iPhone 14 Dikabarkan Bakal Tampil Tanpa Notch, Tapi …

California, Gizmologi – iPhone 13 sudah masuk ke toko-toko, inilah saatnya iPhone 14 mengambil alih rumor yang berkembang. Ya, kabarnya smartphone ini hadir tanpa notch alias poni pada bagian depan layarnya.

Jon Prosser, leaker ternama baru-baru ini mempublikasikan render sesosok smartphone yang diklaimnya sebagai iPhone 14 Pro Max. Dia mengklaim, Apple mulai menghapus notch sebagai bagian dari desain iPhone, setelah debutnya di iPhone X.

Sebagai gantinya, Apple mengganti notch dengan hole-punch ala Samsung Galaxy S21 sebagai tempat kamera depan. Namun, ternyata tidak semua iPhone 14 akan hadir tanpa notch.

Hal ini seperti kicauan MacRumors di akun Twitter-nya, Rabu (7/10/2021) yang menyebutkan bahwa Apple tidak sepenuh hati menghapus notch pada seluruh tipe iPhone 14, namun kemudian postingan itu dihapus. Kicauan itu kemudian diamini Jon Prosser.

“Saya percaya ini adalah benar. Model yang kami tampilkan adalah iPhone 14 Pro Max (seperti yang saya sebutkan dalam laporan). Saya percaya untuk model yang biasa tetap akan ada notch,” balas Jon.

Mengenai perbedaan desain iPhone dalam satu seri memang bukan sesuatu yang langka dilakukan Apple. Biasanya, model Plus dan Pro selalu memiliki keunggulan dibandingkan dari model standar, salah satunya dari sisi desain.

Ya, misalnya saja di tahun 2017, Apple merilis iPhone X berbarengan dengan iPhone 8, di mana keduanya memiliki desain yang berbeda. iPhone X sendiri merupakan debut iPhone tampil dengan notch.

Layar Tidak Akan Full

Sumber lain seperti akun Weibo @PandaIsBald mengklaim bahwa Apple tidak akan menempatkan Touch ID di bawah layar pada iPhone 14. Untuk mencapai permukaan layar secara full, Apple memang harus menempatkan kamera dan sensor di bawah layar, namun akun ini mengklaim hanya akan terjadi dalam beberapa tahun ke depan.

Memang dari rumor yang berkembang tidak dapat disimpulkan sebuah fakta utuh mengenai akan seperti apa wujud dari iPhone 14. Namun pada akhirnya waktu yang akan menjawab seberapa tepat dari bocoran dan rumor yang telah beredar.

Jika boleh berpendapat, harus Gizmin akui jika tampilan notch pada iPhone sudah mulai pada tahap yang menjenuhkan. Ketika di awal kemunculannya terasa aneh dan kemudian ditiru banyak vendor smartphone lain, rasanya notch bukan lagi soal keunikan tapi kemalasan dari pihak Apple untuk menghadirkan desain iPhone selanjutnya yang lebih spektakuler.

Bagaimana menurut Gizmofriends, apakah notch tetap dipertahankan atau sebaiknya dihilangkan dari desain iPhone berikutnya?

Tinggalkan komen