Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Menjajal OPPO Reno5: Bakal Pertama Bawa ColorOS 11.1 dan Punya Varian 5G

0 2.067

Kurang dari satu minggu, OPPO Indonesia bakal meresmikan seri smartphone terbarunya yaitu OPPO Reno5 series. Dalam peluncurannya di Indonesia, bakal ada dua varian yang diluncurkan, yaitu OPPO Reno5 dan Reno5 5G. Keduanya membawa keunggulannya masing-masing.

OPPO Indonesia menyampaikan bila OPPO Reno5 didesain untuk mereka yang aktif menggunakan media sosial. Target pasarnya adalah pengguna berusia 25 – 35 tahun yang senang bersosialiasi, maupun menyukai fitur-fitur terbaru di smartphone. Bila sebelumnya sudah diinformasikan spesifikasi bagian desain, kali ini OPPO informasikan seri chipset yang diusung.

Kami pun berkesempatan untuk mencoba secara singkat perangkat ini terutama dari segi performa, fitur-fitur ColorOS terbaru dan juga kamera. Menurut rencana, OPPO Reno5 series akan diluncurkan pada 12 Januari 2021 mendatang ini.

OPPO Reno 5 Gunakan Chipset Snapdragon 720G & 765G

OPPO Reno5 5G

Lewat OPPO Reno5, konsumen akan disuguhkan dengan segala fitur kamera favorit yang dimiliki pada seri Reno4 sebelumnya. Namun kali ini ditambah dengan beragam peningkatan, terutama pada fitur perekaman videonya. Selain itu, opsi warna yang dihadirkan juga lebih fresh, plus tampilan layar lebih canggih.

Sementara OPPO Reno5 5G bakal hadir sebagai pembuktian dari OPPO Indonesia, bahwa pihaknya cukup serius dalam hadirkan smartphone 5G di Indonesia. Hal tersebut juga berbanding lurus dengan maraknya konten video yang lebih sering dibuat maupun dibagikan di media sosial. Dengan 5G, semuanya akan terasa lebih cepat alias instan.

Sama seperti seri sebelumnya, OPPO Reno5 bakal menjalankan chipset Qualcomm Snapdragon 720G. Chipset tersebut memang dinilai masih cukup powerful hingga saat ini. Aryo Meidianto, PR Manager OPPO Indonesia sebutkan bila OPPO bekerja sama dengan Qualcomm untuk maksimalkan performa dari cip tersebut, supaya bisa hasilkan fitur-fitur video menarik dengan optimal dan instan.

Chipset tersebut dipadukan dengan RAM 8GB serta penyimpanan internal berkapasitas 128GB. Bila dirasa kurang, masih ada slot kartu microSD sampai 256GB. Nah, berbeda dengan Reno5, OPPO Reno5 5G hadir lebih powerful dengan menggunakan Snapdragon 765G. Cip tersebut sudah memiliki modem 5G bawaan, dengan dukungan frekuensi mmWave dan Sub-6 GHz.

Namun tentu saja, kemampuan jaringan 5G-nya nanti bakal dikunci terlebih dahulu. Ini demi memenuhi peraturan dari Menteri Kominfo. OPPO Indonesia akan menunggu hingga regulasinya selesai, supaya kemampuan 5G di OPPO Reno5 5G bisa dibuka dan dirasakan manfaatnya di masa mendatang.

Pengisian Daya 50W Flash Charge Lebih Fleksibel

OPPO Reno5

Ada peningkatan yang sedikit berbeda di OPPO Reno5 bila dibandingkan dengan seri Reno sebelumnya. Tak menggunakan embel-embel VOOC, OPPO Reno5 bakal mengusung teknologi pengisian daya 50W Flash Charge. Ya, pengisiannya bakal jauh lebih cepat dari seri sebelumnya, hanya perlu waktu 5 menit untuk menonton video durasi 3 jam.

Mengisi hingga 80% hanya butuh waktu 31 menit, sementara untuk mencapai 100% di 48 menit saja. Lantas kenapa namanya berbeda? Hal tersebut karena OPPO Reno5 lebih fleksibel. Dengan teknologi Flash Charge, smartphone ini mendukung protokol SuperVOOC sampai 50W, Qualcomm Quick Charge 2.0 dan Power Delivery hingga 15 watt.

Dengan begitu, saat menggunakan adapter lain maupun pengisi daya powerbank, OPPO Reno5 masih bisa diisi daya dengan relatif cepat. Kapasitas baterainya sendiri cukup besar di 4,310 mAh. Terutama pada smartphone yang memiliki profil ringan dan tipis.

OPPO Reno5 Jadi yang Pertama Jalankan ColorOS 11.1

OPPO Reno5

Selain dari sisi perangkat keras, perangkat lunaknya juga tak kalah spesial. OPPO Reno5 series bakal hadir sebagai smartphone yang pertama kali jalankan ColorOS versi terbaru. Dinamakan ColorOS 11.1, ada sejumlah fitur yang awalnya hanya ada di OPPO Find series, di bawa ke segmen harga lebih terjangkau. Salah satunya yaitu FlexDrop untuk jalankan aplikasi dalam tampilan mini floating window.

Pengguna juga bisa menerjemahkan teks pada gamabr dengan three finger translate—cukup geser layar dengan tiga jari pada porsi teks yang diinginkan, dan tampilan Google Translate bakal otomatis muncul. Selain itu, dihadirkan juga beberapa fitur khusus gaming seperti Gaming Shortcut Mode, Gamer Mode dan Adjustable Gaming Touch.

Dan meski OPPO Reno5 hanya dilengkapi satu sensor kamera di depan, fitur Air Gesture yang semula hadir di Reno4, masih bisa dibawa ke seri terbarunya ini. OPPO bekerja sama dengan Qualcomm untuk mungkinkan fitur ini dibawa meski tanpa sensor tambahan. Pengguna masih bisa manfaatkan gestur Air Control, serta smart always-on display supaya layar tetap nyala saat pengguna menatap layar smartphone.

Kamera Resolusi Tinggi di Bagian Depan & Belakang

OPPO Reno5

Yang juga meningkat adalah sensor kamera milik OPPO Reno5. Di depan, terdapat satu sensor kamera 44MP. Sementara di belakang, sensor utamanya beresolusi 64MP f/1.7, ditemani sensor ultra wide-angle 8MP f/2.2 dan dua sensor 2MP f/2.4 untuk macro dan depth sensor.

Kamera tersebut mampu rekam video hingga 4K 30fps atau full HD 60fps. Dan tentunya fitur-fitur baru yang dibawa pada OPPO Reno5, seperti AI Highlight Video serta AI Mixed Portrait. Juga ada fitur Dual View Video untuk menangkap reaksi simultan dari dua arah kamera.

Informasi di atas melengkapi spesifikasi dari OPPO Reno5 yang bakal hadir di Indonesia. Selain OPPO Reno5 dan Reno5 5G yang bakal diresmikan pada 12 Januari, kabarnya OPPO Indonesia juga akan perkenalkan sebuah varian lain dari Reno5. Cukup menarik, mengingat sebelumnya dikonfirmasi bila seri Reno5 Pro tak akan hadir di Indonesia. Kira-kira, seri yang mana lagi ya?