Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

OPPO Reno4 Series Unggulkan Kemampuan Rekam Video Malam Hari

0 11.159

Belum lama hadirkan seri Reno3 di Indonesia, OPPO sudah menyiapkan generasi yang lebih baru, yaitu OPPO Reno4 series. Diluncurkan di negara asalnya, Reno 4 hadir dalam dua versi, masing-masing mengunggulkan kemampuan kamera serta videografinya. Dan juga sama seperti generasi sebelumnya, OPPO Reno4 series didesain sangat tipis serta ringan dalam genggaman.

Dari segi desain, bagian belakangnya miliki desain modul kamera yang baru. Yang ditonjolkan masing-masing adalah setup tiga kamera dengan bantuan laser AF di bawahnya. Sementara pada bagian depan, keduanya punya tampilan yang berbeda. Kalau OPPO Reno4 terlihat serupa dengan Reno3 Pro, maka Reno4 Pro lebih mirip seperti sang flagship terbaik OPPO di awal tahun 2020, yaitu Find X2 Pro.

Spesifikasi OPPO Reno4 Series

OPPO Reno4 Series
OPPO Reno4 (kiri) & Reno4 Pro (kanan).

OPPO Reno4 Pro miliki desain belakang 3D curved dengan layar curved di bagian depan, sementara Reno4 hadir lebih sederhana gunakan layar flat. Menjadi salah satu smartphone 5G yang paling ringan saat ini, bobot OPPO Reno4 Pro hanya 172 gram saja, dengan ketebalan 7,6mm. Reno4 hadir 0,2mm lebih tebal dan lebih berat 11 gram. Keduanya menjalankan chipset Snapdragon 765G dengan sistem pendingin agar smartphone tidak overheat.

Untuk layarnya sendiri, OPPO Reno4 hadir dengan panel AMOLED 6,4 inci full HD+, serta miliki dua kamera punch-hole yang masing-masing beresolusi 32MP dengan bantuan kamera depth sensor 2MP. Varian Pro hanya gunakan satu kamera depan 32MP saja, namun layarnya sudah mendukung refresh rate hingga 90Hz. Juga dengan standar gamut warna 100% DCI-P3, HDR10+ dan touch sampling rate 180Hz. Meski tak terlihat dari luar, hanya OPPO Reno4 yang dilengkapi setup speaker stereo dengan dukungan Dolby Atmos.

Keduanya punya kapasitas baterai yang sama di 4.000 mAh. Baik OPPO Reno4 & Reno4 Pro telah mendukung SuperVOOC 65 watt. Artinya, smartphone ini hanya membutuhkan waktu 15 menit untuk isi daya hingga 60%, dan penuh dalam waktu 36 menit saja. Tampilan antarmuka ColorOS 7.2 hadir dengan basis Android 10.

Perbedaaan jauh lainnya terdapat pada setup kamera utamanya. OPPO Reno4 gunakan sensor utama Sony IMX586 48MP f/1.7, dipasangkan dengan kamera 8MP ultra-wide dan 2MP black and white sensor. OPPO Reno4 Pro punya sensor utama yang sama, hanya saja dilengkapi dengan OIS. Kamera ultra-widenya juga meningkat ke 12MP f/2.2, gunakan sensor Sony IMX708 yang mendukug autofocus. Plus satu kamera telefoto 13MP f/2.4 yang bisa hadirkan pembesaran optikal sampai 5x, atau digital zoom 20x.

OPPO telah mengembangkan algoritma baru untuk hasil video terbaik dalam kondisi kurang cahaya, yang dikabarkan memerlukan waktu lebih dari satu tahun. Algoritma ini mampu hasilkan video yang terang serta berwarna meski pada malam hari. Selain itu, OPPO Reno4 series juga dilengkapi Video Anti-Shake 3.0 melalui kamera ultra-widenya, serta stabilisasi pada kamera depan untuk kemudahan perekaman vlog.

Menunjukkan keseriusannya dalam hal perekaman video, kedua smartphone memiliki fitur live HDR video, serta opsi merekam dalam format rasio 21:9 dengan parameter manual. Belum ada informasi detil mengenai hal ini, namun OPPO menyebutkan jika fitur tersebut membuat pengguna miliki pengalaman rekam video profesional. Keduanya sanggup rekam video hingga 4K 30fps, atau slow-motion 240fps pada resolusi HD.

Harga OPPO Reno4 Series

OPPO Reno4 Pro Glitter Green

OPPO Reno4 series telah tersedia di China dan dapat dibeli melalui jalur pre-order. Keduanya akan mulai tersedia di toko daring maupun luring pada 12 Juni mendatang. Varian termurah OPPO Reno4 dengan memori 8GB+128GB dijual seharga CNY2,999 (Rp5,9 jutaan), sementara Reno4 Pro di CNY3,799 atau Rp7,5 jutaan (dan CNY4,299 atau Rp8,5 jutaan untuk versi 12GB+256GB).

Lewat OPPO Reno4, OPPO mencoba memperkenalkan finishing “Reno Glow” pada bodi belakangnya, yang diklaim bebas bekas sidik jari dan lebih tahan goresan dibandingkan dengan kaca biasa. Bersamaan dengan itu, OPPO Reno4 Pro juga dihadirkan dalam warna spesial, Green Glitter yang cukup mencolok.


Beli smartphone OPPO di:

BLIBLI SHOPEE ERASPACE LAZADA JD.ID