Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

OPPO Reno4 Pro Versi Global Rilis di India dengan SuperVOOC 65W

0 6.459

Tidak semua orang memiliki kebutuhan yang sama untuk sebuah smartphone. Alasan tersebut sering digunakan, terutama oleh OPPO Indonesia dalam memperkenalkan smartphone terbarunya. Spesifikasi beberapa smartphone OPPO di Indonesia dan negara lainnya memang umumnya dibuat berbeda. Jika OPPO Reno4 Pro sebelumnya sudah dirilis di China, kali ini OPPO perkenalkan varian globalnya di India, dengan spesifikasi yang memang berbeda.

Namun jika ditilik lebih dalam, OPPO Reno4 Pro memiliki kemiripan spesifikasi seperti varian Indonesia yang dipamerkan beberapa waktu lalu, yaitu penggunaan chipset Qualcomm Snapdragon 720G, bukan Snapdragron 765G seperti di China. Lalu bagaimana dengan spesifikasi lainnya seperti layar dan kamera? Mari kita kupas satu persatu.

Spesifikasi OPPO Reno4 Pro Versi India

OPPO Reno4 Pro

Secara desain, OPPO Reno4 Pro varian China serta India (yang diklaim merupakan basis untuk versi global) terlihat sama. Keduanya sama-sama mengusung layar 3D curved di bagian depannya, dengan satu kamera punch-hole kecil di sisi kiri atas. Perbedaan terletak pada modul kamera belakang, dimana empat kameranya diletakkan sejajar dengan ukuran yang identik.

Sama-sama dibuat tipis (7,7mm) dan ringan (161 gram), OPPO Reno4 Pro di India hadir dalam dua pilihan warna; Starry Night dan Silky White, gunakan permukaan matte sehingga tidak mudah kotor. Layar depannya punya panel 6,5 inci E3 Super AMOLED, full HD+ dan mendukung refresh rate hingga 90Hz.

Yang bisa dibilang impresif adalah tingkat kecerahannya, maksimal mencapai 1,100 nits. Smartphone ini hadir dengan sertifikasi Widevine L1 untuk streaming konten Netflix dalam resolusi full HD, dan juga sudah mendukung efek audio Dolby Atmos.

Di bagian belakang, terdapat sensor kamera utama 48MP Sony IMX586 f/1.7, ditemani kamera 8MP ultra wide-angle dan dua kamera 2MP. Masing-masing berfungsi sebagai kamera makro dan kamera mono (hitam putih). OPPO siapkan mode potret khusus, mode malam serta mode Ultra Steady Video. Tak dijabarkan detil modenya, namun kami menduga fiturnya sama seperti AI Color Portrait.

Meski kamera depannya hanya satu, resolusinya cukup tinggi di 32MP, gunakan sensor Sony IMX616 f/2.4. Chipset Snapdragon 720G pada OPPO Reno4 Pro dipasangkan dengan RAM 8GB serta pilihan penyimpanan 128GB & 256GB. Meski tipis, OPPO masih bisa menyematkan sebuah teknologi pendingin khusus, kombinasi dari lembaran grafit, tabung grafit serta foil tembaga sebagai penyalur panas.

Bawa SuperVOOC 2.0, Harga Lebih Murah dari Reno3 Pro

OPPO Reno4 Pro

Pendingin tersebut mungkin juga bermanfaat untuk atur suhu OPPO Reno4 Pro ketika diisi daya. Pasalnya, smartphone ini hadir dengan SuperVOOC 2.0 65 watt. Dengan baterai berkapasitas 4,000 mAh, hanya perlu waktu 36 menit untuk isi dayanya sampai penuh. OPPO mengklaim isi daya 5 menit sanggup digunakan untuk menonton video 4 jam.

Lalu berapa harga OPPO Reno4 Pro di India? Tersedia mulai 5 Agustus mendatang, alias mendekati tanggal ketersediaan OPPO Reno4 & OPPO Watch di Indonesia. OPPO Reno4 Pro dibanderol INR34,990, atau setara Rp6,8 jutaan. Harga tersebut jauh lebih murah jika dibandingkan harga awal Reno3 Pro di Indonesia, yang berkirar Rp8,999 juta.