Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Huawei Rilis Tiga Gawai Murah: Y6p, Y5p & MatePad T8

0 5.338

Huawei seakan selalui tancap gas untuk terus merilis produk baru, mulai dari akhir 2019 hingga saat ini. Tujuan mereka untuk menciptakan sebuah ekosistem yang lengkap memang terlihat sangat serius, dilihat dari perilisan laptop, tablet dan smartphone-nya. Tak hanya flagship, Huawei juga merilis seri smartphone kelas entri, yaitu Huawei Y6p dan Y5p

Tak hanya itu, seri MatePad juga mendapatkan anggota baru, hadir dengan spesifikasi yang jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan MatePad Pro yang baru saja dirilis resmi di Indonesia. Huawei MatePad T8 adalah tablet kompak terjangkau dengan layar 8 inci.

Baca juga: Huawei MatePad Pro Resmi Hadir di Indonesia, Harga Rp11 Jutaan

Duo Ponsel Kelas Entri, Huawei Y6p & Y5p

Huawei Y6p

Dimulai dari dua smartphone kelas entri terbaru dari Huawei. Huawei Y6p memiliki desain cantik dengan bodi belakang menyerupai pantulan kaca. Mengingat kelasnya, bagian layar depan wajar jika belum menggunakan desain kamera punch-hole, alias masih waterdrop notch membawa kamera 8MP. Layarnya sendiri berdimensi 6,3 inci dengan panel IPS dan resolusi HD+.

Di bagian belakang terdapat tiga setup kamera; 13MP kamera utama, 5MP ultra-wide serta 2MP sebagai depth sensor. Urusan dapur pacu, smartphone ini mengusung chipset MediaTek Helio P22 dengan RAM 3GB serta memori internal 64GB, dapat ditingkatkan lewat kartu microSD. Kapasitas baterainya cukup besar di 5.000 mAh, sayangnya port-nya masih micro-USB.

Huawei Y5p, varian lebih murah dari Y6p

Berbeda dari Y6p, Huawei Y5p masih memiliki bezel atas dan bawah sama tebal, dengan dimensi layar TFT 5,45 inci. Kamera depannya beresolusi 5MP, sementara di belakang terdapat sebuah kamera 8MP yang ditemani LED flash. Chipset yang digunakan Huawei Y5p sama dengan Y6p, dengan kapasitas RAM dan internal yang lebih kecil di 2GB/32GB. Kapasitas baterainya juga cukup modis di 3,020 mAh.

Baik Huawei Y6p maupun Huawei Y5p sama-sama sudah menjalankan sistem operasi EMUI 10.1. Dan sama seperti seri flagship, hadir tanpa Google Mobile Services, digantikan oleh milik Huawei. Huawei Y6p & Y5p sudah tersedia secara pre-order di Romania, dengan harga masing-masing RON799 (Rp2,7 jutaan) & RON599 (Rp2 jutaan).

Tablet Murah Terbaru, Huawei MediaPad T8

Huawei MediaPad T8

Huawei MatePad T8 adalah tablet terjangkau dengan layar 8 inci beresolusi HD. Desainnya terlihat sangat sederhana, dimana bodi belakang hanya ada sebuah kamera 5MP di bodi belakangnya, menemani logo yang terletak di tengah. Sementara untuk kamera depan, disiapkan resolusi 2MP untuk kebutuhan video conference.

Huawei membenamkan chipset MTK8768 octa-core dengan RAM 2GB dan opsi penyimpanan memori 16GB/32GB. Untuk ukuran tablet layar 8 inci, kapasitas baterai 5.100 bisa dinilai sangat cukup. Sama seperti kedua smartphone, tablet ini menjalankan EMUI 10.1 dengan Android 10 tanpa GMS. Hadir dalam satu varian warna (blue), MatePad T8 dijual seharga RON500 (Rp1,699 juta).