Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Huawei P40 & P40 Pro Resmi Diperkenalkan, Bawa Kamera Leica 50MP

0 564

Melalui acara yang disiarkan langsung di kanal YouTube resminya, Kamis malam kemarin (26/3) Huawei secara resmi memperkenalkan lini smartphone flagship terbarunya, Huawei P40 series. Setelah beberapa foto dan spesifikasinya bocor di internet, kini akhirnya diketahui semua fitur-fitur canggih yang dibawa oleh smartphone hasil kerjasama Huawei serta Leica tersebut.

Selain fitur kamera yang makin mumpuni, Huawei juga memperbarui tampilannya agar terlihat lebih modern. Huawei P40 series juga diperkuat oleh chipset Kirin 990 5G besutan Huawei, yang sudah mendukung jaringan Wi-Fi 6 Plus.

Richard Yu, CEO Huawei Consumer BG memaparkan dalam sebuah rilis, “Huawei seri P selalu mengedepankan estetika inovatif dan membuat perangkat pengambilan gambar premium agar dapat diakses dengan mudah. Hal ini merepresentasikan kualitas terbaik dari desain dan teknologi di industri smartphone. Dengan sensor luar biasa, sistem kamera yang kami rancang bersama Leica, chipset dengan performa tinggi, dan Huawei XD Fusion Engine, Huawei seri P40 menjadi wujud nyata fokus kami dan membawa pengalaman Super Definition sepanjang hari untuk membantu pengguna kami dalam merealisasikan visi kreatifnya.”

Baca juga: Huawei Indonesia Donasi Rp32 Miliar untuk Belajar Online Selama Pandemi COVID-19

Spesifikasi Huawei P40 Pro

Huawei P40 Pro

Ada yang berbeda dari tampak depan Huawei P40 Pro. Layarnya terlihat lebih penuh dari generasi sebelumnya, dengan bezel yang seolah-olah hanya ada di keempat sudut pojok layar. Huawei menggunakan desain Quad-curve Overflow pada layar P40 Pro yang terinspirasi dari seni gerak, menciptakan bentuk yang menyerupai permukaan air pada gelas yang penuh. Jadi tidak hanya sisi kiri dan kanan, atas bawah pun dibuat penuh hingga mencapai sudut lengkung. Dimensinya 6,58 inci OLED, beresolusi 2640 x 1200 pixel dan sudah mendukung refresh rate 90Hz. Sensor in-display fingerprint milik P40 series diklaim 30% lebih cepat dari sebelumnya.

Tak lagi menggunakan notch yang lebih seperti pada Mate30, Huawei P40 Pro menggunakan desain kamera punch hole yang sudah lebih kecil. Selain kamera 32MP dengan autofocus dan kemampuan rekam video 4K 60fps, Huawei menyematkan kamera inframerah yang membantu mengenali wajah dalam kondisi cahaya apapun, serta efek bokeh yang lebih halus dan Smart Gesture Control.

Huawei P40 Pro dilengkapi Ultra Vision Leica Quad Camera di sisi belakangnya, menggunakan frame kotak serupa smartphone flagship 2020. Sensor utamanya beresolusi 50MP f/1.9, dengan dimensi fisik 1/1.28 inci yang bahkan lebih besar dari Galaxy S20 Ultra sekalipun (1/1.33 inci). Menggunakan filter warna RYYB, Octa Phase Detection AF dan OIS, sensor utama Huawei P40 series menjadi yang terbesar serta membawa teknologi full pixel octa PD autofocus pertama pada smartphone.

Kamera periskop masih dibawa dari Huawei P30 Pro, beresolusi 12MP f/3.4, konfigurasi RYYB, OIS dan pembesaran 5x optical. Lalu ada kamera ultrawide angle Cine Lens 40MP f/1.8 (18mm), sensor ToF untuk depth sensing dan color temperature sensor. Selain dukungan perekaman 4K 60fps, ada juga fitur Super Steady Telephoto Video yang memanfaatkan OIS. Kamera ultrawide-nya mampu rekam video HDR dengan ISO maksimum sampai 51,200. Ada juga 4K time lapse dan slow-motion hingga 7680fps.

Mengantongi sertifikasi IP68 yang tahan debu dan air, Huawei P40 Pro punya baterai berkapasitas 4200 mAh. Smartphone ini mendukung pengecasan hingga 40 watt melalui port USB-C, dan 27 watt secara nirkabel menggunakan aksesori wireless charger yang mendukung.

Spesifikasi Huawei P40

Huawei P40

Menjadi yang paling sederhana, Huawei P40 punya layar OLED 6,1 inci full HD+ dengan permukaan rata, tanpa dukungan refresh rate tinggi. Kamera depannya sama-sama beresolusi 32MP, namun tanpa autofocus dan tidak ditemani kamera inframerah untuk face recognition yang lebih akurat.

Setup kamera utamanya hanya tiga buah. Meski begitu, kamera utamanya tetap sama, 50MP f/1.9 namun tanpa OIS. Kamera telefotonya beresolusi 8MP f/2.4 dengan pembesaran optik 3x, masih dilengkapi OIS. Lalu ada kamera ultra-wide 16MP f/2.2 17mm yang diletakkan di urutan paling bawah.

Kapasitas baterainya tentu lebih kecil di 3800 mAh, tanpa dukungan wireless charging dan wired charging 22,5 watt. Sertifikasi IP53 membuat smartphone ini tahan cipratan air. Sama-sama menggunakan chipset Kirin 990 5G, Huawei P40 tidak dilengkapi sistem pendingin empat lapis seperti pada P40 Pro.

Huawei P40 akan dijual dengan harga retail 799 Euro (atau sekitar Rp14 juta), konfigurasi 8GB+128GB. Sementara Huawei P40 Pro di 999 Euro (Rp17,5 jutaan) dengan konfigurasi 8GB+256GB. Keduanya akan mulai diluncurkan pada 7 April mendatang, dan Huawei mengklaim proses ketersediaannya tak akan terganggu oleh pandemi virus korona (Covid-19), karena komponen sudah didistribusikan sejak Desember 2019 lalu.


Beli smartphone Huawei di:

SHOPEE BLIBLI LAZADA ERASPACE  JD.ID