Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Huawei Mate40 Pro Hadir di Indonesia, Flagship dengan Kamera 50MP

1 1.625

Melanjutkan kesuksesan dari Mate30 series yang telah diluncurkan tahun lalu, Huawei CBG Indonesia kali ini resmikan flagship terbaik mereka di penutup tahun 2020. Ya, Huawei Mate40 Pro adalah smartphone pertama Huawei yang gunakan chipset dengan fabrikasi 5nm terbarunya, juga membawa peningkatan pada sektor kameranya, yang selalu menjadi keunggulan utama.

Desainnya masih tak jauh berbeda dari generasi sebelumnya, meskipun kamera belakangnya kini punya desain yang lebih bold. Sensor kameranya kini disusun secara sirkular menggunakan desain yang mereka sebut dengan “Space Ring”, melingkari logo Leica di dalamnya. Sementara pada bagian depan, masih mengusung tampilan layar lengkung di sisi kiri dan kanannya.

Hadir dalam warna Mystic Silver, bagian depan dan belakangnya gunakan material kaca, sementara bingkainya terbuat dari aluminium. Meski punya desain cantik, terdapat sertifikasi IP68 untuk ketahanan saat masuk ke dalam air hingga kedalaman 1,5 meter. Panel layarnya juga sudah ditingkatkan untuk standar flagship 2020.
Baca juga: Review Huawei Gentle Monster Eyewear II: Kacamata Stylish dan Canggih

Keunggulan Huawei Mate40 Pro

Huawei Mate 40 Pro

Gunakan panel OLED, resolusinya hampir mencapai 1440p dengan kerapatan piksel hingga 456ppi. Panel tersebut sudah mendukung refresh rate 90Hz, touch sampling rate 240Hz hingga konten dengan standar HDR10. Dan walaupun lengkungan layarnya cukup ekstrim, Huawei tetap dapat menyematkan tombol fisik untuk volume dan power di sisi bodinya, selain opsi tombol virtual.

Untuk kameranya, Huawei benamkan beberapa sensor di bagian depan yang juga berfungsi sebagai metode keamanan biometrik. Selain sensor 3D time-of-flight (ToF), juga disematkan sensor 13MP f/2.4 ultra-wide, yang bisa dimanfaatkan untuk ambil foto sudut pandang lebar 18mm. Meski dimensinya harus jadi sedikit lebih lebar dari sekadar satu sensor kamera punch-hole.

Huawei juga berikan fitur Eyes-On Display yang cukup menarik. Layar akan secara otomatis menyala ketika wajah sedang menatap layar smartphone, lalu kembali meredup dalam beberapa detik saat tidak digunakan. Tentunya bakal menghemat konsumsi baterai secara signifikan.

Sementara di belakang, terdapat tiga sensor yang bisa menangkap gambar, serta tambahan sensor laser autofocus guna percepat pengambilan fokus. Sensor utamanya punya resolusi besar 50MP f/1.9 dengan dimensi fisik yang juga besar di 1/1,28 inci, mendukung omni-directional PDAF.

Dan sama seperti Huawei P40 Pro series, lensa ultra wide-anglenya juga cukup spesial, beresolusi 20MP dengan diafragma cukup besar di f/1.8, mendukung PDAF. Ditambah sebuah sensor periskop 12MP f/3.4 yang mendukung OIS dan 5x optical zoom. Baik kamera depan maupun belakang bisa rekam video sampai resolusi 4K 60fps.

Chipset yang digunakan adalah chipset baru Kirin 9000, salah satu yang pertama gunakan fabrikasi 5nm. Sudah mendukung jaringan 5G, clockspeed tertingginya mencapai 3,13GHz, dengan GPU 24-core dan NPU khusus untuk olah kemampuan AI. Digabungkan dengan sensor kamera depan, Huawei Mate40 Pro punya fitur AI Gesture Control, kendalikan layar lewat gestur tangan di atas layar.

Prosesor yang kencang juga mungkinkan Huawei untuk berikan fitur kamera seperti mode perekaman kamera depan dan belakang secara simultan, sampai super slow-motion 3840fps di Huawei Mate40 Pro. Baterai 4,400 mAh-nya bisa diisi dengan sangat cepat, lewat dukungan 66W charger & 50W wireless charger.

Harga Huawei Mate40 Pro

Harga Huawei Mate40 Pro

Huawei Mate40 Pro dijual secara pre-order, di mana konsumen bakal mendapatkan voucher potongan harga Rp1 juta. Harga resminya sendiri Rp15,999 juta, dan masih ada promo lain seperti cashback tambahan Rp1 juta dari bank yang bekerja sama, serta cashback trade-in hingga Rp600 ribu. Huawei juga berikan gratis cloud storage 50GB selama 12 bulan serta layanan purnajual VIP one-to-one.

Gizmo friends bisa melakukan pre-order Huawei Mate40 Pro hingga 22 Desember 2020 mendatang. Baik secara daring (JDID, Eraspace & Tokopedia) dan juga luring di Erafone serta Huawei High-end Experience Shop. Menjalankan EMUI 11, tentunya smartphone ini masih hadir tanpa layanan Google seperti seri-seri sebelumnya.

Artinya, Gizmo friends harus mengetahui bila aplikasi Google yang umumnya ada di smartphone Android, bakal absen sampai tak bisa di-instal di Huawei Mate40 Pro. Meski Huawei AppGallery sudah mulai mengejar ketertinggalan, ditambah ekosistem perangkat Huawei yang sudah cukup lengkap dan terintegrasi satu sama lain.