Leitz Phone 1, Smartphone Kamera Pertama Leica dengan Sensor 1 Inci

Apakah yang terjadi bila produsen kamera terkemuka di dunia ikut-ikutan bikin smartphone? Bukan yang pertama, memang, namun kali ini yang ikut cukup menyita perhatian berkat seri kameranya yang dikenal mahal. Ya, Leica baru saja meresmikan Leitz Phone 1 sebagai smartphone pertamanya di Jepang.

Seperti yang kita ketahui bersama, selama beberapa tahun terakhir, Leica telah menjalin kerjasama dengan Huawei untuk tingkatkan kualitas kamera utamanya. Lantas apakah kali ini Leica gunakan perangkat hardware dari Huawei? Tidak, melainkan produsen elektronik lain yaitu Sharp. Ya, kalau dilihat-lihat, desainnya memang mirip dengan seri pabrikan asal Tokyo tersebut.

Bila Gizmo friends ingat, Sharp sempat meluncurkan seri AQUOS R6 pada pertengahan Mei tahun ini. Tak seperti Huawei, sensor kamera yang dimilikinya benar-benar hasil rancangan Leica. Hadir dengan dimensi fisik 1 inci, jadi yang terbesar di dunia saat ini. Leitz Phone 1 mengekskalasikan perangkat tersebut ke kelas yang lebih tinggi.

Baca juga: Leica SL2-S, Mirrorless Full-Frame 24MP dengan Perekaman 4K60

Leitz Phone 1 Tampil Eksklusif dengan Material Premium

Leica Leitz Phone 1

Memiliki tampilan yang serupa dari berbagai sisi, Leica Leitz Phone 1 hadir dengan warna khas lini kamera premiumnya. Smartphone ini memang sengaja dirancang untuk merasakan pengalaman Leica terbaik, mulai dari desain industrialnya hingga tampilan antarmuka kamera di dalamnya.

Didominasi warna hitam, disematkan logo Leica berwarna merah yang sangat khas pada bodi belakang atasnya, lengkap dengan tonjolan kamera yang sangat besar untuk menyimpan sensor kamera superior. Demi melindunginya, disediakan tutup metalik dengan magnet berwarna Leica Silver, tampil kontras dengan material kaca hitam matte pada bodi belakang.

Meski kesannya cukup besar, smartphone kamera ini hanya memiliki ketebalan 9,5mm saja, dengan bobot yang memang cukup berat mencapai 212 gram. Di depan, terdapat layar 6,6 inci yang memiliki bezel tipis plus lekukan tiga dimensi pada sisi kiri dan kanannya. Panel yang digunakan adalah IGZO OLED beresolusi 1260p dari Sharp.

Punya Spesifikasi Setara Flagship

Leica Leitz Phone 1

Agar dapat berikan refresh rate mencapai 240Hz, Leitz Phone 1 menjalankan cip terbaik dari Qualcomm saat ini, yaitu Snapdragon 888 dengan RAM 12GB dan penyimpanan internal 256GB, masih bisa ditambah kartu microSD. Dan tentunya, yang menjadi spesial adalah satu sensor kamera pada bodi belakangnya.

Sama seperti rilisan Sharp, Leitz Phone 1 mengadopsi sensor 1 inci 20MP selayaknya sensor kamera saku seperti Sony ZV-1. Dengan diafragma f/1.9, sudut pandangnya tergolong lebar, ekuivalen 19mm. Belum diketahui apakah Leica juga gunakan teknik dari Sharp, di mana dapat berikan simulasi lensa ultra-wide, wide dan telefoto dalam satu sensor saja. Di depan, disiapkan kamera swafoto 12,6MP.

Yang pasti, tampilan antarmukanya dibuat berbeda, dirancang selayaknya menggunakan kamera Leica dengan sistem operasi berbasis Android 11. Smartphone yang memiliki baterai berkapasitas 5,000 mAh ini juga punya standar IP68, alias tahan debu dan air hingga kedalaman 1,5 meter dalam waktu 30 menit.

Harga Leica Leitz Phone 1 Mencapai Rp20 Jutaan

Leica Leitz Phone 1

Bila kamu sudah mengidamkan smartphone ini, maka harus kecewa, karena Leitz Phone 1 merupakan perangkat yang hadir secara eksklusif dengan SoftBank, salah satu pemain operator terbesar di Jepang. Sehingga tentu tak dirilis secara global.

Bila masih penasaran, harganya mencapai 187 ribu Yen, atau sekitar Rp24 jutaan. Pemesanan dimulai pada 18 Juni, sementara penjualan perdana baru tersedia akhir Juli 2021. Ya, tentu ada harga premium untuk menebus produk bermerek Leica.

Tinggalkan komen