alexa

iPhone 13 Series Punya Poni Lebih Kecil & Kamera Superior

California, Gizmologi – Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, Apple umumkan seri iPhone terbarunya setelah beberapa produk dan layanan lain diumumkan pada awal acara Apple Event. Menjadi dua seri yang pertama diresmikan, baik iPhone 13 & iPhone 13 Mini bawa peningkatan yang kurang lebih sama.

Keduanya bakal menjadi opsi termurah bagi para penggemar produk Apple yang ingin membeli iPhone versi terbaru. Tampilannya pun dibuat mirip, dengan tiga bagian yang benar-benar dibuat berbeda. Sudutnya tetap dibuat flat, bagian depan dan belakang gunakan kaca, dan diperkuat dengan lapisan tahan pecah pada layarnya.

Baca juga: GoPay Sudah Bisa Dipakai Untuk Apple App Store, Begini Caranya!

Hadir dalam lima warna berbeda, iPhone 13 punya opsi warna baru seperti warna pink, serta starlight yang terlihat seperti putih pucat. Sementara tiga warna lainnya (biru, hitam & merah) bisa ditemukan pada seri iPhone 12. Untuk membedakan ketika pengguna swafoto di depan kaca, iPhone 13 kini punya peletakan dua sensor kamera belakang yang dibuat diagonal.

Baterai iPhone 13 Lebih Awet

iPhone 13

Sementara ketika dibalik ke bagian depan, dimensi poni atau notch di bagian bodi atasnya kini mengecil. Lebih tepatnya, iPhone 13 series punya notch 20% lebih kecil, agar konten yang ditampilkan di layar lebih memuaskan. Sementara di dalamnya disematkan setup kamera depan serta sensor-sensor untuk keperluan keamanan Face ID.

Untuk spesifikasi layarnya sendiri, kini dibuat setara dengan iPhone 12 Pro series tahun lalu. Sama-sama gunakan panel OLED dengan pilihan ukuran 6,1 inci & 5,4 inci, kini kecerahannya dapat mencapai 1200 nits bila diperlukan, plus mendukung standar HDR10 serta Dolby Vision.

Di balik layar tersebut, iPhone 13 series juga dipersenjatai chipset A15 Bionic yang sama seperti pada iPad mini 2021. Bawa peningkatan performa CPU & GPU, hardware barunya juga dapat bekerja lebih efisien, meski masih sama-sama gunakan fabrikasi 5nm.

Dibandingkan dengan seri sebelumnya, iPhone 13 bakal punya daya tahan baterai 2,5 jam lebih lama. Sementara untuk versi Mini, dibuat 1,5 jam lebih lama—peningkatan yang patut diapresiasi, mengingat baterai iPhone 12 mini cukup banyak dikeluhkan oleh penggunanya.

Bawa Teknologi Kamera dari iPhone 12 Pro Max

iPhone 13

Pemindahan lokasi kedua sensor yang ada di bodi belakang iPhone terbaru ini bukanlah tanpa alasan. Sensor utamanya kini gunakan hardware yang sama persis dengan iPhone 12 Pro Max, punya dimensi fisik lebih besar serta desain stabilisasi yang lebih canggih.

Dengan begitu, cahaya yang ditangkap 50% lebih banyak, membuat pengambilan foto dalam kondisi cahaya kurang bisa lebih cepat. Begitu pula dengan sensor ultra wide-nya, gunakan sensor baru yang berikan kecerahan dan detail lebih tinggi. Sebuah fitur baru, Cinematic Mode, memungkinkan perekaman video dengan fokus yang bisa diubah baik sebelum dan sesudah perekaman dilakukan.

iPhone 13 Mini

iPhone 13 series juga bakal membawa lebih banyak dukungan jaringan 5G untuk penggunaan global lebih luas. Selain itu, kapasitas dasarnya kini meningkat menjadi 128GB, dengan dua opsi tambahan lainnya yaitu 256 & 512GB.

Harganya? Masih sama seperti generasi sebelumnya, yaitu mulai dari USD799 (Rp11 jutaan) untuk iPhone 13, atau USD699 (Rp9,9 jutaan) untuk varian mini. Bisa dibilang lebih murah, mengingat kapasitas penyimpanannya meningkat dua kali lipat.

Tinggalkan komen