alexa

Sharp AQUOS R6 Punya Sensor Kamera Leica 1 Inci, Terbesar di Dunia

Majunya teknologi saat ini membuat para pembuat smartphone berlomba tingkatkan kemampuan kameranya dari dua sisi; hardware dan olah digital. Namun tak bisa dipungkiri, spesifikasi di atas kertas memang selalu lebih menggiurkan. Contoh saja Android terbaru satu ini, Sharp AQUOS R6 yang punya sensor kamera utama terbesar di dunia saat ini.

Sebelumnya, “mahkota” tersebut dikenakan oleh salah satu flagship Xiaomi, yaitu Mi 11 Ultra, yang memang tonjolkan kameranya (baik secara literal maupun figuratif). Namun nyatanya tak membutuhkan waktu lama untuk berpindah tangan, di mana Sharp bekerja sama dengan salah satu pembuat kamera profesional canggih, Leica dalam hadirkan Sharp AQUOS R6.

Ya, kabar mengejutkan lainnya adalah Leica kini tak bekerja sama secara eksklusif dengan Huawei, ditandai dengan kehadiran flagship terbaru dari Sharp satu ini. Rumor terkait hal ini memang telah berhembus sejak beberapa hari lalu, di mana salah satu rumornya adalah Xiaomi yang juga bakal menggandeng pembuat kamera tersebut.

Baca juga: Review Sharp AQUOS Sense 4 Plus: Kualitas Jepang Kurang Menjanjikan

Keunggulan Kamera Sharp AQUOS R6

Sharp AQUOS R6

Secara desain, tonjolan kameranya tampak lebih minimalis bila dibandingkan dengan MI 11 Ultra. Namun memang, kelengkapan sensornya sendiri lebih sederhana. Sementara tampak depannya terlihat manis dengan kaca yang memiliki lengkungan 3D di sisi kiri dan kanannya. Baik bezel atas dan bawah dibuat sangat ramping, dengan kamera punch-hole di bagian tengah.

Jadi, apa spesialnya dari kamera milik Sharp AQUOS R6? Dikutip dari Sparrows News, kolaborasi antara Sharp dan Leica tidak hanya menyoal branding saja. Disebutkan bila Leica bakal turut andil dalam pengembangan sistem kameranya, termasuk sensor, lensa, desain dan penyesuaian kualitas foto. Sensornya sendiri berukuran 1-inci, pertama di smartphone mainstream.

Ukuran sensor yang sama umumnya baru bisa ditemukan di kamera kompak seperti Canon G7X series, atau kamera Sony seperti RX100 dan Sony ZV-1. Dimensinya yang besar, dipadukan dengan 7 elemen lensa dan diafragma f/1.9, tentunya membuat kamera Sharp AQUOS R6 mampu tangkap lebih banyak cahaya dalam resolusi foto 20MP.

Sharp AQUOS R6

Mengusung title lensa SUMMICRON a-la kamera Leica, Sharp juga integrasikan kemampuan fotografi komputasi selayaknya Google Pixel. Lewat olah digital, kamera tersebut diklaim mampu hasilkan detil yang baik meski gunakan pembesaran digital. Pasalnya, sensor tersebut hanya ditemani laser autofocus dan 3D Time of Flight (ToF) sensor saja, tanpa telefoto maupun ultra wide-angle.

Dengan focal length 19mm, bisa dibilang sensor utama Sharp AQUOS R6 punya sudut pandang lebih lebar bila dibandingkan sensor wide smartphone lainnya. Selain kemampuan fotografi yang unggul, tentunya juga sudah mendukung perekaman video 8K berkat cip flagship Snapdragon 888.

Spesifikasi & Harga Sharp AQUOS R6

Sharp AQUOS R6

Karena hadir sebagai flagship, spesifikasi lain dari Sharp AQUOS R6 pun sangat menjanjikan, semuanya dibuat maksimal. Keunggulan selain kamera adalah layarnya, di mana teknologi Pro IGZO OLED gabungkan panel AMOLED 1260p 6,6 inci dengan refresh rate hingga 240Hz. Plus, bisa menyala sangat terang hingga 2,000 nits. Ini adalah pertama kalinya panel OLED 240Hz yang bisa bekerja variatif menyesuaikan konten.

Penyimpanan internalnya 128GB dengan jenis UFS 3.1, ditemani RAM 12GB LPDDR5. Masih bisa ditambah kartu microSD hingga 1TB—sebuah fitur yang kini semakin jarang ditemui pada smartphone flagship 2021. Selain sertifikasi IP65/68, Sharp AQUOS R6 juga punya teknologi pembacaan sidik jari in-display terbaru, Qualcomm 3D Sonic Max.

Bedanya dari generasi sebelumnya, sensor ultrasonik tersebut punya penampang dua kali lebih luas. Sehingga jari bisa lebih leluasa untuk menempelkannya di atas layar. Dan untuk tingkatkan keamanan seperti pembayaran digital, pengguna bisa mengaktifkan sistem pengenalan dua jari secara bersamaan.

Kapasitas baterainya sendiri 5,000 mAh, mendukung teknologi Intelligent Charge 2.0 tanpa didetilkan arusnya dalam besaran watt. Smartphone kamera canggih ini bakal dirilis resmi di negara asalnya, Jepang pada bulan Juni mendatang, bekerja sama dengan operator lokal seperti NTT Docomo dan SoftBank. Harganya sendiri juga belum diumumkan, maupun ketersediaan secara global.

Tinggalkan komen