Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Inilah Harga, Spesifikasi dan Fitur Unggulan Huawei Nova 3i di Indonesia

Ambisi Huawei untuk mendominasi pasar smartphone kian terbuka. Laporan terbaru IDC menyebut raksasa teknologi asal Tiongkok tersebut kini telah menduduki posisi kedua produsen smartphone. Produk baru pun terus digelontorkan. Seperti belum lama ini mereka meluncurkan Huawei nova 3i untuk memperkuat pengaruhnya di Indonesia.

Smartphone ini adalah generasi ketiga perangkat nova i yang memiliki desain fashionable disertai dengan peningkatan fotografi  berkat fitur empat kamera yang diperkuat teknologi artificial intelligence (AI). Selain itu, bagian belakang Huawei nova 3i dibungkus lapisan tipis bertekstur khusus di bawah lapisan kaca yang menghasilkan warna gradasi dan tampilan yang unik.

Huawei nova 3i memiliki layar FullView berukuran 6,3 inci, empat kamera beresolusi tinggi dengan kombinasi dua lensa 24MP dan 2MP di depan serta kombinasi lensa 16MP dan 2MP di belakang. Kombinasi antara prosesor terbaru Kirin 710 SoC dengan kemampuan AI dan antarmuka EMUI 8.2 terbaru menghasilkan handset yang akan menawarkan pengalaman fotografi empat kamera yang biasanya ditawarkan pesaing pada smartphone premium mereka.

Lo Khing Seng, Deputy Country Director Huawei Device Indonesia, mengatakan Huawei nova 3i diciptakan bagi pemuda Indonesia yang energetik. “Smartphone ini bukan hanya sekadar pernyataan gaya hidup tapi menjadi medium bagi para pemuda itu dalam menikmati hiburan, menge ksplorasi, dan mengekspresikan dirinya,” ujar Lo Khing Seng.

Fitur Huawei nova 3i

4 kamera 

Sebagaimana seri sebelumnya, Huawei nova 3i dilengkapi dengan empat kamera sekaligus. Masing-masing ada dua kamera di depan dan dua kamera di belakang.

Konfigurasinya adalah kamera belakang merupakan kombinasi 16 MP + 2 MP dengan aperture F/2.2 dan memiliki depth sensor. Sedangkan kamera depan memiliki kombinasi 24 MP + 2 MP dengan aperture F/2.0 disertai depth sensor.

Jika dilihat dari konfigurasi di atas, sebenarnya masih belum bisa dibilang ideal, karena perbedaan antara lensa pertama dan kedua terpaut jauh. Lensa kedua dengan resolusi 2MP hanya sekadar pelengkap saja. Tidak mampu berbuat lebih banyak.

Di sini, peran lensa utama bertugas merekam detail dengan lensa lebar yang memiliki bukaan atau aperture f/2.0 untuk depan dan f/2.2 untuk belakang, sementara lensa kedua 2MP merekam data kedalaman dengan hardware pendeteksi kedalaman yang didedikasikan. Saat kedua lensa bersinergi, terciptalah foto-foto dengan efek bokeh. Dari aperture dan besaran resolusi pun terlihat bahwa kemampuan selfie lebih ditonjolkan di Huawei nova 3i.

Teknologi AI Fotografi

Memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan untuk fotografi, HUAWEI nova 3i bisa mengenali lebih dari 200 skenario dari delapan kategori, antara lain Blue Sky, Plant dan Beach, dan menerapkan satu set optimalisasi yang unik pada tiap pemotretan sambil melakukan beautification pada obyek foto secara terpisah. Algoritma beautification juga mempertimbangkan bagaimana orang-orang di seluruh dunia mempersepsikan kecantikan dan menerapkan sejumlah penyesuaian terhadap orang-orang yang dipotret berdasarkan jenis kelamin dan warna kulit.

Lebih jauh, hardware pada Huawei nova 3i mendukung pratinjau cuplikan HDR secara real-time. Perangkat nova i generasi ketiga ini juga mendukung lima pencahayaan berkualitas studio, yaitu pencahayaan lembut, pencahayaan kupu-kupu, pencahayaan panggung, pencahayaan terpisah, dan pencahayaan klasik.

Huawei nova 3i diklaim dapat secara akurat memetakan lima fitur wajah subyek foto dan mengembangkan model 3D, yang kemudian digunakan untuk mengidentifikasi area yang memerlukan pencahayaan tambahan atau perlu dilakukan beautification.

Sebagai perangkat yang dibuat bagi mereka yang menganggap smartphone sebagai alat yang amat penting untuk mengekspresikan dirinya, Huawei nova 3i dilengkapi dengan kamera belakang yang powerful juga. Kamera belakang ini mengkombinasikan sensor utama 16MP dan sensor kedua 2MP. Kombinasi ini dapat memotret foto dan video yang cerah sambil merekam data kedalaman untuk menciptakan efek bokeh profesional, hasilnya adalah foto-foto yang tampak alami.

Huawei mengklaim, teknologi AI pada fotografi yang dikembangkannya ini adalah yang terbaik di industri. Teknologi AI dapat membedakan lebih dari 500 skenario, memilah-milahnya ke dalam 22 tipe dan melakukan optimalisasi pada tiap pengambilan gambar. Saat dipakai mengambil foto, handset ini akan membantu pengguna dengan komposisi yang cerdas, membuat seorang amatir pun bisa dengan mudah memotret dengan hasil yang cantik.

Di dunia dengan orang-orang yang makin nyaman berkomunikasi menggunakan video pendek, fitur perekaman video gerak super lambat 480fps pada Huawei nova 3i membuat pengguna bisa dengan mudah memperlambat momen-momen yang penuh kecepatan, katakanlah seperti pelari parkour atau aksi skateboard. Dengan pembelajaran mesin AI, Huawei nova 3i juga mendukung 3D Qmoji, sebuah fitur menyenangkan yang akan mengubah wajah pengguna menjadi avatar digital.

Related Posts
1 daripada 3

Layar FullView 

Huawei nova 3i memiliki desain yang trendi dan diciptakan dengan teliti, sehingga smartphone ini sangat fashionable. Tubuhnya menampakkan warna gradasi Iris Purple yang memikat dan layar FullView yang lebar, menawarkan rasio screen-to-body yang amat tinggi dan tampilan depan yang sangat estetis.

Huawei nova 3i menggunakan layar FHD+ generasi terbaru, berukuran 6,3 inci (2340×1080) dan rasio 19.5:9. Dengan spek seperti ini, layar Huawei nova 3i dapat menampilkan gambar lebih besar dan lebih tajam, meski terlihat lebih ramping ketimbang pendahulunya. Pembaruan lainnya adalah reproduksi warna: generasi terbaru ini mencakup 85 persen gamut warna, lebih tinggi 10 persen ketimbang generasi sebelumnya, sehingga hasilnya adalah pengalaman melihat layar tanpa tandingan.

Desain Iris Purple

Bagian depan Huawei nova 3i menampilkan desain yang simetris dan estetis. Speaker untuk telinga diletakkan dengan cantik di antara dua sensor. Di belakang layar yang memiliki notch itu terdapat lapisan kaca yang bertugas melindungi frame tengah yang terbuat dari paduan material aluminum-magnesium. Lapisan kaca ini bertransisi secara tak kasat mata ke frame tengah, sehingga perangkat ini tetap ramping dan nyaman digenggam.

Buah dari karya teknologi yang tinggi, warna gradasi Iris Purple tampil sempurna di lapisan tipis bertekstur di bawah kaca melengkung. Ungu dan biru berpadu harmonis dengan kontras seperti neon, menyatu bersama untuk menciptakan warna yang tampak sangat futuristik.

Performa didukung AI & GPU Turbo

Pasar smartphone saat ini sudah banyak diisi oleh perangkat yang diklaim sudah mendukung AI, termasuk yang ada di Huawei nova 3i. Untuk menunjang keinerjanya, Huawei nova 3i menggunakan prosesor Kirin 710 SoC dan RAM sebesar 4GB. Sementara pada bagian antarmuka menggunakan EMUI.

Huawei nova 3i juga menggunakan GPU Turbo untuk mengoptimalkan kemampuan pemrosesan grafisnya. GPU Turbo adalah teknologi pengakselerasi pemrosesan grafis yang mengubah cara grafis diolah di level sistem; fitur ini meningkatkan integrasi software-hardware, mengatasi masalah bottleneck yang selama ini menahan CPU dan GPU.

GPU Turbo membuat perangkat bisa menjalankan game yang memiliki grafis paling intensif sekalipun, dengan mendongkrak performa dan efisiensi, sebuah pencapaian yang menentang pepatah lama, bahwa sesuatu bisa ada dengan mengorbankan yang lain. Pada saat peluncuran, GPU Turbo mendukung PUBG MOBILE dan Mobile Legends. Dukungan terhadap game-game lain disebut akan menyusul.

Selain GPU Turbo, Huawei nova 3i mendukung AI gaming mode yang mendorong performa SoC maksimal tanpa intervensi sebabbisa memblokir notifikasi dan panggilan telepon yang kurang penting, supaya tak mengganggu permainan.

Harga Huawei nova 3i

Mulai31 Juli 2018, Huawei nova 3i sudah tersedia di Indonesia dengan harga Rp 4.199.000. Huawei menggelar program pre-order mulai 31 Juli hingga 10 Agustus 2018 di Erafone dan Lazada. Konsumen yang melakukan pembelian pada periode 31 Juli hingga 7 Agustus 2018 akan mendapatkan bonus cashback sebesar Rp 200.000 dan hadiah eksklusif berupa earphone Bluetooth Huawei.

Bagi konsumen yang telah melakukan pre-order dan hadir pada program First Sale yang diadakan oleh Erafone di pusat perbelanjaan Kota Kasablanka pada tanggal 11 Agustus 2018, berhak mendapatkan satu hadiah eksklusif tambahan. Adapun pada 8 Agustus, Lazada akan mengadakan first sale untuk nova 3i.

Spesifikasi Huawei Nova 3i

Klik pada gambar untuk mengetahui spesifikasi lebih detail

General

  • Device Type
    Smartphone
  • Model / Series
    Huawei Nova 3i
  • Released
    31 Juli, 2018
  • Status
    Available
  • Price
    Rp 4.199.000 (launch price)

Platform

  • Hisilicon Kirin 710
  • CPU
    Octa-core (4x2.2 GHz Cortex-A73 & 4x1.7 GHz Cortex-A53)
  • GPU
    Mali-G51 MP4
  • RAM (Memory)
    4 GB
  • Storage
    128 GB ROM
  • Operating System
    Android 8.1
  • User Interface
    EMUI 8.2

Design

  • Dimensions
    157.6 x 75.2 x 7.6 mm
  • Weight
    169 g
  • Design Features
    Colors: Black, Pearl White, Iris Purple
  • Battery
    Non-removable Li-Ion 3340 mAh battery

Network

  • Network Frequency
    LTE TDD / LTE FDD / WCDMA / EDGE / GPRS
  • SIM
    Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  • Data Speed
    HSPA, LTE

Display

  • Screen Type
    IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
  • Size and Resolution
    6.3 inches (~82.2% screen-to-body ratio); 1080 x 2340 pixels, 19.5:9 ratio
  • Touch Screen
    Yes, Multitouch capacitive touchscreen

Camera

  • Multi Camera
    Yes (Rear & Front)
  • Rear
    16 MP, f/2.2, PDAF 2 MP, depth sensor
  • Front
    24 MP 2 MP, depth sensor
  • Flash
    Yes, dual-LED (dual tone) flash
  • Video
  • Camera Features
    Super slow-motion, phase detection & laser autofocus, Depth Auto Focus, 2x Hybrid Zoom,
    geo-tagging, touch focus, face/smile detection, panorama, HDR,artistic portait

Connectivity

  • Wi-fi Wi-Fi is a popular wireless networking technology using radio waves to provide high-speed network connections that allows devices to communicate without cords or cables, Wi-Fi is increasingly becoming the preferred mode of internet connectivity all over the world.
    Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
  • Bluetooth Bluetooth is a wireless communications technology for exchanging data between mobile phones, headsets, computers and other network devices over short distances without wires, Bluetooth technology was primarily designed to support simple wireless networking of personal consumer devices.
    Yes, v4.2, A2DP, LE
  • USB
    Yes, with A-GPS, GLONASS, BDS
  • GPS GPS The Global Positioning System is a satellite-based radio navigation system, GPS permits users to determine their position, velocity and the time 24 hours a day, in all weather, anywhere in the world, In order to locate your position, your device or GPS receiver must have a clear view of the sky.
    GPS / AGPS / Glonass / BeiDou Navigation Satellite System
  • HDMI HDMI (High-Definition Multimedia Interface) is a compact audio/video interface for transferring uncompressed video data and compressed or uncompressed digital audio data from a HDMI-compliant source device to a compatible computer monitor, video projector, digital television, or digital audio device.
    No
  • NFC NFC (Near field communication) is a set of standards for smartphones and similar devices to establish peer-to-peer radio communications with each other by touching them together or bringing them into proximity, usually no more than a few inches.
  • Infrared Infrared connectivity is an old wireless technology used to connect two electronic devices. It uses a beam of infrared light to transmit information and so requires direct line of sight and operates only at close range.
    No

Smartphone Features

  • Multimedia Features
    Audio File Formats: mp3 / mp4 / 3gp / wma / ogg / amr / aac / flac / wav / midi / ra
    Support 192 Khz / 24 bit

    3gp / mp4 / wmv / rm / rmvb / asf
  • FM Radio
    No
  • Web Browser Web Browser => a web browser is a software application used to locate, retrieve and display content on the World Wide Web, including Web pages, images, video and other files, The primary function of a web browser is to render HTML, the code used to design or markup webpages.
    HTML 5 with Android Browser, Google Chrome
  • Messaging
    SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
  • Sensors Sensors are electronic components that detects and responds to some type of input from the physical environment. The specific input could be light, heat, motion, moisture, pressure and location, The output is generally a signal that is converted to use in computing systems, a location sensor, such as a GPS receiver is able to detect current location of your electronic device.
    Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
  • Other
    - Battery charging 10W
    - Active noise cancellation with dedicated mic

Get real time updates directly on you device, subscribe now.