Ini Fitur Unggulan Kamera OPPO Find X3 Pro 5G untuk Bikin Karya Spektakuler

OPPO Find X3 Pro 5G telah hadir di Indonesia sejak pertengahan tahun 2021. Sampai sekarang, ini adalah smartphone flagship pertama di dunia dengan Full path Color Management System. Smartphone flagship 5G ini membawa fitur terbaik dari berbagai aspek untuk mendukung produktivitas penggunanya, termasuk sektor kamera.

Ya, OPPO Find X3 Pro 5G hadir dengan 1 Billion Colour yang mampu menangkap, menyimpan, dan menampilkan warna yang begitu kaya dan detil di setiap aspek kehidupan manusia. Hal ini karena OPPO Find X3 Pro 5G #AwakenColour percaya bahwa setiap warna bersifat personal, baik logika ataupun emosional. Warna dapat memanjakan mata, membangkitkan selera makan, dan menambah tingkat kepercayaan.

Bagi fotografer, kombinasi 1 Billion Colour Dual Primary Cameras dan Microlens mampu menegaskan keindahan yang belum pernah dibayangkan sebelumnya. Begitupun bagi videografer atau pembuat film, kemampuan menangkap dan menampilkan warna pada lensa kamera begitu penting untuk menghasilkan karya spektakuler.

Nah, seperti apa sih fitur yang ditawarkan pada kamera di smartphone OPPO Find X3 Pro 5G untuk bikin konten? Simak penjelasannya di bawah ini.

Dua Kamera Utama

OPPO Find X3 ProSaat ini sebagian besar smartphone yang beredar di pasar telah mengusung dua kamera atau lebih di bagian belakangnya. Tak sedikit yang memiliki empat kamera, seperti halnya OPPO Find X3 Pro 5G.

Namun ada yang berbeda dari OPPO Find X3 Pro 5G dibanding kompetitor. Pertama di industri, smartphone ini membenamkan dua kamera utama sekaligus di bagian belakang. Smartphone ini dilengkapi dua lensa kamera 50MP untuk mengambil gambar dunia dalam warna sejatinya dengan begitu mudah. Agar kamu dapat mengabadikan kenangan, menyimpannya dengan kualitas 10-bit, dan bernostalgia di kemudian hari dengan hasil jepretan yang spektakuler

Secara rinci, lensa utama yang pertama memiliki spesifikasi 50 MP Wide-Angle Camera berukuran 1.0µm dengan sensor Sony IMX 766, bukaan lensa F/1.8 yang dilengkapi fitur OIS. Lensa utama kedua 50 MP Ultra-Wide-Angle Camera berukuran 1.0µm dengan sensor Sony IMX766 yang memiliki bidang pandang 110,3 derajat, bukaan lensa F/2.2.

Ini Fitur Unggulan Kamera OPPO Find X3 Pro 5G untuk Bikin Karya Spektakuler

Omni-Directional Pixel dengan 2×2 OCL. Karena menggunakan autofokus deteksi fase (PDAF) lensa 2×2 pada semua piksel (OCL), setiap piksel adalah titik fokus. Hasilnya jauh lebih tajam.

Kemudian autofokus dua arah dengan tata letak 2×2, memungkinkan fokus otomatis dalam arah vertikal dan horizontal (yang biasanya hanya horizontal).

Hasil yang diperoleh dari penggunaan dua kamera utama adalah akurat berfokus pada subjek bergerak. Bisa memfokuskan dengan cepat dalam cahaya redup untuk tingkat keberhasilan pengambilan foto yang tinggi. Juga pengurangan noise yang sangat baik, resolusi tinggi, eksposur yang tepat, dan bokeh alami.

Selain dua kamera utama tersebut, ada dua kamera pendukung yang tak kalah penting. Yaitu 13 MP Telephoto Camera dengan bukaan lensa F/2.4 berkemampuan 5x hybrid optical zoom dan 20x optical zoom. Serta 3 MP Microlens Camera yang mampu melakukan pembesaran hingga 60x dan merekam video Full HD.

Kamera Mikroskopik

hasil foto kamera oppo find x3 pro
Kiri: kamera utama, kanan: kamera microlens di OPPO Find X3 Pro

Selain dua kamera utama yang pertama di industri, OPPO juga membuat terobosan revolusioner dengan menghadirkan kamera mikroskopik. Ini bukan seperti sensor makro yang banyak ditemui di smartphone saat ini. Melainkan sensor microlens dengan pembesaran 60x.

Fitur ini dianggap revolusioner, karena dapat mengabadikan sesuatu yang sebelumnya tidak dimungkinkan dari sebuah smartphone. Kita bisa memperbesar tampilan 30 kali lipat dengan optical zoom, dan 60 kali lipat hybrid zoom yang menghasilkan fotografi mikroskopis yang melampaui fotografi makro.

Kehadiran fitur ini tentunya bisa menjadi inspirasi untuk menghadirkan konten yang tidak biasa. Memotret atau merekam kehidupan semut dan koloninya? Kenapa tidak?

Ulasan lengkap mengenai kecanggihan sensor microlens di OPPO Find X3 Pro 5G ini juga bisa kamu baca di artikel terpisah di Gizmologi.id.

RawPlus

OPPO Find X3 Pro MarsKamera smartphone pun sekarang telah seserius kamera DSLR. Jika bicara algoritma, untuk di kelas flagship fitur fotografi OPPO Find X3 Pro 5G memang terinspirasi dengan kamera DSLR. Termasuk salah satunya adalah dukungan file Raw. Namun ini bukan format RAW biasa, melainkan RawPlus yang memungkinkan lebih banyak ruang untuk pasca-pemrosesan dan reproduksi daripada RAW biasa.

Fitur RawPlus menjadi lompatan besar dari opsi RAW yang ada pada mode Expert. Mengapa demikian? Sebenarnya, RawPlus adalah RAW HDR dengan konteks RAW bingkai tunggal pada Find X2, aplikasi Foto OPPO tidak mendukung pengeditan. Sementara ProRAW Apple dapat digunakan bersama dengan mode HDR dan Malam, dan foto ProRAW dapat diedit di aplikasi Foto iPhone.

Namun RawPlus OPPO Find X3 Pro 5G memiliki keunggulan. Karena mode Expert di sini bahkan lebih baik dengan parameter yang lebih dapat dikonfigurasi. Pengoperasian, dengan cara ini, lebih sesuai dengan kebiasaan penggunaan SLR. Misalnya, jika kita ingin mengambil eksposur lama dari awan mendung dan laut yang mengalir, kita dapat menyesuaikan waktu eksposur dan ISO untuk menghasilkan gambar pemandangan asli yang bagus.

4K Cinematic Mode

OPPO Find X3 Joel Sartore Endangered ColourSeserius apa sih kamu dalam membuat konten video? Jika kamu sangat serius adalah jawabanmu, apakah hal ini bisa diakomodir lewat smartphone?

OPPO Find X3 Pro 5G menghadirkan fitur sinematik pada mode Film yang ada di setting kamera. Fitur ini memungkinkan kamu bisa mengambil gambar berkualitas sinematik yang kasual.

Mode Sinematik sangat powerful untuk pembuatan video. Fungsi ini biasanya tersedia pada peralatan kamera profesional dan digunakan oleh pakar video profesional, namun kini telah hadir di smartphone. Bahkan, di Cinematic Mode ini kita dapat menggabungkan video yang direkam di OPPO Find X3 Pro 5G secara mulus dengan video yang diambil dengan peralatan profesional lainnya.

Ketika serius adalah hal yang relatif, fitur ini menghadirkan kualitas video yang tidak main-main. Kamu bisa mengambil video berkualitas 10 bit 4K dengan dukungan HDR, gamut warna BT.2020 dan log recording.

Pengguna juga bisa bereksperimen dengan akses cepat ke kontrol manual untuk mengelola ISO, white balance, kecepatan rana, dan fokus. Dukungan OIS dan EIS membuat kestabilan dalam pengambilan gambar tetap terjaga.

AI Scene Enhancement

OPPO Find X3 ProSebagai pelopor yang membawa teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) ke perangkat smartphone, OPPO melanjutkan tradisi itu ke Find X3 Pro 5G dengan peningkatan yang fantastis. Fitur AI Scene Enhancement secara pintar bisa mengidentifikasi suasana yang ingin ditangkap kamera dengan menyesuaikannya lewat warna yang sesuai.

Pengguna tidak perlu bersusah payah dalam mendapatkan foto yang berkualitas, karena AI Scene Enhancement mampu menampilkan foto yang telah direkayasa secara pintar untuk terlihat hidup sesuai dengan suasana atau atmosfer aslinya.

Selain itu, ada juga fitur AI Highlight Video yang mirip dengan fitur AI pada foto, hanya saja peruntukannya pada mode video. Jadi, bukan hanya pengambilan foto saja, untuk pengambilan video pun terbantukan dengan AI.

Nah, itulah fitur fotografi unggulan yang dibawa OPPO Find X3 Pro 5G. Dengan kelebihan yang dimilikinya, tampaknya memang menjadi penantang yang tangguh untuk fitur fotografi di kelas flagship.

OPPO Find X3 Pro - OPPO Find Time

Oh iya, kabar gembiranya selama periode 1-30 November 2021, kamu bisa mendapatkan OPPO Watch 46mm senilai Rp3.499.000 untuk setiap pembelian unit OPPO Find X3 Pro 5G. Kedua unit perangkat keren ini bisa didapatkan sekaligus di program promo OPPO Find Time dengan harga khusus senilai Rp15.999.000.

Promo ini berlangsung di OPPO Gallery, OPPO Store, dan toko-toko smartphone yang menjual OPPO Find X3 Pro 5G. Selain itu, bisa didapatkan pula di OPPO Online Store serta e-commerce terkemuka seperti Akulaku, Blibli, JD.id, Lazada, Shopee, dan Tokopedia.

Bagi pengguna kartu kredit CIMB Niaga, Citibank, Mandiri, dan OCBC NISP ada bonus tambahan berupa cashback sebesar Rp750.000 untuk pembelian di e-commerce. Jadi, tunggu apa lagi? Jangan lewatkan kesempatan ini ya, Gizmo friends!

Tinggalkan komen