPO A54 hampir habis dan tidak membawa pengisi daya atau jauh dari colokan. Selain mode power saving standar, juga disediakan mode yang lebih komprehensif yaitu Super Power Saving Mode.

Ketika diaktifkan, tampilan layar akan berubah menjadi lebih polos, dengan latar berwarna hitam. Dalam mode ini, kamu hanya diberi lima pilihan aplikasi saja, sementara sisanya ‘terkunci’ demi menghemat daya. Dengan baterai OPPO A54 tersisa 10% saja, kamu tetap bisa menggunakannya hingga berjam-jam.

Sleep Standby Optimization

Nah, fitur ini cocok buat Gizmo friends yang mager atau malas mengisi daya smartphone sebelum tidur. Contoh skenario adalah baru pulang dari luar rumah dan langsung tertidur. Kalau tidak dicek, smartphone yang sedang dibawa, bisa habis dayanya di pagi atau bahkan saat kita tidur. Panggilan masuk bakal tak terdeteksi.

Dengan Sleep Standby Optimization, secara pintar smartphone akan masuk ke dalam mode layaknya sleep pada perangkat komputer. Aplikasi yang tidak perlu, akan dihentikan selama jam tidur dan perangkat tidak bergerak, tujuannya agar baterai OPPO A54 hanya turun dalam sekian persen saja selama durasi tidur.

Optimized Night Charging

baterai OPPO A54

Baterai sudah hampir habis, ingin isi daya sebelum tidur, tapi takut overcharge kalau dibiarkan sampai pagi hari? Nggak perlu khawatir, karena baterai OPPO A54 dapat terlindungi lewat fitur yang satu ini. Sesuai namanya, Optimized Night Charging adalah fitur pengoptimalan isi daya malam hari.

Ketika fitur ini aktif, smartphone hanya akan terisi dayanya sampai kurang lebih 80%, dan baru akan terisi penuh di waktu normal bangun tidur, alias pagi hari. Fitur ini memanfaatkan AI untuk mempelajari jadwal tidur penggunanya, supaya bekerja lebih akurat. Sehingga baterai OPPO A54 bakal lebih awet untuk penggunaan sekian tahun berikutnya.

Screen Battery Optimization

baterai OPPO A54

Ini adalah fitu optimalisasi baterai OPPO A54 yang juga bisa dimanfaatkan untuk menghemat daya. Bila diaktifkan, efek transisi pada aplikasi tertentu bakal dikurangi, supaya tak memerlukan banyak tenaga untuk menjalankannya (kecuali aplikasi kamera dan galeri foto).

Terdapat dua mode yang bisa dipilih di dalam menu Screen Battery Optimization. Kalau Balance Mode, bisa menghemat daya sampai 5%, sementara kalau Super power saving mode bisa hemat sampai 10%. Jadi bisa lebih maksimal dan irit baterai.

Lima fitur ini bisa dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan masing-masing, demi meraih durasi penggunaan yang paling awet atau pas sehari-hari. Meski harganya terjangkau, baterai OPPO A54 dilengkapi fitur canggih seperti Optimized Night Charging, supaya umur baterai lebih panjang.


Disclaimer: artikel ini merupakan kerja sama dengan OPPO Indonesia

Tinggalkan komen